Brilio.net - Siapa yang tak mengenal sosok Glenn Fredly? Penyanyi asal Ambon ini dikenal sebagai salah satu musisi legendaris di Tanah Air. Ia mulai terjun ke dunia tarik suara pada tahun 1994. 

Namanya pun bersinar di awal tahun 2000-an sebagai salah satu penyanyi R&B. Bahkan, ia pernah meraih penghargaan Album Indonesia Terbaik di Malaysia dan penghargaan Lagu Terbaik Pilihan Pendengar di Singapura pada tahun 2000. Tak hanya menekuni karier sebagai musisi dan penyanyi, Glenn Fredly juga aktif menyuarakan isu toleransi dan aktif di berbagai kegiatan sosial.

Meski kini sosoknya telah tiada, namun karya dan jasanya selalu dikenang di hati masyarakat. Hal tersebut yang membuat rumah produksi DAMN! I Love Indonesia Pictures dan Adhya Pictures bekerja sama untuk membuat sebuah karya film biopik dari kisah hidup sang legenda berjudul Glenn Fredly The Movie.

Daniel Mananta selaku produser rumah produksi DAMN! I Love Indonesia Pictures mengungkapkan alasannya ingin mengangkat kisah hidup Glenn Fredly ke dalam sebuah film. Hal tersebut rupanya berkaitan dengan perjalanan spiritualnya pada awal tahun 2022.

daniel mananta & lukman sardi garap film glenn fredly the movie © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

"Pada Januari 2022, saya tidak bisa tidur dan lagu Glenn Fredly yang berjudul Januari terus terngiang-ngiang di kepala. Kemudian saat saya berdoa, saya bertanya maksudnya apa, kenapa lagu Glenn terus menggantung di kepala. Saat itu, saya mendapatkan jawaban dari Tuhan untuk membuat film tentang Glenn," ungkap Daniel dalam acara Kick Off dan Cast Reveal di Jakarta, Rabu (20/9).

Alasan lain yang membuat Daniel memutuskan untuk membuat sebuah film tentang perjalanan karier musik Glenn Fredly adalah karena rasa kagumnya terhadap sang musisi. Baginya, Glenn adalah sosok aktivis yang selalu menyuarakan sikapnya melalui musik.

daniel mananta & lukman sardi garap film glenn fredly the movie © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

"Glenn punya banyak sekali fase dalam hidup. Saya kagum melihat hati Glenn yang selalu berdedikasi untuk Indonesia. Indonesia tidak punya banyak sosok seperti itu. Ia pernah berusaha membuat konflik yang terjadi di Ambon mereda lewat musiknya. Ia menggaungkan perdamaian. Ia aktivis sekaligus musisi yang menggunakan musik sebagai senjatanya," sambung Daniel.

Film ini akan memulai proses syuting bertepatan dengan hari lahir mendiang Glenn Fredly yakni pada 30 September 2023. Daniel Mananta juga menggandeng Lukman Sardi sebagai sutradara untuk film Glenn Fredly The Movie. 

Daniel mengungkapkan bahwa Lukman memiliki kedekatan personal dengan Glenn sehingga dinilai cocok untuk menggarap film satu ini. "Dia memang sutradara yang sempurna untuk film ini karena dia mempunyai hubungan yang dekat sekali sebagai sahabat. Dia juga sempat menyutradarai video klipnya Glenn untuk lagu Malaikat Juga Tahu. Jadi untuk menyutradarai film tentang Glenn Lukman sudah tahu strategi untuk memasukkan musik ke dalam film," ungkap Daniel.