Brilio.net - Belakangan cukup banyak musisi dan penyanyi muda yang bermunculan di industri musik Tanah Air. Bahkan, ada beberapa penyanyi yang berhasil meraih kepopuleran setelah lagunya banyak dipakai sebagai latar lagu dalam sebuah video di media sosial. 

Salah satu platform yang sukses melahirkan lagu-lagu hits dan populer adalah TikTok. Aplikasi video satu ini belakangan tengah hype dan banyak digunakan oleh kalangan anak muda. Nggak cuma konten video, tapi juga banyak lagu dari para musisi yang akhirnya dikenal masyarakat melalui TikTok. Hal itu juga yang menjadi alasan bagi TikTok untuk menciptakan TikTok Music.

TikTok Music sendiri merupakan layanan streaming musik premium yang memanfaatkan kekuatan aplikasi TikTok untuk menemukan musik yang disukai oleh seseorang. Nggak cuma sekadar jadi platform streaming musik, TikTok Music juga bisa menjadi ajang untuk berjejaring bagi sesama musisi dan jadi ajang interaksi antara musisi dan penggemarnya.

TikTok Music platform streaming musik © berbagai sumber

foto: TikTok Music

"TikTok Music adalah gagasan untuk menjembatani kreator musik dengan para penggemarnya. TikTok Music lebih dari sekadar layanan streaming musik, melainkan sebagai model hiburan digital unik yang berkembang dalam kolaborasi, konektivitas, dan kreativitas," ucap Country Group Head TikTok Music SEA, Tricia Dizon.

Lebih lanjut, Tricia juga mengungkapkan bahwa ia melalui TikTok ingin mengapresiasi kreativitas serta membekali para kreator musik lokal dengan peralatan terbaik untuk menemukan komunitas, mengembangkan karier, serta membuka peluang di dunia nyata. Melalui TikTok Music, karya para musisi bisa dapat dinikmati sepenuhnya baik oleh para penggemar maupun pengguna yang sedang menemukan musik baru. 

TikTok Music juga memiliki berbagai fitur unik dan inovatif. Pengguna dapat menghubungkan akun TikTok dan TikTok Music dengan mudah untuk memutar lagu favorit, menemukan artis baru, hingga terhubung dengan para pecinta musik dalam satu aplikasi. Sebagai aplikasi streaming musik sosial, fitur share dan comment di TikTok Music juga memudahkan pengguna untuk berbagi lagu dan daftar putar dengan teman.

Nggak cuma itu, pengguna atau musisi juga dapat mengutarakan pendapat mereka tentang sebuah lagu serta terhubung dengan komunitas musik yang memiliki pemikiran yang sama. TikTok Music juga dirancang untuk menyoroti musisi dan penyanyi muda di Indonesia melalui program TikTok Music Live dan TikTok Music Rising.