Brilio.net - MLDSPOT lewat project tahunan MLDARE2Perform kembali melahirkan talenta-talenta berbakat musisi jazz, MLD Jazz Project Season 4. Grup musik ini digawangi Puspallia (vocal), Timoti Hutagalung (drum), Yosua Sondakh (gitar), Hafiz Aga (bass), Noah Revevalin (piano), dan Anggi Harahap (wind & brass).  

Sama seperti MLD Jazz Project  di tiga season sebelumnya, enam personel grup band ini diracik dari hasil seleksi sejumlah musisi muda di Indonesia. Mereka adalah musisi terbaik yang lolos seleksi. Mereka ini ibaratnya “best of the best” instrumen musik.     

Nah, sebagai bentuk keberlanjutan sekaligus keseriusan, MLD Jazz Project Season 4 sebagai pendatang baru di belantika musik jazz Tanah Air pun merilis album perdana dengan single Pertama yang melambungkan nama penyanyi Reza Artamevia di akhir era 1990-an. Lagu ini diaransemen ulang oleh penata musik ternama lndonesia, Ronald Steven.

MLD Jazz Season 4 © 2019 brilio.net

Panel juri MLDARE2Perform Season 4 terdiri dari para senior musik ternama, yaitu Syaharani, Nikita Dompas, Adra Karim, Indro Hardjodikoro, Devian Zikri dan Aksan Sjuman. Mereka berperan besar mulai dari proses seleksi hingga penentuan pemenang. Nikita pun terlibat dalam pembuatan album ini sebagai music director bersama Ronald.

Loading...

“Antusiasme serta keahlian bermusik para personel MLD Jazz Project Season 4, tertuang baik pada penggarapan album perdana mereka. Kolaborasi yang terjadi begitu cair sehingga album ini dapat dibilang menunjukkan identitas mereka,” terang Nikita saat peluncuran album ini di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (18/9).

Dalam album ini Ronald mengarahkan empat lagu cover terpilih dari lagu-lagu Indonesia yang telah menjadi hits yaitu Pertama karya Ahmad Dani dan Reza, Semua Bisa Bilang karya Charles Hutagalung, Selepas Kau Pergi karya Boyan La Luna dan Sakura karya Fariz RM.

MLD Jazz Season 4 © 2019 brilio.net

Sementara Nikita mengarahkan lagu orisinil dari masing-masing personel MLD Jazz Project Season 4. Kesepuluh lagu tersebut tertuang di dalam album MLD Jazz Project Season 4 yang dapat di unduh di berbagai streaming aplikasi musik.

“Sebagai music director kami merasa bangga terhadap karya yang telah dihasilkan MLD Jazz Project Season 4. Dengan sentuhan unsur jazz, album ini dapat memacu setiap personel MLD Jazz Project Season 4 untuk meningkatkan kembali musikalitas mereka masing-masing,” jelas Ronald.

Sementara bagi para personel MLD Jazz Project Season 4, dirilisnya karya-karya perdana mereka dalam album komersial merupakan sebuah lompatan besar dalam karier bermusik sekaligus menjadi perwujudan nyata terhadap mimpi mereka untuk dapat dikenal luas para penikmat musik Indonesia. Maklum, bagi seorang musisi untuk merilis satu single saja perlu usaha yang cukup besar, apalagi sebuah album rekaman yang sudah pasti membutuhkan sumber daya luar biasa.

MLD Jazz Season 4 © 2019 brilio.net

“MLDSPOT telah memberikan kesempatan yang begitu besar dalam menyuarakan talenta bermusik serta karya kami melalui MLD Jazz Project Season 4. Bekerjasama dengan para senior musik ternama Indonesia dalam penggarapan album perdana kami, merupakan suatu pengalaman berharga untuk karier bermusik kami ke depan,” ujar Puspallia, sang vokalis MLD Jazz Project Season 4.

Pada peluncuran album ini dirilis pula video klip single Pertama yang diusung dengan konsep segar. Video klip single kedua dari album ini, Semua Elsa Bilang juga bakal segera diluncurkan.

Album ini sekaligus sebagai bukti MLDSPOT memberikan kesempatan kepada MLD Jazz Project Season 4 dengan ruang yang lebih luas untuk menyuarakan karya mereka melalui berbagai festival musik ternama dl lndonesia, seperti Jazz Traffic Festival, Surabaya, Ijen Jazz Festival, Banyuwangi, Ngayogjazz, hingga International Java Jazz Festival 2020.

MLD Jazz Season 4 © 2019 brilio.net

Tidak hanya itu, kesempatan manggung untuk skala internasional juga diberikan di ajang Jazz Stage Motion Blue, Yokohama, Jepang pada April 2020. Wah salut deh.