Brilio.net - Salah satu permasalahan yang tidak bisa dipisahkan dari industri kreatif adalah permasalahan plagiarisme atau plagiat. Kasus plagiat ini memang masih menjadi perdebatan sampai hari ini sebab musik hanya memiliki tujuh tangga nada dan dianggap hal yang wajar apabila ada kemiripan dalam sebuah aransemen musik.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (22/4), berikut 10 Band Indonesia yang pernah tersandung kasus meniru (plagiat) atas karya musisi luar negeri.

1. D'Masiv dan My Chemical Romance

band plagiarism © 2016 brilio.net

Band yang digawangi oleh Ryan dan kawan-kawan ini menjadi salah satu band yang populer di kalangan anak muda. Pertama kali muncul dengan single Cinta Ini Membunuhku, ternyata lagu tersebut pada bagian intro sangat mirip dengan lagu I Don't Love You milik My Chemical Romance.

Loading...

2. Cherrybelle dan Girl Generations

band plagiarism © 2016 brilio.net

Grup vokal wanita asal Indonesia yaitu Cherrybelle sempat menjadi primadona di belantika musik Indonesia. Selain konsep dari Cherrybelle yang sangat mirip dengan Girl Generations atau SNSD, lagu milik Cherrybelle yang berjudul Best Friend Forever mulai dari intro hingga beberapa bagian lagu sangat mirip dengan lagu Kissing You milik girl band asal Korea Selatan tersebut.

3. Hello dan Maroon 5

band plagiarism © 2016 brilio.net

Melejit dengan single Ular Berbisa, band Hello pun sempat menuai kontroversi saat lagu tersebut dirasa sangat mirip dengan lagu milik Maroon 5 yang berjudul Makes Me Wonder.

4. Sm*sh dan Super Junior

band plagiarism © 2016 brilio.net

Korea Selatan memang menjadi kiblat untuk urusan boyband atau pun girlband. Negeri gingseng ini nyatanya berhasil membawa euforia K-Pop ke tanah air. Bahkan grup seperti Sm*sh pun tersandung masalah plagiat dari berbagai lagu mereka yang dirasa mirip dengan lagu-lagu Super Junior.

5. Kla Project dan Phil Collins

band plagiarism © 2016 brilio.net

Kamu yang lahir pada tahun 80an tentunya mengenal Kla Project. Musisi yang naik daun pada tahun 1994 dengan single Terpurukku memiliki berbagai kesamaan pada bagian intro dengan lagu berjudul Another Day In Paradise yang dipopulerkan oleh Phil Collins.

6. Kotak dan Keane

band plagiarism © 2016 brilio.net

Band yang digawangi oleh Tantri, Chua dan Cella ini juga tidak lepas dari persoalan plagiat. Lagu Kotak yang berjudul Selalu Cinta memiliki kemiripan pada bagian reff dengan lagu Keane dengan judul Everybodys Changing.

7. Last Child dan Boys Like A Girl

band plagiarism © 2016 brilio.net

Band indie Last Child pertama kali melejit dengan single Seluruh Nafas yang ternyata dari intro hingga beberapa bagian di akhir lagu sama dengan Two Is Better Than One milik Boys Like A Girl.

8. Vierratale dan Lostprophets

band plagiarism © 2016 brilio.net

Vierratale salah satu band indie Indonesia yang telah memiliki 3 album yaitu My First Love, Love dan Love and Love. Diawal kemunculannya, Vierratale mencuri perhatian dengan single mereka yang berjudul Dengarkan Curhatku. Ternyata lagu itu sangat mirip dengan Rooftops milik Lostprophets.

9. Kuburan dan Kiss

band plagiarism © 2016 brilio.net

Band yang muncul dengan aksi panggung unik ini ternyata sangat mirip dengan musik rock legendaris, Kiss. Tidak hanya aksi panggung yang sama dalam hal karya pun, lagu-lagu kuburan memiliki intro sama dengan lagu Kiss.

10. Zivilia dan SoulJa

band plagiarism © 2016 brilio.net

Aishiteru lagu yang dibawakan oleh Zivilia ini sempat menjuarai tangga lagu di dalam negeri sebelum pencinta musik menyadari bahwa lagu ini sangat mirip dengan Koko Ni Iru Yo milik SoulJa feat Aoyama.

Itu dia 10 band Indonesia yang pernah diduga melakukan tindakan plagiat. Bagaimana menurutmu? Apakah mereka benar-benar plagiat atau hanya terinspirasi?