Brilio.net - Endank Soekamti, band pop punk asal Yogyakarta baru-baru ini mengeluarkan inovasi karya yang luar biasa. Setelah pernah bikin film sendiri, kini band yang digawangi oleh Erix dan Dory ini punya konten baru untuk anak-anak, yakni #SaveLaguAnak yang merilis ulang lagu-lagu anak legendaris Indonesia dengan aransemen yang fresh dan tentu saja animasi kartun yang menarik. Mereka merepresentasikannya dengan tiga ikon kartun lucu, SUPER USA yang beranggotakan Udin, Sukro dan Amir.

Lagu pertama yang mereka pilih adalah 'Paman Datang' ciptaan AT Mahmud dan sudah tayang di kanal YouTube sejak Selasa 22 November 2016. Animasi 3D-nya digarap langsung oleh mahasiswa DOES University, sekolah bakat gratis yang diinisiasi Erix Soekamti.

Sesuai namanya, sekolah ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk belajar sesuai bakat dan minat yang dimiliki. Sedangkan aransemen musiknya diserahkan langsung oleh kawan baik Endank Soekamti di Jogja, Agib Tanjung, yang berprofesi juga sebagai musisi.

Menurut Erix, video klip ini adalah hasil kolaborasi dengan para mahasiswa DOES University Generasi Pertama yang memulai masa studinya 15 Desember tahun lalu. Kesepuluh siswa tersebut pada semester kedua masa belajarnya di DOES University, selain berkewajiban membagi ilmu pada adik-adik kelas mereka dari generasi kedua, juga dituntut untuk melahirkan karya animasi 3D dalam rangka mempraktikkan pengetahuan yang telah mereka pelajari selama ini.

Super USA © 2016 brilio.net

Loading...

Sementara itu pemilihan karakter trio Super USA yang menyanyi dan menari di video klip ini bertujuan untuk dapat lebih menarik dan diterima anak-anak Indonesia.

"Harapannya, anak-anak memiliki alternatif lebih beragam dan sesuai dengan usia tumbuh kembang mereka, terutama saat mengakses media sosial melalui internet. Dengan demikian, selain jadi ajang siswa DOES University mengasah skill dan kemampuannya, proyek nirlaba kali ini juga jadi bukti tindakan nyata Endank Soekamti menyelamatkan lagu anak-anak Indonesia" kata Erix Soekamti kepada brilio.net, Jumat malam (25/11).

Untuk itu Endank Soekamti dan DOES University berencana memproduksi lagi beberapa lagu-lagu anak dan menyebarluaskannya secara gratis melalui kanal Soekamti Junior di YouTube atau bisa juga diakses lewat www.soekamtijunior.com dalam seri animasi #SaveLaguAnak.

"Yang jelas nggak akan cuma satu lagu, terus kelar gitu aja. Setelah Paman Datang, masih ada beberapa lagu lagi yang bakal saya coba bikin bareng Erix dan Dory. Pokoknya kami berdoa semoga anak-anak kita di masa depan masih bisa kenal akrab sama lagu-lagu legendaris anak Indonesia ini," ujar Agib ketika dihubungi terpisah.

Kamu belum nonton #SaveLaguAnak karya Endank Soekamti dan DOES University ini? Cek langsung video pertamanya di bawah ini. Dijamin jempolan!