5. The Pharmacist (2020).

film serial Netflix tentang krisis berbagai sumber

foto: imdb.com

The Pharmacist merupakan film serial Netflix tentang krisis yang terjadi dalam dunia medis. Film ini mengisahkan upaya Dan Schneider, seorang aktivis sekaligus seorang apoteker kota kecil di Poydras, Louisiana. Ia berusaha untuk mengidentifikasi pembunuh putranya dan mengumpulkan bukti atas kejahatan yang dilakukan pabrik pil di New Orleans. Namun, penyelidikannya tersebut tidak berjalan mudah. Ia harus menghadapi berbagai rintangan berbahaya hingga benar-benar menemukan bukti yang bisa dibawa ke meja hijau.

6. The Edge of Democracy (2019).

film serial Netflix tentang krisis berbagai sumber

foto: imdb.com

The Edge of Democracy merupakan film serial Netflix tentang krisis politik yang terjadi di negara Amerika Selatan. Film ini mengisahkan saat rezim militer Brasil berhasil tumbang, Luiz Inacio Lula da Silva (biasa dipanggil Lula) dari partai buruh berhasil menjadi presiden. Tumbangnya rezim militer memberikan kegembiraan yang luar biasa bagi masyarakat Brasil.

Keadaan mulai berubah saat Dilma Rousseff, rekan presiden sebelumnya di partai buruh memimpin. Pada masa ini, banyak korupsi di pemerintahan dan menyebabkan krisis yang luar biasa di negara tersebut. Dugaan tersebut membawa pada pemakzulan Dilma dan menyebabkan Lula dipenjara secara politik. Brasil kemudian kembali ke masa-masa suram saat Jair Bolsonaro yang menang dengan kekuatan populisme di negara tersebut. Film ini menampilkan bagaimana sebuah transisi penting dalam negara yang kelak menentukan arah kebijakan neagra tersebut.

7. Bodyguard (2018).

film serial Netflix tentang krisis berbagai sumber

foto: imdb.com

Bodyguard merupakan film serial Netflix tentang krisis politik dan kisah cinta terlarang. Film ini mengisahkan saat David Bud (Richard Madden), veteran perang Britania Raya mendapatkan tugas baru sebagai pengawal Home Secretary, Julia Moantage (Keeley Hawes).

Hubungan tersebut awalnya canggung dan hanya berlangsung antara pengawal dan salah satu menteri di pemerintahan. Namun, saat Julia terbunuh ketika berpidato, krisis politik terjadi dan membuat publik ketakutan. David kemudian berjanji untuk segera mengungkapkan pembunuhan tersebut. Namun, David kemudian sadar bahwa pembunuhan kekasihnya tersebut punya kaitan erat dengan konspirasi politik Inggris.

8. Designated Survivor (2016-19).

film serial Netflix tentang krisis berbagai sumber

foto: imdb.com

Designated Survivor merupakan film serial Netflix tentang krisis politik yang mengisahkan Thomas Kirkman, seorang akademisi Amerika yang disebut sebagai penyintas dan ditunjuk untuk pidato kenegaraan. Ia tiba-tiba naik dari posisi Menteri Perumahan dan Pembangunan Perkotaan Amerika Serikat menjadi Presiden Amerika Serikat setelah sebuah ledakan menewaskan semua orang di depannya, termasuk sang presiden.

Thomas Kirkman menjadi suksesi presiden. Kirkman berurusan dengan pengalamannya sebagai kepala negara sambil mencari untuk mengungkap kebenaran di balik serangan itu. Film ini menggambarkan bagaimana saat keadaan darurat, harus ada satu orang yang dianggap layak untuk menggantikan posisi presiden yang kosong karena meninggal dunia. Pemilihan umum berlangsung singkat dan hanya diputuskan oleh para elite politik yang masih tersisa.

9. House of Cards (2013-18).

film serial Netflix tentang krisis berbagai sumber

foto: imdb.com

House of Cards merupakan film serial Netflix tentang krisis politik saat pemilihan umum Amerika Serikat berlangsung sengit dan juga kotor. Film ini menceritakan kisah dari Francis 'Frank' Underwood yang merupakan seorang anggota kongres berpengaruh Amerika. Ia awalnya dijanjikan kursi Sekretaris Negara oleh Presiden terpilih Amerika Serikat yang baru, Garrett Walker, tetapi tiba-tiba dibatalkan secara sepihak.

Hal ini membuat Frank Underwood sadar bahwa posisi politik tidak bisa dititipkan kepada orang lain, bahkan ketika sudah membantu phak tertentu untuk naik ke puncak kekuasaan. Sejak saat itulah, Frank melancarkan aksi balas dendam yang begitu menyakitkan kepada lawan politiknya. Mulai dari mengintervensi proses pemilihan umum hingga berbagai aksi teror yang dilakukannya secara diam-diam dan jauh dari sorotan publik.