Brilio.net - Menyewa sebuah rumah, sudah seharusnya kamu tetap menjaga kondisinya. Mulai dari kebersihan, kerapian, sampai keamanannya. Sebab, cara tersebut menjadi salah satu bentuk tanggung jawab terhadap pemilik rumah. Jangan sampai kamu meninggalkan kondisi rumah dalam keadaan kacau.

Hal ini sudah terjadi di kota kecil Staffordshire, Inggris. Dilansir brilio.net dari dailymail pada Senin (23/8), Ian Twigg menjelaskan ia menemukan rumahnya dalam keadaan sangat berantakan. Rumah yang berlokasi di Hebburn, Tyneside Selatan tersebut ditinggal sang penyewa dengan tumpukan sampah.

Dijelaskan tumpukan tisu bekas hingga kotoran ditemukan di sana. Yang nggak kalah bikin pilu, dikatakan terdapat jejak bekas urin di berbagai sudut rumah. Rumah yang sudah disewa selama 2 tahun itu ditinggalkan dalam keadaan kacau. Bahkan sang pemilik menjelaskan, penyewa itu juga menunggak biaya sewa selama enam bulan.

"Mereka menjadikan salah satu ruangan di rumah itu sebagai tempat khusus untuk membuang kotoran dan diubah menjadi tempat sampah," jelasnya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Potret kamar ditinggal penyewa © BPM Media

foto: BPM Media

Akiba kondisi itu, Twigg harus menyewa petugas kebersihan untuk membersihkan rumahnya. Mereka mengeluarkan lebih dari 60 kantong plastik hitam yang berisi sampah dan kotoran dari satu ruangan saja. Tentu membutuhkan lebih banyak kantong plastik untuk menyelesaikan pembersihan keseluruhan rumah.

Potret kamar ditinggal penyewa © BPM Media

foto: BPM Media

Sebagai pemilik rumah, Ian Twigg menderita kerugian besar karena harus membersihkan rumahnya ini. Beruntungnya tidak ada kerusakan besar, namun beberapa barang di dalamnya ditemukan dalam kondisi rusak dan hilang. Ia pun juga harus menunda waktu untuk menerima penyewa baru, setidaknya sampai proses pembersihan rumah selesai.

(brl/guf)