Brilio.net - Ismail Basbeth saat ini dikenal sebagai sineas dengan karya-karya yang luar biasa. Film terakhirnya, Mencari Hilal dan Talak 3, mendapat respons yang bagus dari masyarakat. Tak cuma film panjang, film-film pendeknya juga kerap mendapat apresiasi yang bagus. Kali ini, Ismail Basbeth sedang mempersiapkan sebuah film baru. Tapi ada cara yang tak biasa dalam memproduksi film baru ini.

Ismail menyebut proyeknya kali ini dengan istilah “Picnic Cinema” yang diinisiasi oleh Bosan Berisik, komunitas yang ia gagas. Mereka akan melakukan produksi film dengan proses yang spontan. Film dari program Picnic Cinema perdana ini berjudul 'Mobil Bekas dan Kisah-Kisah Dalam Putaran', sebuah cerita tentang mobil bekas dan cerita orang-orang yang menumpanginya.

ismail bisbeth © 2016 brilio.net

Charie Meliala, Managing Director Bossan Berisik Lab. menjelaskan, produksi dan pendanaan film ini dilakukan secara crowd funding. Film ini dibuat dengan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada publik dan tenaga ahli dalam pembuatan film untuk ikut berpartsipasi.

"Bukan cuma pendanaan, tapi juga tenaga kreatif sepeti pemain dan tenaga ahli pembuatan film, termasuk fasilitas produksi dan pasca produksi. Makanya ada tiga betuk donasi, yaitu partisipan, suporter, serta fundraiser dan donatur," terangnya.

Loading...

Melalui 'Picnic Cinema', Ismail akan memproduksi film dengan metode alternatif, sangat fleksibel, dan eksprimental. Jika biasanya dalam pembuatan film membutuhkan persapan dan riset yang lama hingga bertahun-tahun, maka lewat Picnic Cinema, pembuatan film dilakuan secara spontan. Picnic Cinema menjadi proyek jalan-jalan sambil membuat film yang dilakukan di Yogyakarta.

Ismail akan membebaskan para pemain untuk bisa memberikan ide terhadap jalan cerita yang akan dimainkan. Beberapa ide pemain juga akan dipakai dalam film ini.

"Sebenarnya antara lazim dan tidak lazim sih, makanya saya belum berani mengajak banyak orang untuk ikut proyek pembuatan film ini karena SOP-nya baru dikonsepkan," terang sutradara asal Yogyakarta ini.

Hingga saat ini, pengumpulan dana untuk pengerjaan film yang mulai produksi tanggal 17 Desember mendatang masih berlangsung. Sementara para artis yang akan ikut bermain adalah Cornelio Sunny, Karina Salim, Verdi Solaiman, Natasha Gott, Dea Ananda, Sekar Sari dan masih banyak lagi sineas yang ikut berpartisipasi dalam proyek eksperimental ini.