Brilio.net - Penyanyi dan penulis lagu asal Inggris, Ed Sheeran sukses membuktikan diri sebagai salah satu musisi internasional yang sangat produktif. Buktinya, baru-baru ini Ed Sheeran mendapatkan penghargaan sebagai artis Inggris yang paling banyak streaming sePanjang tahun 2020 di Inggris.

Penyanyi kelahiran Halifax, West Yorkshire, 17 Februari 1991 itu banyak menelurkan karya musik. Salah satunya, single terbaru berjudul Afterglow yang dirilis pada 21 Desember 2020. Di saat yang sama, musisi yang meluncurkan album debut bertajuk + (baca “plus") pada September 2011 itu juga merampungkan video klip Afterglow. Sejak diunggah di Youtube pada 21 Desember 2020, hingga saat ini Rabu (6/1/2021), video klip ini sudah disaksikan lebih dari 30 juta penonton. Berikut fakta single Afterglow yang mendapat banyak perhatian pendengar.

1. Ditulis tahun 2019

Ed Sheeran Afterglow © 2021 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dalam akun instagramnya, Ed Sheeran mengatakan bahwa lagu Afterglow ia tulis pada 2019, khusus untuk pendengarnya. “Hai teman-teman. Afterglow adalah lagu yang saya tulis tahun lalu (2019) yang ingin saya rilis untuk kalian. Ini bukan single pertama dari album berikutnya, ini hanya lagu yang saya suka, dan semoga kalian juga menyukainya,” tulis Ed.  

2. Single solo setelah Divide

Ed Sheeran Afterglow © 2021 brilio.net

Afterglow adalah single solo yang dirilis Ed Sheeran sejak meluncurkan Divide pada tahun 2017. Dikonfirmasi bahwa Afterglow tidak akan ditampilkan di album mendatangnya.

3. Lagu tentang istrinya

Ed Sheeran Afterglow © 2021 brilio.net

Lagu Afterglow yang bergenre balada mellow akustik bercerita tentang istrinya, Cherry Seaborn Sheeran. Dalam lagu tersebut, Ed berbicara tentang menjalani momen bersama sang istri yang ingin ia jalani sepanjang hari.

4. Cover single yang dilukis sendiri

Ed Sheeran Afterglow © 2021 brilio.net

Single Afterglow menampilkan cover berbentuk lukisan yang dibuat sendiri oleh Ed. Karya seni tersebut ia buat pasca tur pada tahun 2019. Lukisan tersebut menjadi salah satu saluran kreatif Ed yang baru sebagai ungkapan untuk melawan perasaan jenuh setelah tur album ketiganya, Divide.

Sebelum single Afterglow dirilis, Ed berniat lukisan khusus ini akan menjadi seni sampul single terbarunya yang ia luncurkan pada 2020. Pada 27 September 2019, Ed memposting foto lukisan tersebut di Instagram miliknya.

“Menghabiskan satu bulan penuh sejak tur berakhir melukis, yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Sangat senang melakukannya. Jika saya jujur, saya merasa sedikit jenuh setelah tur berakhir, karena hanya menyanyi, menulis, dan manggung adalah satu-satunya hal yang pernah saya ketahui. Jadi menyenangkan menemukan cara baru untuk menjadi kreatif,” tulis Ed. 

Nih video klip Aftertglow

(brl/red)