Brilio.net - Dalam tenis meja terdapat beberapa jenis pukulan dengan ciri khasnya masing-masing. Secara umum cara bermain tenis meja adalah dengan memukul bola seluloid dengan menggunakan raket yang dilapisi karet.  

Seperti yang dilansir dari Maen Media, tenis meja merupakan olahraga yang diperuntukkan bagi segala usia, sehingga siapapun bisa memainkannya. Permainan ini pertama kali diperkenalkan ke Indonesia oleh para pedagang Belanda pada tahun 1930.
 
Permainan ini mempunyai aturan yaitu bola harus dipukul melewati atas jaring meja. Sama seperti bulutangkis, pemain tenis meja harus memukul bola hingga memantul dan melewati net ke wilayah lawan.  

Pemain yang mencetak skor terbanyak dianggap sebagai pemenang pertandingan. Kamu harus menguasai beberapa teknik dasar tenis meja, Agar bisa memenangkan pertandingan. Dengan teknik memukul bola merupakan salah satu permainan yang perlu dikuasai dalam tenis meja.

Teknik memukul dalam tenis meja dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai teknik pukulan push tenis meja yang efektif dalam tenis meja sebagai modal kamu untuk dapat bermain tenis meja dengan maksimal, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (12/12).

Teknik pukulan push tenis meja

Dalam teknik dasar tenis meja terdapat pukulan dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain yang disebut dengan push. Push ini merupakan gerakan mendorong dimana bet diadakan dalam kondisi  terbuka. Tujuan melakukan teknik pukulan Push pada tenis meja ini yaitu supaya bisa mengembalikan pukulan Push dan pukulan yang dilakukan oleh lawan.

Perlu diketahui bahwa teknik dasar memukul tenis meja yang disebut dengan push merupakan hasil pengembangan dari pukulan balok dengan sejumlah keunggulan yang lebih besar dibandingkan dengan teknik dasar memukul tenis meja lainnya.
 
Ada 2 jenis pukulan push yang sangat perlu diperhatikan pemain agar dapat menguasainya dengan baik, yaitu pukulan backhand dan pukulan forehand. Nah berikut yang juga perlu diperhatikan mengenai teknik pukulan push tenis meja.

Pukulan push
 
Dalam Permainan tenis meja Push adalah teknik memukul bola dengan gerakan mendorong, dengan sikap bet terbuka. Nah untuk mengembalikan sebuah pukulan push itu sendiri, push ini biasanya bisa digunakan.

Posisi tubuh

Pukulan Push dapat dilakukan dengan dua cara sesuai dengan pegangan bet nya, yaitu Push forehand dan Push backhand. Posisi tubuh menghadap ke samping dengan kaki lebih lebar dari bahu. Putar bahu kamu ke samping, gerakan ini akan membuat bahu sejajar dengan kaki.

Posisi lengan

Posisi lengan menghadap ke samping dengan kaki lebih lebar dari bahu. Putar bahu kamu ke samping. Gerakan ini akan membuat bahu kamu sejajar dengan kaki, dan menahan bet pada sudut terbuka.

Putar tubuh bagian atas ke arah depan bahu kamu. Lalu, gerakkan bahu kamu ke arah bola. Saat memukul, kedua lengan membentuk sudut yang sama pada siku. Pertahankan postur ini hingga beban bergeser.

Posisi raket

Pukulan Push dengan posisi raket yang benar dalam tenis meja merupakan salah satu jenis pukulan yang terdapat dalam tenis meja. Tenis meja memang merupakan permainan yang memiliki jenis pukulan yang sangat bervariasi. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang menganggap permainan ini sebagai salah satu jenis olahraga yang seru dan menyenangkan.

Gerakan ayunan
 
Memukul bola dengan gerakan Ayunan merupakan teknik dasar yang penting dalam bermain tenis meja. Kamu bisa melakukannya dengan backswing yang hati-hati untuk menghasilkan pukulan yang tepat dan efektif.

Kekuatan pukulan

Pemain dapat menggunakan teknik push untuk melakukan serangan balik kepada lawannya. Teknik ini juga bisa digunakan sebagai teknik bertahan dari serangan lawan dengan menggunakan Kekuatan Pukulan yang cepat.

Spin  

Kamu dapat melakukan Top Spin dalam pukulan Push. Jenis pukulan ini dilakukan dengan cara menggesekkan bet dengan bola ke atas dan ke depan. Tendangan ini dilakukan dari bagian bawah bola. Hasil pukulan top spin pada tenis meja adalah bola berputar ke depan.

Sedangkan pada tenis meja, pukulan backhand topspin pada akhir gerakan tangan yang benar adalah dengan posisi lengan lurus ke depan, beban badan bertumpu pada kaki depan, dan mata mengikuti arah datangnya bola.

Kelebihan pukulan push

Jenis teknik pukulan selanjutnya dalam permainan tenis meja adalah pukulan Push. Pukulan Push berasal dari teknik blok yang dikembangkan sehingga dapat disebut dengan pukulan Push blok. Pukulan dorong atau push punch pada dasarnya cukup bervariasi, misalnya sajapush swipe (push gesek), flat push (push datar) dan lain sebagainya. Biasanya pukulan Push dilakukan pada jarak sedang atau dekat.

Teknik ini sangat penting dalam teknik memukul bertahan dan berperan aktif dalam permainan. Pukulan Push biasanya dilakukan pada posisi bet yang terbuka ketika berada pada jarak menengah. Beberapa kelebihan pukulan Push yaitu antara lain:

Menjadikan bola penuh sebagai alat untuk menjaga area dalam transisi sehingga satu tembakan bisa diubah menjadi serangan. Teknik pukulan drive tenis meja yang efektif dalam melakukan serangan balik.
 
Bola Push adalah bola biasa yang digunakan untuk bertahan dan bertujuan melakukan serangan balik. Pukulan Push biasanya dilakukan pada pukulan backhand. Namun ia juga bisa melancarkan serangan  forehand dalam beberapa kesempatan.

Teknik dasar pukulan tenis meja

Apa teknik pukulan tenis meja? Salah satunya adalah teknik memukul bola dengan cara memukul bola dengan gerakan mendorong dan sikap pemukul tenis meja terbuka adalah tipe pukulan dorong. Biasanya teknik dari pukulan push ini digunakan agar dapat menangkis serangan yang tak terduga dari seorang lawan.  

Olahraga yang satu ini memang cukup populer di Indonesia, yang termasuk dalam jenis kategori permainan bola kecil. Tenis meja menggunakan bola pingpong kecil dalam gameplay nya. Sebelum kamu  mulai bermain tenis meja, kamu perlu menguasai teknik dasar tenis meja terlebih dahulu. Apa saja teknik dasar tenis meja? Mohon diperhatikan beberapa poin terkait penjelasan teknik dasar memukul tenis meja yang perlu kamu kuasai:

Teknik memegang bet

Dalam tenis meja salah satu teknik dasar yang harus dipelajari adalah memegang bet dengan benar. Teknik ini dapat menentukan hasil tembakan seorang pemain. Berikut jenis-jenisnya:

Teknik pegangan shakehand

Shakehand grip adalah teknik yang biasa digunakan dalam tenis meja. Pemain dapat melakukan pukulan back hand dengan teknik ini dengan mudah.

Teknik pegangan penhold

Teknik ini dilakukan dengan memegang pulpen atau gagang penhold. Pegangan penhold juga dikenal sebagai pegangan Asia. Dengan cara ini, kamu hanya dapat memukul dengan satu sisi bet.

Teknik pegangan seemiller

Hampir mirip dengan teknik shakehand grip, namun terdapat sedikit perbedaan pada jari telunjuk. Teknik ini dilakukan dengan menempatkan jari telunjuk untuk menahan seluruh taruhan. Kemudian, putar bet kamu sekitar 20-90 derajat ke arah badan.