Brilio.net - Meski Olimpiade Tokyo 2020 telah usai, namun euforia atas keberhasilan atlet Tanah Air di momen tersebut masih jelas terasa. Setelah berjuang selama beberapa minggu, para atlet ini kembali membawa medali mereka untuk Indonesia.

Indonesia memiliki masyarakat yang berpotensi di bidang olahraga. Beberapa diantaranya bahkan telah banyak menyumbangkan medali emas di ajang olahraga baik nasional maupun internasional. Salah satunya adalah Abdul Razak, mantan atlet dayung asal Indonesia.

Dilansir dari akun Twitter @bos_sir, Minggu (15/8), salah satu politisi muda La Ode Basiran membagikan foto Abdul Razak yang merupakan mantan atlet dayung asal Kampung Bajo, Wakatobi. Sosoknya mendadak ramai jadi perbincangan warganet.

Bagaimana tidak? Ia telah menyumbangkan banyak medali dan mengharumkan nama Indonesia di cabang olahraga dayung. Beberapa di antaranya adalah medali emas.

"Sederet medali emas, perak, perunggu baik tingkat nasional maupun tingkat internasional dr cabang olahraga dayung yg didapatkan oleh Abdul Razak, atlet dayung Indonesia asal Wakatobi," cuit La Ode.

Bersama dengan cuitan tersebut terdapat foto Abdul Razak yang sedang memikul medali di bahunya. Medali-medali tersebut berhasil diraihnya dalam berbagai kejuaraan dayung.

Mengutip dari Merdeka, Selama menjadi atlet ia berhasil mengumpulkan 36 medali emas, 8 medali perunggu, dan 4 medali perak. Setelah foto tersebut dibagikan, unggahan itu lantas menjadi viral di media sosial.

Masih mengutip dari sumber yang sama, karier Abdul Razak sebagai atlet dayung dimulai sejak 1987 silam di mana ia mewakili Wakatobi pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Namun kini Abdul Razak telah pensiun dan kembali ke kampung halamannya menjadi seorang nelayan.

"Setelah pensiun, kini ia menjadi nelayan dgn perahu sederhana," tulis La Ode Basir dalam keterangannya.

Cuitan yang telah disukai lebih dari 65 ribu orang tersebut pun ramai mendapat tanggapan dari warganet lain.

"harusnya atlet" nasional yg pernah ngeharumin nama bangsa juga ikut dapet hadiah si. paling ga, uang pensiun lah buat usaha dll," tulis akun @faoncy.

"cukup euforianya. Mari tengok fenomena ini. SElain pak Abdul Razak saya yakin masih banyak sosok seperti beliau, yang pernah mengharumkan Indonesia di kancah dunia yang nasibnya kurang lebih sama," terang David Syam.

"Tidak usah saling menyalahkan kesana kemari, yok kita bantu pahlawan yang telah mengharumkan nama bangsa semampu kita," tandas akun @AlamTortelini.