Brilio.net - Pecinta satwa liar khususnya penyu langka belakangan ini sedang meradang. Hal itu disebabkan oleh postingan salah seorang turis yang memperlakukan seekor penyu liar dengan cara yang biadab.

Sebagaimana dilansir dari laman Mirror, Kamis (3/11), postingan yang diupload oleh salah seorang netizen bernama Ricky Rogers itu telah menyebar secara luas dan memicu kemarahan di media sosial.

Dalam foto tersebut, tampak dua pria sedang membawa kaleng bir sambil berdiri di atas penyu liar. Sambil tertawa, keduanya terlihat berpose seolah sedang berselancar di atas papan surfing.

cara turis memperlakukan penyu liar ini bikin geram © 2016 mirror.co.uk

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Surfed a tortoise on zee weekend.. gnarly duddddeeeee (Berselancar di atas kura-kura saat akhir pekan)," tulis caption yang menyertai foto tersebut.

Postingan tersebut ditandai di Pulau Fraser, Queensland, Australia. Tempat itu merupakan salah satu daerah yang paling kaya secara biologis.

Melihat kelakuan konyol kedua turis tersebut, netizen langsung bereaksi keras. Seorang pengguna Facebook yang melihat status itu langsung berkomentar "Ketika otakmu hanya sebesar kacang, proses berpikir pun menjadi konyol dan langsung membagikan hal seperti ini," tulisnya.

"Orang-orang idiot seperti ini tidak tahu apa yang telah mereka lakukan," ujar seorang juru bicara dari Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA), sebuah organisasi yang melindungi keberadaan satwa liar.

Queensland Parks and Wildlife Service, selaku petugas setempat juga mengatakan, penyu tersebut mungkin telah mati ketika foto tersebut diambil. Dan kedua turis tersebut mungkin bisa terkena denda hingga Rp 193 juta.

(brl/swh)

-