Brilio.net - Masih hangat di ingatan kita berita kematian seekor lumba-lumba yang diduga dehidrasi setelah dipaksa foto selfie wisatawan di pantai Santa Teresita, bagian timur laut Buenos Aires, Argentina. Kini ada seekor burung merak mati setelah pengunjung memaksa untuk berfoto selfie. Kejadian ini terjadi di sebuah kebun binatang di barat daya China. Tak hanya memaksa ikut selfie, seperti dilaporkan Yunan Wild Animal Park, para turis bahkan juga mencabuti bulu-bulu merak itu. Tak berapa lama, foto pengunjung yang memegang merak itu sudah muncul di Weibo.

Insiden ini terjadi pada 12 Februari lalu. Juru bicara kebun binatang, Bai, mengatakan kepada Huaxi Metropolis Daily sesuatu seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya. Ia juga menegaskan petugas telah memperingatkan supaya para pengunjung tak menyentuh burung merak itu. Ada dugaan para pengunjung berhasil mengajak merak berfoto akibat merayunya dengan makanan. Lalu, setelah mendekat, mereka menarik ekor si merak.

Penjaga kebun binatang yang mengetahui kejadian itu sempat bergegas menghentikan ulah para pengunjung yang tengah memeluk beberapa ekor merak. Tapi salah satu dari merak itu, pejantan berusia 5 tahun yang amat cantik, mati ketakutan setengah jam setelah kejadian tersebut.

Hingga kini pihak kebun binatang belum mengatakan apakah akan mengajukan tuntutan kepada para pengunjung. Dr Li, seorang dokter hewan di Kunming East Hospital, mengatakan kepada City Times bahwa merak gampang mati akibat ketakutan. Mereka juga mudah terkena serangan jantung jika mendapatkan guncangan yang besar.

"Hewan pemalu lainnya seperti kelinci juga sama rapuhnya dengan merak," ujar Dr Li, seperti dilansir brilio.net dari Mashable, Selasa (23/2).

Duh miris ya, Guys! Semoga kejadian seperti ini tak pernah terulang lagi.