Brilio.net - Pesawat merupakan salah satu alat transportasi yang kerap digunakan orang-orang untuk mempersingkat waktu. Namun, untuk menggunakan transportasi ini tentunya banyak peraturan yang wajib dipatuhi agar keselamatan pun terjamin. Mulai dari pemeriksaan kartu identitas, barang bawaan hingga pengecekan pesawat itu sendiri oleh tim yang berwenang.

Banyaknya peraturan yang dibuat selama penerbangan, semata-mata agar penumpang bisa bisa selamat sampai tujuan. Tetapi, banyak juga orang-orang yang tak memperhatikan aturan itu padahal demi keselamatannya.

Seperti 5 kasus penerbangan berikut yang ditunda karena hal tak terduga sebagaimana brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/7).

1. Buka pintu darurat karena ingin mendapatkan udara segar.

penerbangan ditunda hal tak terduga  © 2017 berbagai sumber

Loading...

foto: dailymail.co.uk

Penerbangan pesawat China Southern Airlines di Chengdu harus menunda keberangkatan selama sejam karena hal tak terduga. Seorang penumpang pria dilaporkan telah membuka pintu darurat dari pesawat Boeing 737 di bandara Chengdu Shuangliu pada tahun 2016. Alasan sang penumpang membuka pintu darurat adalah ia ingin mendapatkan udara segar sebelum pesawat lepas landas.

2. Buka pintu darurat karena dikira pintu toilet.

penerbangan ditunda hal tak terduga  © 2017 berbagai sumber

foto: twitter.com/@airlinegossip

Seorang wanita berusia 50 tahun diketahui baru pertama kalinya naik pesawat. Ia menyebabkan penerbangan pesawat China Southern Airlines harus ditunda selama 2 jam karena secara tak sengaja ia membuka pintu darurat saat akan lepas landas. Insiden yang terjadi di akhir bulan Maret 2016 ini ternyata karena sang penumpang mengira kalau pintu darurat itu adalah pintu toilet.

3. Kalajengking berkeliaran di dalam pesawat.

penerbangan ditunda hal tak terduga  © 2017 berbagai sumber

foto: ilustrasi

Pada pertengahan bulan Mei 2017, penerbangan pesawat United dari Houston ke Ekuador harus menunda keberangkatan selama 3,5 jam lamanya. Pihak maskapai mengatakan penerbangan 1035 ini harus menunda keberangkatan karena seekor kalajengking tiba-tiba muncul dari pakaian salah satu penumpang. Petugas paramedis pun memeriksa penumpang tersebut dan ternyata ia tak disengat. Belum diketahui jelas dari mana kalajengking itu muncul.

4. Lempar koin ke mesin pesawat untuk 'keberuntungan'.

penerbangan ditunda hal tak terduga  © 2017 berbagai sumber

foto: straitstimes.com

Seorang wanita berusia 80 tahun kedapatan tengah melempar koin ke mesin pesawat dari tangga pada pertengahan bulan Juni 2017 lalu. Tindakan penumpang lansia itu pun langsung membuat pesawat China Southern Airlines harus menunda keberangkatannya dari Shanghai ke Guangzhou selama 5 jam. Diketahui, wanita tersebut melempar koin ke mesin pesawat untuk memberikan 'keberuntungan' selama penerbangan. Beruntung ada penumpang lain yang melihat tindakan yang dilakukan wanita tua itu, hingga akhirnya petugas pemeliharaan harus memancing keluar 9 koin dari dalam mesin.

5. Bocah 4 tahun menyelinap masuk pesawat tanpa tiket.

penerbangan ditunda hal tak terduga  © 2017 berbagai sumber-foto: shanghaiist.com

Beberapa hari yang lalu terjadi penundaan penerbangan pesawat karena hal yang tak terduga. Maskapai Juneyao Airlines harus menunda penerbangannya selama beberapa jam karena seorang bocah perempuan berusia 4 tahun menyelinap masuk ke dalam pesawat tanpa tiket. Tepat sebelum lepas landas, awak kabin menemukan bocah tersebut. Dilaporkan bahwa bocah 4 tahun ini bisa lolos pemeriksaan keamanan karena dibantu oleh keluarganya. Orangtua dari bocah tersebut mengira kalau putrinya itu tubuhnya terlalu pendek dan tak harus membeli tiket.