TikTok Music Live merupakan program yang dirancang khusus bagi para musisi yang diadakan setiap dua bulan dengan menghadirkan sejumlah musisi pendatang baru dan ternama Indonesia untuk tampil secara live dan akustik di TikTok.

Pengguna TikTok Music yang sedang mengeksplor jenis musik baru juga bisa menemukan beberapa karya musisi terbaru melalui hashtag #TikTokMusicRising.

TikTok Music platform streaming musik © berbagai sumber

foto: TikTok Music

"Dedikasi kami untuk mendukung industri musik Indonesia tetap kuat. Kami secara aktif menjalin kemitraan dan kolaborasi dengan label, musisi, dan kreator musik lokal. Kami juga menyediakan platform dinamis untuk menampilkan dan mempromosikan karya kreatif mereka melalui TikTok Music," tutur Artist Promotions Lead, TikTok Music SEA, Matthew Tanaya.

Seperti yang sudah disinggung di atas, TikTok Music juga berkolaborasi dengan label rekaman dalam menemukan musisi muda berbakat di Indonesia. Menurut  Head of Digital Sales and Revenue Enchancement, Sony Music Entertainment, Tommy Budiarto, TikTok Music memiliki peran penting untuk meningkatkan jangkauan musisi dan karyanya agar dapat didengar oleh lebih banyak audiens.

TikTok Music platform streaming musik © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

"Platform streaming musik memainkan peran penting dalam lanskap musik digital, menjadi saluran utama bagi musisi untuk meningkatkan visibilitas serta membantu agar musik mereka dapat didengar oleh audiens global. Di TikTok Music, para musisi lokal diberikan kesempatan untuk menampilkan lagu mereka kepada khalayak luas sehingga dapat mendorong pertumbuhan basis penggemar," kata Tommy.

"Nggak bisa dipungkiri ya kalau TikTok itu populer banget di Indonesia. Dengan adanya TikTok Music, kesempatan kolaborasi dengan sesama artis dan musisi berbakat nggak hanya dapat mengenalkan musik kami kepada audiens baru, tapi juga memfasilitasi hubungan yang lebih dalam dengan penggemar. Hal ini dapat memperluas jangkauan kami dalam komunitas musik," tambah Jevin Julian.

Aziz Hendra yang merupakan penyanyi pendatang baru juga mengungkapkan jika TikTok menjadi pembuka jalan karier baginya di industri musik Tanah Air. Dari yang awalnya cover lagu di TikTok, kini Aziz berhasil mendapatkan kontrak dengan sebuah label rekaman.