Brilio.net - Jika kamu merasakan demam dengan suhu tinggi, atau mendapati sanak keluarga merasakan hal yang sama, maka jangan panik atau gegabah. Sebenarnya, demam adalah respon alami tubuh saat bereaksi terhadap ancaman virus dan bakteri. Namun, jika kondisi tubuh mengalami suhu yang terlampau tinggi, maka memerlukan penanganan yang lebih agar kondisi tubuh segera pulih. Kamu bisa menangani demam tinggi hanya dari rumah, tanpa perlu buru-buru ke rumah sakit. Ada berbagai cara efektif untuk membantu mengurangi demam tinggi di rumah.

Cara menangani demam tinggi di rumah tentunya memiliki nilai positif, yaitu tanpa biaya yang tinggi dan mudah dilakukan. Beberapa cara seperti istirahat, serta mencukupi cairan adalah contoh dari cara menangani demam tinggi di rumah.

Berikut ini ulasan lengkapnya mengenai cara penanganan demam tinggi di rumah, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (6/5).

Adapun 7 cara menangani demam tinggi di rumah, sebagai berikut:

1. Minum banyak cairan

cara menangani demam tinggi di rumah © 2024 brilio.net

cara menangani demam tinggi di rumah
freepik.com

Menangani demam tinggi di rumah dengan minum banyak cairan adalah langkah penting untuk membantu tubuh tetap terhidrasi dan meringankan gejala demam. Air membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menggantikan cairan yang hilang akibat demam.

Kamu juga bisa meminum minuman elektrolit seperti minuman olahraga atau ion dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang akibat demam. Pastikan untuk minum cairan secara teratur sepanjang hari. Jika sulit untuk minum banyak sekaligus, cobalah untuk minum dalam jumlah kecil namun sering.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan, seperti buah-buahan, sup kaldu, atau makanan berkuah lainnya. Makanan ini dapat membantu menyumbang cairan tambahan. Dengan minum cairan secara cukup, kamu dapat membantu tubuh melawan demam tinggi dan meringankan gejalanya di rumah. Jika ragu atau gejala semakin buruk, segera dapatkan bantuan medis profesional.

2. Beristirahat yang cukup

cara menangani demam tinggi di rumah © 2024 brilio.net

cara menangani demam tinggi di rumah
freepik.com

Menangani demam tinggi di rumah dengan beristirahat yang cukup adalah langkah penting untuk membantu tubuh pulih dan melawan infeksi. Beristirahat yang memadai dapat membantu mengurangi beban pada sistem kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan, dan mencegah komplikasi yang lebih serius.

Perlu diketahui juga, demam adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau penyakit. Beristirahat yang cukup membantu tubuh fokus untuk melawan infeksi dengan lebih efisien, sambil mengurangi risiko kelelahan yang dapat memperburuk kondisi.

Selama demam tinggi, hindari melakukan aktivitas fisik berat seperti olahraga atau pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga. Aktivitas ini dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat tubuh semakin lelah. Usahakan untuk tetap di tempat tidur atau di ruang yang nyaman selama demam. Memberikan tubuh kamu waktu untuk istirahat yang cukup, kamu membantu mempercepat proses pemulihan dari demam tinggi di rumah.