Brilio.net - Mendapati warung dibobol maling tentu jadi momen yang tidak diharapkan semua orang. Kerugian dan rasa kesal bisa datang melihat kejadian tersebut. Terlebih lagi di situasi pandemi Covid-19, mungkin ada banyak orang yang berjuang untuk mempertahankan usahanya. Namun situasi ini berbeda saat dihadapi oleh seorang warga Klaten, Jawa Tengah. Penjual soto itu justru memberikan sikap tak terduga untuk maling yang membobol warungnya.

Wanita bernama Supartini Sasmitaa itu melaporkan bahwa ia kehilangan 3 tabung gas yang dibawa oleh pencuri. Selain itu, kotak amal yang tersimpan di warung tersebut juga digasak oleh orang tidak bertanggung jawab itu. Aksi tersebut diketahui terjadi di area Kalikotes, Klaten.

"Sekedar info lur..Telah terjadi pencurian 3 tabung gas dan kotak amal di warung soto YuPaR depan Puskesmas Kalikotes (Tambak sari, gemblengan, Kalikotes)," tulisnya.

Pemilik warung beri beras untuk maling © Facebook

foto: Facebook/Supartini Sasmitaa

Bukannya melaporkan pada kepolisian, Supartini justru mencoba memahami keadaan maling itu. Melalui unggahan di akun Facebook Info Seputar Klaten - ISK, wanita berhijab itu menyampaikan bahwa ia ikhlas dan mendoakan agar barang curian tersebut bisa bermanfaat.

"Bagi siapapun anda yg telah mengambilnya, semoga bermanfaat. Saya tahu mungkin Anda keluarga Anda membutuhkan biaya hidup untuk beli beras atau kebutuhan yg lain," tambahnya.

Meskipun kondisi kotak amal dan area pintu pada warung milik Supartini mengalami kerusakan, namun ia mencoba ikhlas dengan kejadian tersebut. Tak hanya sampai di situ saja, Supartini menawarkan sekarung beras untuk pelaku pembobol warung sotonya.

"Misalkan masih kurang /butuh silahkan Hubungi saya, ada satu karung beras buat anda Matur nuwun..," begitu tutup Supartini.

Pemilik warung beri beras untuk maling © Facebook

foto: Facebook/Supartini Sasmitaa

Sikap yang ditunjukkan wanita itu pun sontak membuat banyak orang terkesima. Tak sedikit yang mengungkapkan rasa kagum kepada keikhasan Supartini. Pesan yang disampaikan Supartini pun mendapat banjiran komentar dari para warganet.

"Selalu ada hikmah dibalik setiap peristiwa...sehat dan semangat trs nggih bu...," kata Parti Harini.

"Apapun komen di sini...saya pribadi salud sama pemilik tabung gas...yg lapang dada...smoga sllu sehat dan dimudahkan dlm sgala hal...aamiin," tambah Pay Jo Pay.

"Astaghfirullah,sabar mbak par insyaAlloh dpt ganti yg LBH bila ikhlas," imbuh Aldi.

(brl/guf)

(brl/guf)