Brilio.net - Sosok Glenn Fredly di industri musik Tanah Air memang sudah tak diragukan lagi. Musisi asal Ambon ini dikenal lewat lagu-lagu tentang cinta yang dianggap mewakili perasaan banyak orang. Meski kini sosoknya telah tiada, namun karyanya masih banyak dinikmati oleh kalangan anak-anak muda saat ini.

Di balik lagu-lagu cinta yang diciptakannya, Glenn juga dikenal sebagai sosok penyayang dan kebaikannya selalu dikenang di hati banyak orang. Seperti yang diketahui, selain aktif berkarier sebagai seorang musisi, semasa hidupnya Glenn juga aktif menyuarakan isu toleransi dan aktif di berbagai kegiatan sosial.

Hal itulah yang membuat rumah produksi Time International Films dan DAMN! I Love Indonesia Pictures akhirnya mengangkat kisah hidup Glenn Fredly yang menginspirasi ke dalam sebuah film berjudul Glenn Fredly The Movie. Dalam menggarap film ini, kedua rumah produksi tersebut juga turut menggandeng Adhya Pictures dan aktor Lukman Sardi sebagai sutradara.

Setelah menjalani proses syuting sejak 30 September 2023, kini proses produksi film Glenn Fredly The Movie telah rampung dan akhirnya merilis teaser trailer dan poster. Dalam teaser trailernya, diperkenalkan empat sosok wanita yang menjadi saksi perjalanan hidup Glenn Fredly. Di antaranya sang istri Mutia Ayu dan ibunda Glenn.

Produser Glenn Fredly The Movie, Daniel Mananta menjelaskan, kehadiran empat sosok wanita dalam kehidupan Bung Glenn di film ini telah mendapatkan izin dan persetujuan dari pihak terkait.

glenn fredly the movie rilis teaser trailer dan poster © berbagai sumber

foto: brilio.net/Dewi Suci

"Empat wanita ini juga yang menginspirasi lagu-lagu cinta dan patah hati Bung Glenn. Untuk itu, kami juga ingin menghadirkan kisah romansa Bung Glenn bersama mereka di setiap fase kehidupan Bung," kata Daniel Mananta, dalam konferensi pers yang dihadiri brilio.net pada Rabu (24/1).

Empat sosok wanita dalam film tersebut diperankan oleh Zulfa Maharani sebagai Mutia Ayu istri Glenn Fredly, Alyssa Abidin sebagai Nola, Sonia Alyssa sebagai Dewi, dan Ruth Sahanaya sebagai ibunda Glenn Fredly. Selain keempatnya, film ini juga dibintangi oleh Marthino Lio sebagai Glenn Fredly dan Bucek Depp sebagai ayah Glenn.

Glenn Fredly The Movie juga menjadi karya debut Ruth Sahanaya di dunia perfilman sebagai seorang aktris. Hal ini tentu menjadi momen spesial dan merupakan sebuah kesempatan baru bagi perempuan yang akrab disapa Mama Uthe tersebut untuk bermain dalam sebuah film.

"Masih nggak percaya bisa ada di project ini yang berbeda sekali dengan kebiasaan saya," ujar Ruth Sahanaya.

glenn fredly the movie rilis teaser trailer dan poster © berbagai sumber

foto: brilio.net/Dewi Suci

Pemilihan Ruth Sahanaya sebagai sosok ibunda Glenn juga bukan tanpa alasan. Kedekatan personal antara Ruth Sahanaya dan Glenn Fredly yang membuat Daniel Mananta dan Lukman Sardi menggandengnya untuk memerankan sosok ibunda Glenn. Hal tersebut pun diakui oleh penyanyi 57 tahun tersebut.

"Glenn Fredly selalu bilang bahwa saya adalah inspirasinya dalam bermusik. Banyak hal-hal yang memang nggak banyak orang tahu kalau kita sering berdiskusi. Satu hal yang selalu aku lihat bahwa Glenn itu benar-benar punya jiwa yang luas," sambungnya.

Selain merilis teaser trailer, Glenn Fredly The Movie juga turut merilis teaser poster. Dalam poster tersebut, terlihat sosok Glenn Fredly tampil bernyanyi dengan sebuah gitar di tangannya dan tulisan love, music, family sebagai latarnya. Daniel Mananta membeberkan bahwa poster tersebut bercerita tentang persatuan.

"Melalui musik, semuanya saling menyatu, termasuk juga menggambarkan kedekatan sosok Glenn dengan keluarga dan buah hatinya," ungkap Daniel Mananta.

Mutia Ayu istri Glenn Fredly juga mengungkapkan bahwa film ini menjadi suatu kebanggaan baginya dan keluarga. Menurutnya, film ini juga dapat menjadi salah satu media bagi sang anak untuk lebih mengenal sosok sang ayah selain dari foto dan lagu-lagunya.

"Luar biasa banget untuk posternya. Terima kasih untuk Daniel dan Mas Lukman. Kemarin aku mikir, gimana cara agar Gewa bisa mengenal sosok ayahnya. Mungkin hanya dari fotonya, video klipnya, dan lagu-lagunya. Tapi sekarang Gewa bisa mengenal sosok ayahnya lewat film Glenn Fredly The Movie. Ini jadi suatu kebanggaan buat aku," tutur Mutia Ayu.

Sutradara Lukman Sardi juga turut mengungkapkan kelegaannya setelah berhasil merampungkan proses syuting dan kini tinggal menunggu waktu tayang di bioskop. Menurutnya, ini adalah perjalanan yang penuh pembelajaran dalam mengenal sosok Glenn lebih dekat.

"Akhirnya perjalanan Glenn Fredly The Movie sampai di titik ini. Ini adalah persembahan penuh cinta dari kami untuk Bung Glenn dan untuk penonton Indonesia yang menyayanginya. Perjalanan penuh haru yang bisa penonton saksikan di bioskop tahun ini," kata Lukman Sardi.

glenn fredly the movie rilis teaser trailer dan poster © berbagai sumber

foto: brilio.net/Dewi Suci

Zulfa Maharani, Alyssa Abidin, dan Sonia Alyssa pun menambahkan, ketiganya sama-sama antusias untuk terlibat di film satu ini. Ketiganya juga merupakan fans Glenn Fredly yang memiliki lagu favorit masing-masing. Pemeran Mutia Ayu, Zulfa Maharani menjelaskan, ia juga sudah mendapatkan restu dari istri Glenn untuk bermain di dalam film.

Bahkan Zulfa mengaku banyak menghabiskan waktu dengan Mutia Ayu untuk mengenal sosoknya dan dapat mengembangkan karakter yang diperankannya. Baginya, memerankan sosok Mutia Ayu juga merupakan sebuah tanggung jawab yang besar.

"Rasanya terharu dan senang bisa menjadi bagian penting yang akan menceritakan perjalanan hidup dan perjuangan Kakak Glenn lewat film ini. Dipercaya untuk memerankan Mutia Ayu, sebagai sosok yang mendampingi di hari-hari terakhir kakak Glenn tentunya adalah tanggung jawab besar. Semoga apa yang kami berikan di film juga bisa menghadirkan kasih dan cinta untuk sesama, seperti pesan Kakak Glenn selama ini," kata Zulfa Maharani.