Brilio.net - Pernikahan adalah puncak dari sebuah hubungan yang diinginkan banyak orang. Namun perlu diingat, ketika ingin melangkah ke pelaminan, harus memiliki persiapan yang matang dari segala aspek. Seperti diketahui bersama, dalam prosesi pernikahan ada yang namanya seserahan dan mahar, yang harus diberikan untuk mempelai wanita.

Mahar biasanya berupa seperangkat alat salat, emas, uang tunai, dan lainnya. Sementara seserahan itu umumnya berupa makanan, alat-alat make up dan mandi, dan lainnya. Setiap daerah biasanya punya ciri khas atau budaya sendiri dalam memberikan seserahan ini. Tapi satu yang pasti, jumlahnya biasanya tidak sedikit.

Sebagai contoh daerah di Pati yang terkenal suka membawa seserahan banyak dan nilainya fantastis. Barang-barang mewah seperti mobil, motor, bahkan sampai sertifikat rumah pun ada. Ternyata bukan cuma di Jawa Tengah saja yang punya tradisi bawa seserahan banyak dan mewah, lho.

Dilansir brilio.net pada Sabtu (27/4), dari TikTok @permaisuri_wo, sebuah viral ramai ditonton usai memperlihatkan seserahan di sebuah pernikahan yang sudah mirip pindahan rumah.

seserahan kaya mau pindah rumah © TikTok

foto: TikTok/@permaisuri_wo

"Seserahannyaaa full effortt itu baru seserahannnyaaa belum maharnyaaa " tulis keterangan TikTok @permaisuri_wo, Senin (22/4).