Brilio.net - Collabonation X dari IM3 kembali mempersembahkan edisi teranyar dengan inisiatif terbarunya berupa medium kolaborasi yang mempersatukan para musisi dengan berbagai lintas seni. Para musisi bereksperimen dan menghasilkan karya dengan format berbeda sehingga memberikan pengalaman baru bagi kolaborator dan audiens.

Setiap volume Collabonation X membawa ciri khas yang berbeda, begitu juga dengan Collabonation X Vol. 3. Kali ini menghadirkan kolaborasi antara grup musik folk rock asal Madura Lorjhu’ dengan The Panturas yang memiliki karakter musik rock selancar kontemporer. Peleburan kedua band ini dalam pertunjukan “Irama Pesisir” diinisiasi oleh Iga Massardi, vokalis, gitaris, dan penulis lagu di Barasuara.

Dalam “Irama Pesisir”, audiens dapat melihat dan menikmati para kolaborator membawakan empat lagu – yaitu “Can Macanan” dan “Abhantal Ombak” milik Lorjhu’ serta “Tipu Daya” dan “Tafsir Mistik” karya The Panturas – dengan berlatarkan pesisir pantai Anyer dan ditambah sentuhan Saronen, alat musik tradisional asal Madura yang dibawakan oleh Putra Sriwijaya.

Tak hanya itu, “Irama Pesisir” juga menampilkan berbagai kesenian tradisional seperti tarian Can Macanan yang merupakan sejenis tarian barongsai dari Madura, serta tarian Hadrah yang merupakan tarian gabungan dari budaya Islam yang berasal dari Jawa Timur.

Collabonation X Vol. 3 © 2023 brilio.net

foto: istimewa

Identitas dalam bermusik menjadi suatu hal yang sangat penting agar melahirkan ciri khas yang membedakan dengan musisi atau karya lainnya. Menurut Iga Massardi The Panturas dan Lorjhu’ adalah dua entitas yang serupa tapi tak sama. Kolaborasi mereka adalah kulminasi dua titik yang sekilas berseberangan namun nyatanya bergaris lurus secara musikal.

"Memadupadankan dua aliran musik yang sangat berbeda tentunya merupakan sebuah proses kolaborasi yang unik. Karya yang dihasilkan dari kombinasi musik tradisional Madura dan musik folk rock serta surf rock dengan ciri khasnya masing-masing pasti memberikan kejutan baru bagi penikmat musik lintas generasi." Ucap Iga seperti dikutip brilio.net dari keterangan press release, Senin (18/12).

Ia juga berharap Collabonation X Vol. 3 ini bisa membawa audiens ke level baru dalam menikmati karya yang eksperimental dan eksploratif. Sementara Badrus Zeman dari Lorjhu’ menyampaikan, sangat terinspirasi dari semangat teman-teman musisi yang telah terlebih dahulu berkolaborasi dalam volume Collabonation X sebelumnya.

"Semangat kolaborasi untuk eksplorasi berkarya itu menular sehingga kami menghasilkan karya yang berbeda kali ini, tentunya dengan menyuguhkan kolaborasi musik rasa Madura dengan genre surf rock bersama The Panturas. Sinergi antar kultur lokalnya cukup menarik, dan kami percaya muatan lokalnya justru menjadi lebih umum dan membaur satu sama lain." kata Badrus Zeman.

Badrus berharap pertunjukan musik ‘Irama Pesisir’ dapat diterima oleh penikmat musik dimanapun mereka berada.

"Kami berharap di Collabonation X akan ada semakin banyak kolaborasi antara musisi pop dan musik tradisional, serta muatan lokal yang dikemas dengan berkelas agar pendengarnya semakin meluas dan akrab.” lanjut Badrus.

Collabonation X Vol. 3 © 2023 brilio.net

foto: istimewa

Sebagai band musik pesisir yang justru terbentuk di dataran tinggi Jatinangor, The Panturas bahagia karena bisa mewujudkan impian memainkan karya-karya mereka di pantai. Itu merupakan salah satu cita-cita mereka kata vokalis-gitaris Abyan Zaki Nabilio.

Bassis Bagus Patria Adiputro menambahkan, sejak mereka datang dan melihat setnya, mereka sudah terpukau. Sementara itu, gitaris Rizal Taufikkurrohman mengaku kepikiran untuk membuat festival di sana.

Pemain drum Surya Fikri Assidhiq menyimpulkan antusiasme rekan-rekannya di The Panturas, "Collabonation X ini menggabungkan berbagai seniman dan mencari jalan tengah tanpa mengubah ciri khas masing-masing. Saya akan senang banget kalau proyek ini bersama Lorjhu' dijadikan tur!" ucapnya.

Nah, buat kamu yang penasaran, saksikan hasil karya audio visual Collabonation X Vol 3 yang telah ditayangkan perdana secara online di YouTube IM3 tanggal 15 Desember 2023 jam 20.00 WIB dengan Freedom Internet. Ikuti setiap update terbaru mengenai Collabonation X dan IM3 di akun Instagram @indosatim3!