×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
15 Drama & film Korea ini diangkat dari kisah nyata, penuh haru

View Image

0

BRILIO » Film

15 Drama & film Korea ini diangkat dari kisah nyata, penuh haru

Ada yang dapat sambutan ramai di luar Korea.

20 / 11 / 2018 02:05

Brilio.net -  

foto:

Film dan drama Korea semakin akrab dengan orang Indonesia. Tak jarang mereka yang begitu menyukai filmnya ikut terhanyut berperilaku layaknya orang Korea. Mulai dari caranya makan, berpakaian dan lain halnya. Perfilman Korea tampaknya benar-benar mampu mengubah seseorang untuk mengikuti gaya mereka.

Sekarang ini, perfilman Korea mengalami perkembangan yang sangat pesat. Meskipun belum bisa menyaingi perfilman Hollywood, film dan drama Korea bisa dibilang telah berhasil mencuri hati para penikmat film. Perfilman Korea kerap mengusung soal percintaan, keluarga, perebutan harta warisan dan juga tak sedikit yang mengangkat soal sejarah dan politik.

Kerap di rasakan, film Korea dapat membawa penontonnya ke titik tersedih. Pasalnya kisah-kisah yang diangkat terkadang membuat siapa saja yang nonton ikut hanyut di dalamnya dalam merasakan haru biru yang begitu dalam.

Loading...

Kalau kamu penikmat film Korea, kamu harus tahu, salah satu kisah yang kerap ditampilkan dalam senema Korea adalah kisah nyata. Baik film maupun drama, kisah nyata di kemas sebaik mungkin sehingga penonton dapat terus menyimak alur cerita film secara keseluruhan.

Apa saja judul film dan drama korea yang diangkat berdasarkan kisah nyata? Berikut ulasannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (19/11).

1. 1987: When the Day Comes.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: imdb.com

Film ini banyak yang mengatakan mirip dengan kisah sejarah yang pernah dialami bangsa Indonesia pada tahun 1998. Sama halnya dengan tragedi 1998, di Korea Selatan pada tahun 1987, juga mengalami hal tragis. Di mana di seluruh antero negeri berusaha melawan rezim militer demi terciptanya demokrasi.

Dalam film 1987: When the Day Comes, yang merupakan garapan sutradara Jang Joo Hwan menyoroti kematian aktivis mahasiswa pro-demokrasi Park Jong Chul. Dia meninggal dalam sesi interogasi anti-komunis dari kepolisian.

Dalam film ini kamu akan melihat sebuah keberanian, kekejaman dan patriotik yang begitu nyata. Kisah yang melibatkan pemerintahan, kepolisian, kejaksaan, wartawan, dan mahasiswa ini mengusung sebuah ketidak adilan negeri pada masa itu. Drama dan sisi humanisme juga di tonjolkan dalam film ini.

1987: When the Day Comes, digarap begitu apik sehingga penonton bisa merasakan sendiri bagaimana permasalahan yang begitu besar terjadi pada masa itu. Dibintangi Kim Yun-seok, Ha Jung-woo, dan Kim Tae-ri, menambah semangat para penontonnya untuk menyaksikan film ini.

2. A Taxi Driver.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: hollywoodreporter.com

Film ini juga diambil dari kisah nyata. Kisah ini merupakan cerita kediktatoran militer yang terjadi di Gwangju pada 1980. Pada masa itu, ratusan penduduk dibantai habis-habisan secara kejam karena melakukan aksi protes kepada pemerintah. Kurang lebih 600 orang tewas dalam kasus tersebut.

Kisah tragis tersebut diangkat dalam sebuah film yang menggunakan kacamata seorang sopir taksi yang diperankan Song Kang-ho. Dia membantu seorang wartawan asal negara Jerman yang sedang meliput terjadinya pemberontakan di daerah Gwangju, Korea Selatan. Film ini bersetting pada 18-27 Mei tahun 1980-an.

Kisah yang diusung dalam film ini, bisa mengingatkan kembali kisah kelam yang dulu pernah terjadi. Mungkin sebagian orang yang mengalami kejadian tersebut enggan untuk menonton film ini.

3. Way Back Home.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: imdb.com

Film ini sangat menarik untuk ditonton. Pasalnya cerita yang diusung mengisahkan kepiluan mendalam seorang wanita yang ingin kembali ke negaranya. Dibintangi Jeon Do-yeon, Ko Soo, dan Kang Ji-woo ini pasti akan membuat penontonnya terbawa emosi, sedih, kesal akan menyelimuti kamu selama menyaksikan film ini.

Film garapan Pang Eun Jin mengambil kisah dari seorang wanita kewarganegaraan Korea Selatan ditangkap di Orly Airport, Prancis, karena ketahuan membawa narkoba pada 2004 lalu. Wanita tersebut harus mendekam di sebuah penjara di Prancis selama 2 tahun.

Way Back Home, dikemas dengan latar belakang ibu rumah tangga yang awalnya memiliki kehidupan yang bahagia bersama suami dan anaknya. Namun suatu hari sang suami terlilit hutang yang dibebankan oleh temannya yang bunuh diri. Dalam situasi yang begitu sulit, sang suami mendapat pekerjaan dari temannya untuk membawa perhiasan dari Guyana ke Prancis. Namun sayangnya, pekerjaan tersebut membutuhkan tenaga seorang wanita. Sang istri mencoba untuk menawarkan diri, namun sang suami tak setuju. Dengan berbagai cara di lakukan sampai akhirnya sang suami menyetujuinya.

4. The Attorney. 

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: imdb.com

Cerita film ini terinspirasi dari 'Burim Case' tahun 1981 saat rezim authoritarian Chun Doo-hwa. Sebanyak 22 siswa, guru dan pekerja kantoran yang tergabung dalam sebuah klub buku ditangkap tanpa surat perintah dengan tuduhan palsu bahwa mereka adalah simpatisan Korea Utara.

Roh Moo-hyun seorang pengacara pajak dari Busan membentuk tim legal bersama teman-temanya untuk membela mereka yang mendapat tuduhan palsu melawan negara. Usai kasus tersebut, Roh menjadi seorang pengacara hak asasi manusia yang berpengaruh dan memasuki dunia politik sampai akhirnya menjadi presiden ke-9 Korea.

Dalam The Attorney kisah pengacara gigih tersebut diceritakan melalui karakter Song Woo-seok. Film ini memperlihatkan perjuangan yang tiada henti, pembelaan secara mati-matian. Tak ada kata meyerah, dia terus berjuang dalam mendapatkan keadilan.

Film luar biasa ini mendpat sambutan hangat dari negara-negara luar, termasuk Amerika Serikat. Film ini juga sempat menjadi perbincangan para kritikus film.

5. As One.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: imdb.com

Film ini diangkat dari kisah nyata pada 1991, mengenai olahraga. Di mana Korea Selatan dan Korea Utara harus bersatu di World Table Tennis Championship yang diselenggarakan di Chiba, Jepang.

Diperankan Ha Ji-won dan Bae Doona, film Korea satu ini menceritakan bagaimana dua pemain yang selama ini merupakan musuh dalam sebuh pertandingan, dan tiba-tiba harus dipersatukan untuk merebut kejuaraan. Mengesampingkan ambisi masing-masing, para perempuan ini harus mengumpulkan setiap tetes keberanian dan anugerah untuk mengalahkan tim Tiongkok yang sangat mendominasi yang bersaing untuk gelar Kejuaraan Dunia yang ke-9 secara berturut-turut.

6. Silenced.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: imdb.com

Bagi kamu pecinta korea, film satu ini mungkin sudah kamu tonton berulang-ulang kali, bahkan kamu sampai hafal setiap adegannya. Ya. Siapa yang tak tertarik menikmati film sebagus ini, kisahnya yang mengharubiru serta aktris dan aktornya yang menyehatkan mata.

Gong Yoo, aktor tampan satu ini sudah cukup akrab di telinga penggemar korea. Jika kamu masih ingat, Gong Yoo pernah bermain di film Goblin (2016). Nah sebelumnya Gong Yoo bermain di film Silenced (2011). Film Silenced sendiri diangkat berdasarkan novel yang berjudul Dokani karya Kong Ji-young.

Dalam film Silenced, mengisahkan seorang single parent dan kesulitan keuangan terpaksa harus menerima tawaran pekerjaan menjadi guru kesenian di sebuah sekolah khusus anak-anak tuna rungu di Mujin, daerah yang jauh dari kota Seoul.

Saat mengajar di sekolah tersebut, pria ini menemukan fakta yang mengejutkan, di mana anak-anak mengalami kekerasan fisik dan seksual oleh para guru dan kepala sekolah. Sang pria tak bisa tinggal diam, bersama aktivis HAM dia berusaha mencari kebenaran untuk membantu anak-anak tersebut mendapatkan keadilan.

7. Memories of Murder.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: imdb.com

Film ini di adaptasi dari kisah nyata kasus pembunuhan berantai yang terjadi di Korea Selatan pada tahun 1986-1991 di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi. Di mana dalam kasus ini kaun wanita selalu menjadi korbannya.

Kisah tragis ini akhirnya dituangkan dalam film berjudul Memories of Murder. Dalam film ini mengisahkan pencarian tersangka pembunuhan berantai, yang dilakukan oleh beberpa detektif. Namun deketif ini sebelumnya belum pernah berhadapan dengan kasus serius, sehingga mereka merasa kewalahan dan dibantu pihak kepolisian.

8. The Himalayas.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: imdb.com

The Himalayas merupakan film garapan tahun 2015 yang disutradarai oleh Lee Seok-hoon. Film ini menceritakan kisah nyata dari dua sahabat, yakni Hong Gil dan Mu Taek yang merupakan sebagai penakluk gunung-gunung ekstrem di dunia. Suatu ketika, mereka berada di titik puncak Karier dengan terpilih dalam 14 tim menaklukkan gunung Himalayas.

Suatu hari Mu Taek mendapat kesempatan untuk mendaki gunung Everest. Namun suatu kejadian membuat dirinya meniggal dalam perjalanan ekstremnya. Sebagai sahabat, Hong Gil merasa sangat bersalah, karena dari awal mendukung tekat temannya untuk mendaki gunung Everest tersebut.

Dengan rasa bersalahnya, dia mendaki gunung Everest dengan membuat tim penyelamat untuk mencari cari jenazah sahabatnya itu.

9. Hope.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: screenanarchy.com

Film Korea satu ini merupakan film yang diangkat dari kisah nyata yang sangat memilukan. Pasalnya seorang anak berusia 8 tahun harus mengalami hal yang begitu menyakitkan dan menimbulkan trauma pada dirinya.

Kisahnya dalam film ini diperankan oleh Lee Ra sebagai So-won, sebagai gadis kecil yang bernasib malang. Suatu hari saat perjalanan menuju sekolah, So-won bertemu dengan seorang lelaki tua yang sedang mabuk. Saat itu sedang hujan, lelaki tua itu meminta So-won untuk berbagi payung dengan dirinya. Namun lelaki tua justru mengajak So-won secara paksa ke bangunan kosong, di sana gadis kecil itu diperkosa dan dipukuli.

Dari kejadan tersebut So-won mengalami trauma berat. Membuat dirinya menolak untuk bertemu pria dewasa, termasuk ayahnya sendiri. Sangat sulit menghilangkan trauma tersebut. Sang ayah tak berani mendekati anaknya. Namun suatu hari dia memiliki ide untuk mengenakan pakaian badut agar bisa dekat dengan anaknya.

10. New Trial.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: imdb.com

Kisah film ini merupakan adaptasi dari kisah nyata dalam lingkup hukum tentang sebuah kasus kontroversial yang sempat menarik perhatian publik. Kasus hukum tersebut ia, sebuah kasus pembunuhan supir taksi yang terjadi pada tahun 2000.

Film ini di tulis dan di sutradarai oleh Kim Tae Yoon, ini mempertontonkan suatu permasalahan yang begitu rumit, di mana mencari keadilan sangatlah sulit. Apa lagi orang tersebut hanya orang biasa, yang tidak memiliki harta bahkan jabatan tertentu.

Film ini dibintangi oleh Jung Woo, Kang Ha Neul, Kim hae Sook, Lee Dong Hwi dan sederet bintang lainnya. Sangat menarik untuk ditonton, kamu akan merasakan bagaimana setiap masalah harus diselesaikan dengan sebaik mungkin, butuh kerja keras, kegigihan serta menyatukan tekat yang kuat.

11. Bachelor's Vegetables Store.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: dramafever.com

Drama Korea ini diangkat berdasarkan kisah nyata yang sangat terinspirasi dari Lee Young-suk, seorang pria yang tadinya hanya berprofesi sebagai tukang sayur pada tahun 1998, namun dia meraih kesuksesan yang luar biasa. Yang tadinya hanya memiliki toko kecil, kemudian berubah menjadi sebuah waralaba nasional dengan 33 cabang.

Drama inspirastif ini diproduksi pada tahun 2012 dan dibintangi oleh Ji Chang-wook dan Wang Ji-hye. Kamu pecinta Drama Korea jangan pernah melewati drama Korea ini. Kalau di negara asalnya, film di ini tayangkan di chanel TV A, dengan serial berjumlah 24 episode.

12. Miss Ripley.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: dramafever.com

Drama yang satu ini terinspirasi dari novel atricia Highsmith yang berjudul "The Talented Mr Ripley" Dalam buku tersebut mengisahkan kehidupan seorang profesor di Universitas Dongguk dan kepala kurator seni di Sungkok Art Museum.

Dibintangi oleh Lee Da-hae dan Park Yoo-chun. Serial tervisi MBC ini terdiri dari 16 episode. Drama ini menceritakan bagaimana perjuangan hidup seseorang hingga bisa meraih kesuksesannya. Dimulai dengan menceritakan seorang yatim piatu yang lolos dari germonya di Jepang. Sosok yatim piatu ini kemudian lulus dari Tokyo University.

13. My Wife's Having an Affair This Week.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: theseoulinme.com

Drama seri ini di sutradarai oleh Kim Suk-yoon. Drama ini terinspirasi dari curhatan seorang lelaki di sebuah forum online dengan judul "My wife is having an affair this week: What should I do?" cerita tersebut kemudian viral sehingga menarik perhatian sang produse untuk mengangkatnya dalam sebuah drama.

Do Hyun-woo (Lee Sun-kyun) merupakan orang yang bekerja sebagai PD selama 10 tahun terakhir. Suatu hari, dia mengetahui bahwa istrinya berselingkuh dan tidak tahu apa yang harus di lakukan. Pria tersebut mencoba melindungi pernikahannya. Untuk mendapatkan solusi terbaik dia mecoba untuk berbicara dengan orang-orang anonim melalui media sosial.

14. Hwarang.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: dramafever.com

Hwarang merupakan serial drama Korea yang diangkat berdasarkan sejarah. Mungkin banyak yang menyukai drama Korea satu ini, pasalnya bintang top Korea turut meramaikan drama ini, diantaranya Park Seo-joon, Go Ara, Park Hyung-sik dan Minho SHINee.

Drama yang melatar belakangi era Goryeo Korea, menceritakan sekelompok ksatria muda yang hidup pada masa kerajaan Silla. Para pemuda tersebut tampil sebagai kelompok elit dengan kecerdasan dan kemampuan bela diri yang memukau. Mereka adalah sekelompok yang bertujuan menegakkan keadilan di kota Seorabeol.

15. Awl.

15 Drama & film Korea yang diangkat dari kisah nyata istimewa

foto: hancinema.net

Awl merupakana serial yang diangkat dari serial Webtoon. Di mana Webtoon Awl sendiri ternyata diangkat dari kisah nyata. Drama ini menceritakan tentang karakter Lee soon In yang diperankan Ji Hyun-woo, yang memiliki karakteristik yang harus melakukan segalanya dengan benar apapun yang terjadi.

Usai dirinya keluar dari wamil, dia bekerja sebagai seorang manajer supermarket. Dia ditugaskan untuk mencatat pekerja yang berstatus kontrak. Alih-alih mendengarkan bosnya, mantan militer itu justru ikut bersatu dengan serikat pekerja untuk melawan pemecatan yang tidak adil.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    73%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    9%

  • Marah

    0%

  • Love

    18%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more