Brilio.net - Drama Korea seakan tak pernah ada habisnya. Kalau dahulu lebih sering mengangkat tema yang berkisah tentang pewaris tahta yang jatuh cinta pada orang bisa, kini mengangkat tentang segala sisi kehidupan. Misalnya, tentang sejarah, kehidupan sekolah hingga kehidupan tentang pekerjaan seseorang.

Terkadang kita juga malah bisa mengetahui dan mengenal lebih dekat dengan pekerjaan-pekerjaan yang diangkat dalam drama Korea. Biasanya beberapa drama mengangkat dan mengisahkan tentang pekerjaan yang berkaitan dengan pelayanan publik, seperti dokter, polisi, jaksa dan lainnya. Namun, ternyata drama Korea juga mengangkat pekerjaan-pekerjaan unik dan antimainstream yang jarang diketahui banyak orang-orang.

Drama itu bahkan memang sengaja mengangkat khusus lika-liku kehidupan pekerjaan yang antimainstream yang juga dibumbui dengan romansa cinta. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta drama Korea. Berikut delapan drama Korea ini mengakat tema pekerjaan, unik dan antimainstream, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (9/9).

1. Madame Antonie.

 8 Drama Korea ini mengangkat tema pekerjaan asianwiki

Loading...

foto: asianwiki

Drama Korea Madame Antonie bergenre komedi-romantis yang bercerita tentang psikologis. Go Hye-rim yang dibintangi oleh Han Ye-seul memanfaakan pemahaman psikologis dan kekuatan intuisinya, menjadikan dia seorang peramal terkenal. Dia dikenal sebagai Madame Antonie dan mengaku terhubung dengan roh Marie Antonie. Namun ternyata semuanya hanyalah dusta. Suatu ketika Go Hye-rim mengikuti tes psikologi yang dibuat oleh seorang psikoterapi bernama Choi Soo-hyun yang diperankan oleh Sung Joon. Intrik persainganpun dimulai, Soo-hyun merasa geram dan menjebak Go Hye-rim.

2. Where Stars Land.

 8 Drama Korea ini mengangkat tema pekerjaan asianwiki

foto: asianwiki

Pekerjaan di bandara identik dikenal dengan profesi pilot dan pramugari. Namun drama Korea kali ini mengangkat tentang sistem manajemen bandara. Where Stare Land dibintangi Lee Je-hoon dan Chea Soo-bin. Lee Je-hoon sedang melakukan kerja magang selama enam bulan di Bandara Incheon, ia bertemu dengan Chea Soo-bin yang menjadi karyawan baru di bagian pelayanan penumpang. Dalam drama ini pelayanan penumpang adalah bagian yang paling sering disoroti. Beberapa masalah seperti keluhan penumpang, paspor palsu, hingga pelayanan penumpang yang menjadi korban kecelakaan pesawat diangkat dalam film ini.

3. Modern Farmer.

 8 Drama Korea ini mengangkat tema pekerjaan asianwiki

foto: asianwiki

Modern Farmer bercerita tentang grup band rock Excellent Souls, biasa disebut ExSO. Mereka terdiri dari empat personel yaitu Lee Minki(Lee Hong-gi), Kang Hyeok (Park Min-woo), Yoo Han-cheol (Lee Si-eon) dan Han Ki-joon (Kwak Dong-yeon). Suatu hari band ExSO memutuskan hidup dan pindah di sebuah desa untuk mengolah sawah milik Lee Minki. Keseruan dimulai ketika ia dan teman-temannya menjadi petani kubis, namun tidak tahu cara bertani dan mengolah sawah.

4. Don't Dare To Dream.

 8 Drama Korea ini mengangkat tema pekerjaan asianwiki

foto: Instagram

Drama Don't Dare To Dream rilis pada tahun 2016 lalu. Menceritakan persaingan yang kompetitif antara pembawa acara dengan peramal cuaca yang bekerja sama untuk acara berita televisi. Pyo Na-ri yang dibintangi Gong Hyo-jin adalah seorang peramal cuaca dari latar belakang sederhana, dan koneksi industrinya kurang. Sedangkan Lee Hwa-shin seorang pembaca berita yang ganteng dan cerdas.

5. Prison Playbook.

 8 Drama Korea ini mengangkat tema pekerjaan asianwiki

foto: asianwiki

Drama ini mengisahkan tentang orang-orang di dalam tahanan. Karakternya antara lain tahanan, para staf dan penjara di sebuah penjara. Drama ini menceritakan tentang Kim Jae-Hyuk diperankan Park Hae-so yang hidupnya berubah 360 derajat dari seorang bintang bola basket menjadi seorang tahanan dalam satu malam. Drama Prison Playbook juga mengenalkan dan mengangkat kehidupan tahanan mulai dari sisi lain kehidupan antara narapidana dan bagaimana sipir tahanan merawat tahanan.

6. Let's Fight Ghost.

 8 Drama Korea ini mengangkat tema pekerjaan asianwiki

foto: Iasianwiki

Drama Korea ini bercerita tentang suatu kehidupan hantu dengan pengusir setan yang hidup bersama pasangannya di sebuah apartemen. Seorang bernama Hyun Ji (diperankan Kim So-hyun) meninggal karena kecelakaan dan kemudian menjadi hantu yang gentayangan. Hyun Ji pun dipertemukan dengan seorang pengusir setan bernama Park Bong-pal. Park Bong-pal menjadi pengusir setan bagi masyarakat yang ketakutan dengan harga 1 juta won.

7. Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo.

 8 Drama Korea ini mengangkat tema pekerjaan asianwiki

foto: asianwiki

Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo menceritakan tentang seorang bernama Kim Bok-joo, atlet angkat besi perempuan berusia 20 tahun. Dalam drama ini menjelaskan pula bagaimana usaha dan semangat luar biasa di balik kesuksesan di dunia olahraga yang kompetitif. Selain itu juga dibumbui tentang cita dan cinta para atlet muda perguruan tinggi.

8. Voice.

 8 Drama Korea ini mengangkat tema pekerjaan asianwiki

foto: asianwiki

Drama Korea Voice bercerita tentang kehidupan anggota kepolisian dari pusat panggilan darurat 112 Korea Selatan. Mereka menyelamatkan penelepon yang sedang dalam bahaya, hanya dalam waktu 10 menit. Drama ini dibintangi Lee Ha-na yang menjadi kepala Tim Golden Time dengan ketua tim lapangan Lee Jin-wook. Lee Ha-na dikenal dengan kemampuannya mendengar suara-suara di telinganya yang tidak dapat didengarkan orang lain. Kasus yang diangkat pun bermacam-macam seperti perampokan, penganiayaan, hingga pembunuhan.