Brilio.net - Setelah heboh cerita hoax, aktivis Ratna Sarumpaet akhirnya diciduk polisi di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis malam (4/10). Ratna ditangkap saat dirinya akan meninggalkan Indonesia untuk menuju Chile.

Ratna mengaku menuju Chile untuk menghadiri konferensi penulis wanita internasional. Ia juga menceritakan kepada polisi bahwa diberangkatkan oleh Pemda DKI Jakarta.

"Ke Chile. Jadi karena kami dapat info akan berangkat malam ini, sehingga kami cegah. Selanjutnya penyidik yang menangani," kata Kapolres Bandara AKBP Victor Togi Tambunan, seperti dilansir dari laman merdeka.

Setelah dijemput di Bandara Soekarno-Hatta, Ratna sempat diamankan di imigrasi bandara. Kemudian dibawa ke Mapolda Metro Jaya untuk diperiksa lebih lanjut. Ibunda Atiqah Hasiholan ini sudah ditetapkan menjadi tersangka dan akan dikenakan pasal 14 Undang-undang nomor 1 tahun 46 tentang Peraturan Hukum Pidana. Ia juga dijerat dengan Undang-undang ITE pasal 28 dengan ancaman 10 tahun penjara.

Ratna dilaporkan oleh sejumlah pihak ke polisi soal kabar hoax yang ia rencanakan tentang penganiayaan di Bandung, 21 September lalu. Namun setelah diselidiki, Ratna bukanlah dikeroyok. Foto wajah bengkaknya yang viral tersebut ternyata efek samping dari operasi plastik yang ia lakukan.

Loading...

Berikut ini momen-momen penangkapan Ratna Sarumpaet mulai dari penjemputan di bandara hingga dibawa ke Mapolda Metro Jaya, seperti brilio.net lansir dari berbagai sumber pada Jumat (5/10).

1. Ini video detik-detik saat Ratna dijemput di Bandara Soekarno-Hatta. Ratna yang sudah di dalam pesawat kemudian diinstruksikan untuk turun dan diamankan di ruangan imigrasi.

2. Aktivis HAM ini kemudian didampingi oleh petugas keamanan bandara.

momen penangkapan ratna © berbagai sumber

foto: merdeka.com

3. Ia kemudian diamankan di ruangan imigrasi kemudian dibawa ke Mapolda Metro Jaya untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

momen penangkapan ratna © berbagai sumber

foto: merdeka.com

4. Ratna diciduk di bandara saat dirinya hendak melakukan perjalanan ke Chile. Menurutnya ia di sana akan menghadiri acara konferensi penulis wanita internasional.

momen penangkapan ratna © berbagai sumber

foto: liputan6.com

5. Ibunda aktris Atiqah Hasiholan ini mengaku berangkat ke Chile dengan dana dari APBD DKI Jakarta sebesar Rp 70 juta.

momen penangkapan ratna © berbagai sumber

foto: liputan6.com

6. Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantoro, Ratna meminta bantuan sponsor kepada Anies Baswedan selaku Gubernur DKI untuk mengikuti kegiatan tersebut.

momen penangkapan ratna © berbagai sumber

foto: merdeka.com