Brilio.net - Siapa sih yang nggak kenal sama Unyil? Karakter boneka karya dari Suyadi atau akrab disapa Pak Raden ini telah setia menemani masa kecil anak Indonesia dari berbagai generasi. Unyil dan karakter boneka lainnya kerap menemani waktu luangmu dengan cerita-cerita segar sarat makna. Namun demikian, tahu kah kamu kapan pertama kali unyil muncul di layar TV?

Dilansir dari akun twitter @INDONESIAinLOVE, Rabu (5/4) hari ini merupakan peringatan pemutaran perdana film boneka si Unyil. Tepat pada tanggal 5 April 1981 adalah pemutaran perdana film boneka si Unyil. Unyil dan kawan-kawan telah ada sejak layar televisi masih berwarna monokrom alias hitam putih. Pada kala itu, Unyil hanya bisa ditonton di Televisi Republik Indonesia (TVRI).

unyil 36 tahun © 2017 brilio.net-foto: Twitter.com/@INDONESIAinLOVE

"Hari ini, 5 April 1981 adalah pemutaran perdana film boneka si Unyil. Melintasi jaman de tv hitam putih hingga tv layar datar #SiUnyil,"tulis akun @INDONESIAinLOVE.

Pamor dari Unyil tak lekang oleh waktu. Sejak tahun 1981 hingga 2017, telah 36 tahun Unyil dan karakter lainnya menemani dan mewarnai hiburan anak-anak Indonesia. Hingga kini, Serial Unyil masih melekat di hati anak-anak dengan format yang lebih modern. Karya mendiang Pak Raden ini telah menjadi karakter boneka yang melintasi generasi.

Loading...

unyil © 2017 brilio.net-foto: luminestudio.com/unyil

Karakter unyil masih banyak disukai anak-anak di Indonesia. Berbagai kreasi dibuat untuk mengenalkan sosok Unyil. Ada sebagian kreator yang membuat karakter unyil dalam bentuk film animasi 3D.  

unyil © 2017 brilio.net-foto: duniaku.net

Tahun 2016 film animasi Petualangan Si Unyil, digarap melalui kerja sama antara dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Perum Produksi Film Negara (PFN) dan PT Telkom Indonesia.

Proses pembuatannya melibatkan sejumlah produsen film animasi dan animator yang tergabung dalam AINAKI (Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia).