Brilio.net - Sejak dulu, musik menjadi bidang yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Kelihatannya sih mudah, tapi orang yang hanya bermain alat musik saja belum tentu dijamin bisa sukses. Dibutuhkan juga keahlian dalam merangkai lirik, menciptakan, dan mengaransemen lagu itu sendiri.

Musik yang terus berkembang membuat banyak genre di dalamnya. Genre-genre ini pernah berjaya pada zamannya. Beberapa dekade lalu, lagu rock sempat berjaya. Untuk itu banyak musisi rocker yang kemudian sekarang dikenal sebagai rocker legendaris dunia.

Nah, dari kepopuleran band dan lagu-lagunya pada zaman dulu hingga sekarang, para rocker ini punya penghasilan yang nggak sedikit. Jika dikumpulkan, kekayaan mereka sepertinya nggak bakal habis sampai tujuh turunan sekalipun. Ditambah lagunya yang abadi, membuat para musisi tersebut masih menerima penghasil dari royalti hak cipta. Meski sudah pensiun sekalipun masih tetap dapat penghasilan.

Berikut ini deretan kekayaan rocker legendaris dunia, seperti Brilio.net lansir dari brainberries pada Senin (21/1).

1. Johnny Cash, Rp 4,2 triliun.

kekayaan rocker legendaris © brainberries.com

Lagu-lagu dari Johnny Cash sangat populer di antara tahun 1950-an sampai 1980-an. Ia terkenal dengan aliran musik country dan blues. Johnny juga sempat tergabung dengan trio The Tennessee Three. Lagu-lagu yang terkenal antara lain Ring of Fire, The Man in Black, I Walk the Line dan masih banyak lagi. Dalam kariernya selama kurang lebih 50 tahun, ia menjual lebih dari 80 juta keping album.

2. Dave Matthews, Rp 4,2 triliun.

kekayaan rocker legendaris © brainberries.com

Dave merupakan musisi multitalenta. Sebelum dikenal sebagai musisi, vokalis Dave Matthews Band ini juga pernah menjadi aktor dan membintangi beberapa judul film. Pria kelahiran Afrika Selatan ini juga berpolitik. Dengan telah merilis puluhan single dan album baik solo atau dengan bandnya, kekayaan Dave mencapai Rp 4,2 triliun.

3. Keith Richards, Rp 4,8 triliun.

kekayaan rocker legendaris © brainberries.com

Nggak cuma Mick Jagger, The Rolling Stones juga punya gitaris yang kaya raya. Menurut brainberries, kekayaan Keith mencapai Rp 4,8 triliun. Keith juga punya hak cipta pada lagu-lagu bikinannya di band. Ia sering mengisi lead vocal berbarengan dengan Jagger di banyak lagu The Rolling Stones.

4. Ringo Starr, Rp 4,9 triliun.

kekayaan rocker legendaris © brainberries.com

Pencinta The Beatles pasti nggak asing dengan sosok Richard Starkey atau Ringo Starr ini. Drummer The Beatles ini mulai bergabung dengan band sejak tahun 1962. Sebagai seorang drummer, Starr dikenal kreatif. Pada tahun 2011, ia mendapat peringkat kelima dalam polling Rolling Stones dalam 100 drummer terbaik dunia.

5. Mick Jagger, Rp 5,1 triliun.

kekayaan rocker legendaris © brainberries.com

Mick Jagger masuk dalam daftar rocker terkaya di dunia? Sangat pantas. Oleh karena selain bermusik, vokalis The Rolling Stones ini juga menggeluti beberapa bidang lain. Di antaranya adalah sebagai aktor, produser dan juga pengusaha.

6. Elton John, Rp 6,8 triliun.

kekayaan rocker legendaris © brainberries.com

Elton John terkenal dengan lagunya yang berjudul Candle in the Wind. Lagu tersebut populer di pertengahan tahun 70-an. Aslinya lagu tersebut dibuat sebagai persembahan untuk Marilyn Monroe. Kemudian ia mengubah judulnya menjadi Candle in the Wind 1997 yang kemudian dipersembahkan untuk Putri Diana yang tewas pada 31 Agustus 1997.

Dengan lagu-lagunya yang dibuat sejak tahun 1969 sampai 2006, musisi yang kini berusia 71 tahun tersebut masuk ke dalam daftar salah satu musisi terbaik dunia.

7. Jimmy Buffett, Rp, 7,7 triliun.

kekayaan rocker legendaris © brainberries.com

Jimmy memang dikenal sebagai musisi, namun urusan bisnis yang ia tekuni bukan main-main. Ia punya beberapa restoran mewah di Amerika Serikat, label rekaman, produksi bir, kasino, video game dan real estate. Pendapatan dari bisnisnya ini bahkan bisa melampaui dari karier musiknya.

8. Bono, Rp 8,5 triliun.

kekayaan rocker legendaris © brainberries.com

Vokalis band U2 yang juga penulis lagu, aktor dan pebisnis ini memang sangat kaya raya. Bono juga dikenal sebagai filantropi, sebutan untuk orang yang rela meluangkan waktu dan uangnya untuk tindakan kemanusiaan dan membantu orang lain.

9. John Lennon, Rp 11,3 triliun.

kekayaan rocker legendaris © brainberries.com

Meninggal pada tahun 1980 di usianya yang masih 40 tahun, pemimpin The Beatles ini dikenal sebagai musisi, pencipta lagu, penulis dan aktivis politik. Selain sukses dengan The Beatles, John Lennon juga meraih sukses dalam karier solonya.

10. Paul McCartney, Rp 17 triliun.

kekayaan rocker legendaris © brainberries.com

Kalau dibanding John Lennon, ternyata rekan satu bandnya yaitu Paul McCartney jauh lebih kaya raya. Pendapatan Paul di musik merupakan salah satu yang tertinggi di Inggris. Setelah The Beatles bubar, Paul dan istrinya membentuk grup musik Wings yang sukses di medio 1970-an. Setelah Wings bubar, Paul meneruskan solo kariernya hingga sekarang.