Brilio.net - Sebelum dikenal karena beragam sikap kontroversinya, Ratna Sarumpaet merupakan seorang seniman yang melahirkan berbagai karya terkenal. Ratna dikenal sebagai sutradara, dan penulis.

Ratna Sarumpaet berhasil dengan karyanya yang berjudul Jamila dan Sang Presiden. Karya ini diangkat dari kisah nyata di Indonesia. Jamila tiba-tiba saja menjadi berbincangan hangat karena dikabarkan telah membunuh seorang menteri. Proses pembuatan film ini membutuhkan waktu tiga tahun untuk pengumpulan datanya.

Setelah dirilis pada 30 April 2009, Jamila mendapat respons luar biasa dari masyarakat Indonesia, dan membuat haru penontonnya. Karya Ratna ini pula dihargai hingga kancah internasional. Berikut fakta menariknya dikutip dari berbagai sumber, Jumat (5/10).

1. Diadopsi dari teater karya sendiri.

film ratna Istimewa

Loading...

foto: Istimewa

Tahun 2007, Ratna Sarumpaet menyadurkan naskah dramanya berjudul Pelacur dan Sang Presiden ke dalam skenario film berjudul Jamila dan Sang Presiden.

2. Naskah ditulis sendiri dan di sutradarai sendiri.

film ratna Istimewa

foto: Istimewa

Film hebat ini ditulis dan langsung disutradarai sendiri oleh Ratna Sarumpaet. Ratna menghabiskan berbulan-bulan untuk melakukan wawancara dengan PSK dari berbagai kota, demi karya yang maksimal.

3. Raih berbagai penghargaan internasional.

film ratna Istimewa

foto: Istimewa

Film garapan Ratna mendapat sorotan publik dan menjadi film terbaik pada masa itu, masuk dalam ajang Academy Award ke-82 untuk kategori film berbahasa asing terbaik. Walaupun gagal masuk ke nominasi Oscar karena kalah bersaing dengan film luar lainnya, Ratna tetap bangga karyanya. Namun, penghargaan didapat Ratna dari NETPAC Award di Roma, young Prize dan Public Prize di Prancis.

4. Dibintangi anaknya sendiri, Atiqah Hasiholan.

film ratna Istimewa

foto: kapanlagi.com

Kesuksesan film ini tak lepas dari pemeran utamanya, yaitu dibintangi langsung oleh putri kandungnya Atiqah Hasiholan. Berperan sebagai Jamila, Atiqah mempelajari benar bagaimana wanita malam bekerja. Sosok Jamila diperankan dengan baik oleh Atqah Hasiholan.

5. Diangkat dari kisah nyata tentang PSK.

film ratna Istimewa

foto: Istimewa

Film ini diangkat dari sisi seorang Jamila yang merupakan korban perdagangan manusia, serta diimbangi dengan beberapa adegan kehidupan malam. kisah yang diangkat oleh Ratna menceritakan bagaimana wanita harus bekerja menjadi wanita malam.

6. Dibintangi artis ternama.

film ratna Istimewa

foto: kapanlagi.com

Selain Atiqah Hasiholan, artis terbaik ikut ambil adil dalam film Jamila dan Sang Presiden. Diantaranya: Fauzi Baadillah, Marcellino Lefrand, Adjie Pangestu, Cristine Hakim, Eva Celia Latjuba, Ria Irawan,Dwi Sasono dan beberap artis lainnya.

7. Bermula dari hibah UNICEF ke Ratna.

film ratna Istimewa

foto: istimewa

Film ini berawal dari Ratna mendapat hibah dari UNICEF untuk mengangkat perdagangan anak yang sangat mawak, serta menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat mengenai permasalahan tersebut. Dengan sigap, beberapa bulan kemudian Ratna mempersiapkan skenario tersebut.