Brilio.net - Menonton langsung artis, band, atau DJ kesukaan kamu itu bisa menjadi suatu pengalaman yang tidak terlupakan. Ini benar-benar berbeda dengan ketika kamu menonton musik di televisi atau streaming video di internet. Memang benar, sih, kalau kamu menontonnya dari layar kaca, rasanya itu lebih santai, nyaman dan bisa dilakukan dari mana saja, kapanpun kamu mau. Tetapi, jika kamu datang langsung ke lokasi tempat diadakannya konser tersebut, pasti akan merasakan sensasi yang berbeda. Rasanya tidak akan sama dengan menonton video. Salah satunya, kamu bisa membeli tiket DWP, Djakarta Warehouse Project, yang dilaksanakan mulai 13-15 Desember 2019.

Jika belum pernah menonton konser, pasti ada perasaan campur aduk yang muncul dalam diri kamu ketika melihat video acara tersebut sedang berlangsung. Ada begitu banyak penonton, semuanya riuh, musisinya bermusik dengan lepas dan suasananya memang terkesan hingar-bingar. Sesekali kamu juga akan melihat penonton ikut bernyanyi sambil melambaikan tangan mereka. Terkadang, artis yang sedang tampil juga mengajak penontonnya untuk berkomunikasi, selain menyanyi bersama. Kamu mungkin hanya bisa membayangkan saja seperti apa rasanya jika berada di sana langsung.

Maka dari itu, belum lengkap pengalaman hidup kamu tanpa pernah mengunjungi konser musik live, paling tidak sekali saja seumur hidup. Tanpa bermaksud berlebihan, namun ketika kamu menghadiri sebuah konser, maka rasanya seperti memasuki dimensi lain. Ini karena kamu bisa berinteraksi langsung dengan artis dan musisi yang tampil membawakan lagu mereka di atas panggung. Kamu juga dapat bertemu penonton lain yang jumlahnya ribuan. Kamu jadi tahu bahwa benar-benar ada orang lain, yang jumlahnya sebanyak itu, sama-sama menyukai musik yang kamu suka. Perasaan tersebut akan sulit digambarkan dengan kata-kata.

Kamu tidak akan mengira bahwa menonton konser musik itu lebih dari sekedar bersenang-senang. Rasanya, kamu benar-benar menghabiskan waktu untuk kegiatan yang bermanfaat sungguhan. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menonton konser musik langsung:

Loading...

1. Banyak bergerak layaknya berolahraga

Kalau kamu pergi menonton konser, pasti tidak hanya duduk atau berdiri diam. Apalagi, kebanyakan konser musik digelar dengan memberikan kesempatan kepada penontonnya untuk berdiri sambil menikmati pertunjukan tersebut. Lagipula, selama konser berlangsung, kamu pasti akan ikut bernyanyi, melompat dan menghentakkan kaki mengikuti irama musik yang sedang dimainkan. Ini sama seperti sedang melakukan olahraga. Apalagi, kalau kamu menonton konsernya hingga berjam-jam. Kamu jadi membakar kalori dengan banyak bergerak seperti ini. Bahkan, kalau kamu ikut nge-dance dengan intensif sambil mengikuti lagunya, kamu bisa membakar hingga 400 kalori dalam satu jam.

2. Membantu mengurangi stres

Salah satu manfaat yang paling utama dan pasti akan kamu rasakan dengan menonton konser musik yaitu dapat mengurangi stres yang dialami. Kamu bisa menikmati keseruan musik tersebut dan tanpa terasa stres kamu ikut menghilang secara perlahan. Ini karena pertunjukan musik terbukti mampu melepaskan kortisol, sejenis senyawa kimia yang biasa dikenal sebagai hormon stres. Berdasarkan hasil studi Imperial College London yang dilakukan terhadap 117 aplikan, ditemukan bahwa partisipan mengalami penurunan kortisol. Selain itu, kecepatan denyut jantung, tekanan darah, semuanya juga ikut menurun. Nafas juga menjadi lebih tenang, terutama kalau musik yang didengarkan adalah musik yang tenang dan instrumental.

3. Dapat meningkatkan mood seketika

Kalau setiap hari merasa hidup kamu selalu menyenangkan, maka akan tiba waktunya itu jadi terasa membosankan. Hari yang asyik tidak akan terasa demikian jika kamu tak pernah mengalami ketidakseruan sama sekali. Maksudnya begini, pasti ada saja satu atau dua hari dalam seminggu di mana kamu mengalami mood yang benar-benar terasa tidak enak. Mungkin saja ada janji kencan yang batal, atau bos memarahi kamu, sehingga di hari tersebut rasanya kamu ingin mengungkapkan kekesalan kepada siapa saja. Maka dari itu, pergi ke konser musik yang biasanya diadakan pada saat weekend, bisa menjadi sebuah mood booster yang sangat baik. Di konser, apalagi yang digelar pada malam hari, cahaya lampunya, lalu energinya, hingga suara petikan gitar atau gebukan drumnya, semuanya bisa membuat kamu merasa bahagia seketika. Kamu pun akan langsung tersenyum dibuatnya.

4. Ikatan kebersamaan yang terasa kuat

Jika kamu pergi ke konser musik, akan merasakan betapa besar rasa kebersamaan yang ada di sana. Kerumunan penonton yang begitu banyak akan membawa perasaan hangat, seakan kamu dan semua orang di situ sudah saling mengenal. Apalagi, kalau kamu menonton konser yang jumlah penontonnya mencapai ribuan, bahkan hingga belasan atau puluhan ribu orang. Bayangkan orang sebanyak itu berkumpul di satu tempat, untuk sama-sama mendengarkan musik di konser tersebut. Jadi, kamu dan semua penonton yang ada terjalin dalam ikatan kebersamaan, yang didasari kecintaan kamu dan mereka terhadap musik. kamu akan merasakan kebersamaan dalam satu komunitas yang tidak pernah kamu rasakan dalam keseharian kamu.

2 dari 3 halaman

5. Menjadi orang yang lebih bahagia

Menurut studi Universitas Deakin di Australia pada Juni 2016, diketahui bahwa orang-orang yang sering pergi ke konser musik itu merasa lebih bahagia dalam kehidupan sehari-hari mereka, dibandingkan dengan orang yang tidak sering mengunjungi konser. Studi tersebut dilakukan kepada 1.000 partisipan. Selain yang telah disebutkan tadi, terbukti juga bahwa menonton konser musik dapat meningkatkan kualitas hubungan di antara orang-orang yang sama-sama menghadiri acara tersebut. Jadi, sesama penonton yang hadir dalam satu konser musik bisa menjalin hubungan baik yang berlkamuskan kebahagiaan.

6. Mengenal musik baru untuk didengarkan

Kamu tentu tahu bahwa ada begitu banyak jenis musik di luar sana, dan semuanya tidak dapat kamu jangkau begitu saja, karena kamu belum pernah mendengarkannya. Nah, ketika kamu mengunjungi sebuah konser musik musisi kesukaan kamu, biasanya ada satu atau dua artis yang menjadi support untuk bintang utamanya. Jadi, artis tersebut akan membuka konser dengan musik mereka, yang biasanya memang tidak seterkenal karya musisi yang merupakan bintang utama konsernya. Nah, dari sinilah kamu bisa menikmati kesempatan untuk mendengarkan musik yang benar-benar baru. Namun, musiknya memang masih setema dengan musik yang kamu sukai seperti karya musisi kesukaanmu. Belajar musik baru seperti ini juga ikut menambah wawasan kamu, lho.

7. Menemukan sebuah inspirasi penting

Pernahkah kamu merasa bahwa kamu ingin sekali belajar memainkan alat musik, namun sepertinya sulit mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk melakukannya? Menonton konser adalah cara yang tepat untuk menumbuhkan motivasi kamu tersebut. Saat kamu benar-benar menikmati musik secara maksimal di konser, sambil melihat para artis dan musisi kesukaan kamu memainkan alat musiknya, di mana kamu juga ikut bernyanyi bersama sambil menari dan menghentakkan kaki, ini semua menciptakan adrenalin yang juga membuat kamu terpacu, untuk menciptakan sebuah perjalanan musik kamu sendiri. Dari sini kamu akan merasa termotivasi untuk belajar main musik, agar bisa menikmati keseruan bermusik dengan gaya kamu sendiri.

8. Menjadi sumber energi yang luar biasa

Ketika pergi ke konser musik, maka kamu perlu mengantre saat akan masuk. Bisa jadi antrean tersebut hingga berjam-jam lamanya. Lalu kamu akan diberikan hand stamp atau wristband baru kemudian dipersilahkan masuk ke venue. Nah, pada saat melangkah masuk itulah, kamu pasti akan merasakan dorongan energi yang begitu besar. Kamu memasuki area yang luas, bersama ribuan penonton lain, dan kamu tahu akan bersenang-senang habis-habisan bersama lautan manusia di sana. Energi inilah yang merilis dopamin dalam jumlah besar. Dopamin merupakan senyawa yang berfungsi untuk menciptakan perasaan bahagia. Maka dari itu, kamu pasti merasakan diri berapi-api dan penuh energi.

3 dari 3 halaman

9. Membantu meredakan rasa sakit

Sebuah studi yang dikemukakan Dr. Steven Eisenburg di San Diego, menemukan fakta bahwa aktivitas mendengarkan musik secara langsung seperti di konser, bisa secara proaktif menghasilkan efek analgesik pada sejumlah orang. Ini membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan tubuh mereka. Hal ini bisa terjadi karena otak kita melepaskan endorfin dan dopamin ketika kita sedang berada di konser musik, di mana keduanya merupakan sejenis senyawa yang bisa menciptakan perasaan bahagia. Jadi, dengan demikian rasa sakit pada tubuh kamu pun jadi mereda secara perlahan.

10. Menjadi momen untuk refleksi diri

Saat mendengarkan musik apalagi yang merupakan favorit kamu, tentu ini membuat kamu langsung teringat berbagai momen dan hal yang sudah kamu lalui selama ini. Apalagi, kalau pada saat-saat berharga, kamu mendengarkan musik yang sedang ditampilkan di konser tersebut. Rasanya seperti membuka kembali album kenangan yang berisikan memori kamu tentang berbagai hal di masa lalu. Tanpa disadari, ini menjadi sebuah momen yang tepat bagi kamu untuk merefleksikan diri. Sembari mendengarkan musik di konser, kamu merasakan kembali rasa senang, terharu, emosional, yang pernah kamu rasakan. Kamu jadi menyadari betapa berdinamikanya kehidupan kamu. Tiba-tiba saja kamu akan menghargai hari-hari yang sudah pernah kamu lalui. Rasanya, seperti membuat kamu bersyukur.

11. Kesempatan emas bertemu langsung dengan idola

Bayangkan ada berapa hari dalam setahun atau bahkan seumur hidup, kamu berkesempatan ketemu langsung dengan musisi idola kamu? Kecuali kamu bekerja sebagai jurnalis musik atau presenter berita atau lainnya di bidang industri hiburan, Hanya sedikit orang memiliki kesempatan ini, maka kamu tidak mungkin akan sering bertemu dengan artis idola. Inilah salah satu hal yang paling seru dan membuat kamu takjub sendiri, karena di konser musik tersebut kamu akhirnya bertemu dengan artis yang kamu idolakan setengah mati. Bahkan, kamu bisa bertatap muka dalam event fansigning dan tidak menutup kemungkinan mendapatkan tanda tangan mereka, sambil mengobrol sedikit-sedikit. Wah! Benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan. Mungkin, jika kamu baru pertama kali ke konser nanti, kamu tidak akan bisa tidur setelah pulang.

Bagaimana, luar biasa, kan, manfaatnya pergi ke konser musik untuk menontonnya secara langsung? Kegembiraan yang kamu rasakan di sana tidak ternilai, dan pengalaman tersebut menjadi salah satu yang paling luar biasa seumur hidup.