Brilio.net - Sepak bola dunia tengah berduka kehilangan salah satu pemain legendarisnya. Pele pesepak bola Brasil meninggal dunia pada Jumat (30/12) dini hari di rumah sakit Albert Einstein, Sao Paulo. Kabar duka meninggalnya sang legenda dikonfirmasi keluarga melalui akun Twitter Pele.

"Inspiration and love marked the journey of King Pelé, who peacefully passed away today. Love, love and love, forever. (Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pele yang meninggal dalam damai hari ini. Cinta, cinta, dan cinta selamanya)," tulis keluarga dalam akun resmi Pele.

Pesepak bola bernama asli Edson Arantes do Nascimento meninggal setelah kondisinya memburuk karena penyakit kanker ususnya yang telah mengganggu organ tubuh lain. Kepergian Pele tentu menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan fans. Semasa hidup, Pele telah menorehkan sederet prestasi di dunia sepak bola khususnya untuk Brasil. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (30/12), berikut rekam jejak Pele semasa hidup.

1. Jadi pemain termuda di Piala Dunia.

Mengenang Pele legenda Brasil © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@pele

Pada usia 17 tahun Pele pernah memenangkan Piala Dunia pada 1958 di Stadion Rasunda di Solna, Swedia. Brasil mengalahkan tuan rumah 5-2 untuk memenangkan trofi Piala Dunia pertama, dengan Pele mencetak 2 gol. Rekor pemain termuda yang memenangkan Piala Dunia ini belum terpatahkan.

2. Anak pesepakbola.

Mengenang Pele legenda Brasil © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@pele

Bakat Pele dalam bermain sepak bola rupanya turunan dari sang ayah. Mengutip thesportlegends.com, Pele lahir pada 23 Oktober 1940 di Tres Coracoes, Minas Gerais, Brasil. Pele merupakan anak tertua dari tiga bersaudara. Ayahnya bernama Joao Ramos do Nascimento juga merupakan seorang pesepakbola terkenal di Brasil, dan menjadi pemain sepak bola yang sukses. Dondinho bermain sebagai penyerang tengah di klub Atlético Mineiro, Fluminense, dan beberapa klub sepak bola lainnya.

Walaupun Dondinho pesepakbola yang sukses kala itu, namun dia bersama keluarga kecilnya tumbuh dalam kemiskinan di Sao Paulo. Dondinho juga mentor dan pelatih bagi Pele. Dia mengajari Pele cara bermain sepak bola. Saat kecil, Pele pernah berlatih menggunakan bola dari kaus kaki berisi koran atau buah jeruk besar pomelo, karena kesulitan ekonomi.