Brilio.net - Musik adalah salah satu hiburan yang sangat digemari masyarakat semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa begitu menyukainya. Kebanyakan orang menilai musik biasanya mampu membangkit mood serta bisa menyuarakan perasaan yang tengah di alami saat ini.

Para penyanyi sebuah lagu itu sendiri dikenal sebagai beberapa kelompok. Ada girlband/boyband, penyanyi solo, dan grup band. Pada umumnya, band terdiri dari beberapa personel yakni vokalis, bassis, gitaris, dan drummer.

Dalam sebuah grup band, pergantian seorang personel sebenarnya merupakan hal wajar. Karena satu dan banyak alasan lainnya, satu per satu personel memilih keluar dan berpisah dari grup band yang telah membesarkan namanya.

Namun, hal tersebut tampaknya tak berlaku pada grup band ini. Di tengah puncak kariernya, mereka harus kehilangan para personelnya untuk selama-lamanya karena musibah yang tak pernah di duga. Musibah ini terjadi saat konser tengah berlangsung atau ketika baru selesai manggung.

Tak ayal, luka mendalam begitu dirasakan di belantika musik. Meski demikian, karya-karya para musisi ini akan selalu dikenang tidak lekang oleh waktu. Berikut grup band yang pernah tertimpa musibah di momen konser, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (26/12).

Loading...

1. Seventeen.

band terkena musibah © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ifanseventeen

Belum lama, dunia hiburan Tanah Air harus berduka. Pasalnya, tiga dari empat personel grup band Seventeen meninggal dunia dalam musibah tsunami yang melanda perairan Selat Sunda, Sabtu (22/12). Kala itu grup band yang terdiri dari Ifan (vokalis), Herman (gitaris), Bani (bassis) dan Andi (drummer) ini mengisi acara gathering keluarga PLN di Pantai Tanjung Lesung.

Namun di tengah konser berlangsung, lokasi tersebut digulung ombak akibat erupsi Gunung Anak Krakatau. Akibatnya, Seventeen juga menjadi korban dalam musibah dan merenggut nyawa ketiga personelnya. Dan kini yang tersisa hanya satu personel yakni Ifan seorang.

2. Viola Beach.

band terkena musibah © 2018 brilio.net

foto: independent.co.uk

Keempat anggota grup band Viola Beach beserta manajernya meninggal dunia akibat kecelakaan tunggal di Swedia. Band asal Inggris yang digawangi oleh Kris Leonard (gitaris dan vokalis), River Reeves (gitaris), Tomas Lowe (bass), dan Jack Dakin (drummer) mengalami kecelakaan setelah mobil yang ditumpanginya terjun bebas dari jembatan.

Sebelumnya, banyak rumor yang menyebut mobil yang ditumpanginya menabrak pembatas jalan dan mengakibatkan terjungkal ke dalam sungai. Diketahui kelimanya saat itu tengah dalam perjalanan menuju festival musik dan menjadi bintangi di Norrkoping.

BACA JUGA: Jatuh bangun karier Seventeen di industri musik Tanah Air

3. Cliff Burton.

band terkena musibah © 2018 brilio.net

foto: rocknrollinsight.com

Bassis Metallica, Cliff Burton menjadi korban dalam kecelakaan bus pada 27 September 1986 silam. Pada malam sebelumnya, Metallica diketahui sedang melakukan perjalanan tur di Swedia mengenakan bus. Namun pada pagi harinya, bus yang ditumpangi grup ini tergelincir dan menyebabkan Cliff meninggal dunia.

4. Stevie Ray Vaughan.

band terkena musibah © 2018 brilio.net

foto: istimewa

Nama Stevie Ray Vaughan mungkin sudah tak asing lagi bagi penikmat musik dunia. Ia merupakan seorang gitaris blues legendaris asal Amerika Serikat. Saat itu Stevie sudah tergabung dalam grup Stevie Ray Vaughan & Double Trouble yang beranggotakan SRV (gitar/vokal), Tommy Shannon (bass) dan Chris Clayton (drum).

Stevie meninggal dunia di dalam perjalanan pada 27 Agustus 1990 menuju Chicago dalam kecelakaan helikopter yang ditumpanginya. Sebelumnya pada tanggal 26 Agustus, SRV & Double Trouble menjadi band pembuka di konser Eric Clapton di Wisconsin.