×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Sinetron masa lalu ini layak difilmkan seperti Keluarga Cemara

View Image

0

BRILIO » Film

5 Sinetron masa lalu ini layak difilmkan seperti Keluarga Cemara

Sinetron jadul ini sarat nilai-nilai pembelajaran.

09 / 01 / 2019 05:31

Brilio.net - Keluarga Cemara merupakan sinetron yang laris manis ditonton pada tahun 1996 hingga 2005. Kisahnya yang menyentuh memuat banyak nilai keteladanan. Hal tersebut menjadikan sinetron ini disukai penonton di Indonesia.

Karena kepopulerannya, drama Keluarga Cemara akhirnya diangkat ke layar lebar. Film Keluarga Cemara mulai tayang di bioskop Indonesia dari tanggal 3 Januari 2019. Kisah haru drama ini pun kembali menyita perhatian masyarakat Indonesia.

Keluarga Cemara menjadi salah satu sinetron jadul yang berkualitas. Selain Keluarga Cemara, sebenarnya masih ada banyak sinetron maupun serial drama zaman dulu yang tak kalah bagus dan layak untuk diangkat ke layar lebar.

Drama apa sajakah itu? Berikut brilio.net rangkum informasinya dari berbagai sumber, Rabu (9/1).

1. Rumah Masa Depan.

sinetron jadul wikipedia

foto: YouTube/Hendro Wibowo


Sinetron Rumah Masa Depan yang tayang di TVRI pada tahun 80-an menjadi salah satu sinetron paling populer pada masanya. Sinetron yang mengangkat kisah keluarga di pedesaan Jawa Barat ini sangat edukatif dan banyak menyampaikan nilai-nilai pendidikan yang patut dicontoh.

2. Aku Cinta Indonesia (ACI).

sinetron jadul wikipedia

foto: YouTube/ZalChannels


Tak hanya Rumah Masa Depan, sinetron Aku Cinta Indonesia juga layak diangkat ke layar lebar. Drama kehidupan remaja di sinetron yang tayang tahun 80-an ini sangat berbeda dengan sinetron zaman sekarang yang banyak mengulik soal cinta. Di sinetron ACI, banyak nilai-nilai keteladanan yang disampaikan, seperti tanggung jawab, disiplin, kerja keras, dan toleransi.

3. Losmen.

sinetron jadul wikipedia

foto: istimewa


Pada tahun 80-an, penonton televisi Indonesia juga digemparkan dengan serial drama Losmen yang menceritakan kisah kehidupan Pak Broto sekeluarga yang menjadi pengelola losmen. Drama yang tayang di TVRI ini banyak diminati masyarakat karena cerita yang menarik dan akting pemeran yang berkualitas. Karena kesuksesan drama ini, maka muncullah film berjudul Penginapan Bu Broto. Meski pernah difilmkan pada tahun 1987, namun drama ini tidak ada salahnya dibuat ulang dalam bentuk reborn.

4. Buku Harian.

sinetron jadul wikipedia

foto: Facebook/Nostalgia Masa Lalu


Buku Harian menjadi salah satu sinetron fenomenal yang tayang di SCTV tahun 1994-1996. Sinetron ini mengangkat kisah sebuah keluarga yang diperankan oleh Didi Petet (ayah), Ully Artha (ibu), Dessy Ratnasari, Nia Daniati, Adjie Massaid, dan Maudy Wilhelmina yang menjadi anak-anak mereka. Film ini terbilang tontonan bertema keluarga yang bagus karena kisahnya berkaitan dengan realitas masyarakat dan tidak berlebihan layaknya sinetron sekarang.
 
5. Sengsara Membawa Nikmat.

sinetron jadul wikipedia

foto: wikipedia.org


Satu lagi drama televisi yang berhasil menarik minat masyarakat adalah sinetron Sengsara Membawa Nikmat. Sinetron yang tayang di TVRI tahun 1991 ini diangkat dari sebuah novel karya Tulis Sutan Sati. Diceritakan pemeran utama dalam sinetron ini adalah Midun, yaitu sosok pemuda Minangkabau yang sopan, baik hati, dan banyak disukai tetangganya.







Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more