3. Pencetak gol terbanyak.

Mengenang Pele legenda Brasil © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@pele

Pele bermain sepak bola sejak kecil. Pele diketahui bergabung dengan Santos pada usia 15 tahun. Dia mencetak empat gol pada debutnya di liga dalam pertandingan melawan FC Corinthians pada 7 September 1956. Pele menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Brasil di sepak bola internasional. Dalam 92 pertandingan resmi yang diakui FIFA, pesepakbola legendaris itu telah berhasil mencetak 77 gol.

4. Mendapat 3 gelar pemenang Piala Dunia.

Mengenang Pele legenda Brasil © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@pele

Mengutip dari guinnessworldrecords.com, Pele menjadi pesepak bola timnas Brasil yang memenangi tiga trofi Piala Dunia. Dia pesepak bola yang ikut berlaga dalam edisi Piala Dunia berbeda, yaitu 1958, 1962, dan 1970.

Pada 1999, dia terpilih sebagai pemain terbaik dunia abad ini oleh International Federation of Football History and Statistics. Pada tahun yang sama, Pele terpilih sebagai atlet abad ini oleh International Olympic Committee.

5. Harta karun nasional Brasil.

Mengenang Pele legenda Brasil © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@pele

Dilansir dari britannica.com, setelah Piala Dunia 1958, tepatnya tahun 1961 pemerintah Brasil menetapkan Pele sebagai harta karun nasional. Penetapan itu untuk menangkal tawaran besar dari klub-klub Eropa dan memastikan Pele tetap di Brasil.

6. Pernah diangkat sebagai Menteri Olahraga untuk Brasil.

Mengenang Pele legenda Brasil © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@pele

Di luar sepak bola, Pele punya karier yang cukup unik. Sebab, Pele pernah diangkat sebagai Menteri Olahraga (Menpora kalau di Indonesia) pada 1995 hingga 2002. Pele ditunjuk langsung oleh Presiden Brasil ketika itu, Fernando Henrique Cardoso.

Selama menjabat sebagai Menpora, Pele membuat beberapa program penting. Salah satu yang cukup sohor adalah upaya untuk memberantas korupsi di sepak bola Brasil. Pele mengusulkan mengusulkan undang undang anti korupsi di sepak bola Brasil, yang dikenal dengan 'Pele Law'.

7. Meninggal di usia 82 tahun.

Mengenang Pele legenda Brasil © 2022 brilio.net

foto: Twitter/@pele

Legenda sepak bola Brasil ini meninggal di usia 82 tahun. Sebelum tutup usia, Pele mengalami sejumlah masalah kesehatan sejak beberapa tahun terakhir. Di usianya yang tak lagi muda, Pele sempat tampil di Piala Dunia 2018 di atas kursi roda. Tapi usai itu dia harus dilarikan ke rumah sakit karena kelelahan.

Pele juga sempat menerima perawatan dari dokter terkait masalah tumor di usus besarnya. Pada September 2021 silam, dirinya menjalani operasi pengangkatan tumor di usus besarnya. Dia kembali dilarikan ke rumah sakit jelang berakhirnya pada 2022. Karena sakit yang dia derita, Pele pun menghembuskan napas terakhir pada Jumat (30/12).