Brilio.net - Setelah beberapa waktu lalu meluncurkan TikTok Music, kini TikTok kembali meluncurkan program TikTok Rising Indonesia. Program anyar TikTok ini hadir untuk menemukan dan mendukung musisi lokal yang sedang berkembang. Nggak cuma itu, lewat TikTok Rising Indonesia, para musisi juga bisa membangun jejaring antar sesama musisi maupun komunitas. Sejalan dengan misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan, TikTok Rising Indonesia lebih fokus menyoroti bakat-bakat lokal, baik yang terikat dengan label ataupun yang independen.

Musisi dan kreator dapat memanfaatkan berbagai dukungan yang ditawarkan oleh TikTok, seperti tagar #RisingOnTikTok dan fitur lain yang tersedia di platform untuk menunjukkan karya mereka serta berinteraksi dengan komunitas. Selain itu, tagar #RisingOnTikTok juga menjadi tempat untuk menemukan bakat-bakat musik Indonesia di masa yang akan datang.

Tim TikTok secara konsisten memantau tagar ini untuk menemukan musisi pendatang baru yang sedang trending di TikTok. Para musisi ini kemudian akan diundang untuk bergabung dalam program TikTok Rising Indonesia.

Setelah menjadi bagian dari program ini, para musisi tersebut akan dipandu untuk memanfaatkan alat dan fitur di dalam aplikasi yang dapat digunakan untuk memperkuat keberadaan mereka sekaligus berinteraksi dengan audiens baru.

TikTok luncurkan program TikTok Rising Indonesia © berbagai sumber

foto: brilio.net/Dewi Suci

Product Strategy Lead TikTok Artist Services SEA, Christo Putra, menyatakan bahwa TikTok dikenal karena kemampuannya untuk menemukan bakat-bakat baru dan memfasilitasi hubungan antara musisi dan penggemar. Musisi pendatang baru yang berasal dari berbagai genre dan latar belakang musik dapat menunjukkan betapa kayanya musik Indonesia.

"Lagu-lagu hits mereka yang menduduki puncak tangga lagu disukai oleh pendengar dari segala usia dan terus menciptakan terobosan baru. Kami ingin terus meningkatkan dan mempromosikan bakat-bakat ini di platform global kami, kali ini melalui program baru bernama TikTok Rising Indonesia," ujarnya dalam konferensi pers yang dihadiri brilio.net pada Rabu (27/3).

TikTok luncurkan program TikTok Rising Indonesia © berbagai sumber

foto: brilio.net/Dewi Suci

TikTok menawarkan berbagai fitur untuk menampilkan bakat dan berinteraksi dengan komunitas, seperti fitur "duet", "stitch", dan "LIVE". Selain itu, ada tiga fitur di TikTok Rising Indonesia yang dapat digunakan untuk membantu musisi pendatang baru dalam mempromosikan karyanya, yaitu #BehindTheSong. Tagar ini dapat menjadi alat bagi penulis lagu dan produser musik ternama untuk berbagi proses kreatif mereka dalam menciptakan musik khusus dan lagu yang diakui secara global.