Brilio.net - Bagi seorang fotografer momen adalah hal yang sangat penting. Tapi mendapatkan momen yang benar-benar pas pada suatu kejadian memang sangatlah sulit. Untuk itu kadang orang menambahkan pemanis untuk hasil jepretan mereka. Contohnya saja mengedit menggunakan Photoshop atau software pengedit gambar lainnya.

Tapi sayangnya ada beberapa kasus fotografer yang memanipulasi hasil jepretan mereka untuk diikutkan pada kontes foto. Padahal peraturan pada kontes tersebut melarang untuk mengedit sama sekali. Ada juga kasus fenomenal foto utama sebuah surat kabar yang ternyata melalui proses Photoshop terlebih dahulu.

Karena kasus tersebut, foto yang seharusnya menyandang predikat terbaik harus rela dihapus peredarannya. Fotografer yang bersangkutan juga dikenai sanksi. Berikut ini 7 foto terbaik yang dihapus peredarannya akibat menggunakan Photoshop yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/12).

1. Tentara Suriah

manipulasi foto berbagai sumber

Loading...

foto: ap.org

Foto ini diambil oleh fotografer lepas Narciso Contreras. Foto ini lalu diikutkan pada Penghargaan Pulitzer 2013, penghargaan tertinggi di bidang jurnalisme, dan ternyata memenangkan peringkat satu pada kategori spot news.

Namun kantor berita tempat Narciso bekerja memberitahukan bahwa foto itu telah melalui proses editing sebelumnya. Pada foto aslinya, ada kamera milik rekannya yang ikut terfoto di bagian kiri bawah gambar.

Lalu Narciso menghilangkan kamera tersebut dengan bantuan Photoshop. Akhirnya fotografer lepas ini dipecat dan fotonya dihapus dari database.

2. Pemadam kebakaran dan sinar matahari

manipulasi foto berbagai sumber

foto: listverse.com

Foto pemadam kebakaran yang sedang berjalan di bawah pancaran sinar matahari ini sempat menjadi foto utama pada surat kabar The Charlotte Observer. Namun Rick Thames sang fotografer ternyata telah melakukan manipulasi pada warna langit dan sinar mataharinya.

Rick memberikan pembelaan bahwa ia tidak bermaksud untuk menipu masyarakat, ia hanya sedikit mencerahkan warna dari foto tersebut. Namun meski begitu, perusahaan surat kabar yang bersangkutan tetap memberikan sanksi dengan memberhentikannya.

3. Perang Iraq

manipulasi foto berbagai sumber

foto: latimes.com

Pada April 2003, foto ini sempat menghiasi beberapa surat kabar besar di Amerika seperti Hartford Courant dan Chicago Tribune. Foto ini diambil oleh fotografer LA Times, Brian Walski, pada saat perang Iraq.

Foto ini merupakan gabungan dari dua foto dengan tempat yang sama namun momennya berbeda. Setelah diselidiki oleh pihak Courant, akhirnya Walski mengakui telah memanipulasi foto tersebut.

4. Potret pekerja seks India

manipulasi foto berbagai sumber

foto: australianphotography.com

Souvid Datta memenangkan kompetisi foto dengan potret tiga pekerja seks India yang sedang berada di dalam satu ruangan. Namun ternyata satu dari tiga pekerja seks dalam foto tersebut adalah hasil Photoshop. Ia menggabungkan sosok wanita yang ada pada foto dari karya fotografer lain bernama Marry Ellen Mark.

5. Pesawat di atas tangga

manipulasi foto berbagai sumber

foto: Facebook/nikon

Tahun lalu Chay Yu Wei berhasil memenangkan sebuah penghargaan dari Nikon. Ia mengambil momen pesawat yang sedang terbang melewati atas kepalanya saat ia sedang menaiki sebuah tangga. Namun warganet langsung mengetahui bahwa foto tersebut adalah hasil editan.

Mereka membuktikan dengan menurunkan cahaya dari hasil foto Yu Wei, maka akan terlihat bahwa pesawat tersebut merupakan 'tempelan'. Akhirnya Nikon membatalkan status pemenang Yu Wei.

6. Sebuah dermaga

manipulasi foto berbagai sumber

foto: petapixel.com

Kontes foto National Geographic 2012 memberi juara pertama pada foto yang dihasilkan oleh Harry Fisch. Tujuh puluh dua jam setelah pengumuman itu, National Geographic langsung mendiskualifikasi sang pemenang.

Usut punya usut, ternyata Fisch melakukan sedikit editing pada fotonya. Yaitu hanya menghilangkan satu buah sampah plastik saja. Namun pihak penyelenggara tidak menolerir, mereka memberi pendapat bahwa harusnya sampah itu di-crop saja jangan dihilangkan dengan teknik editing.

7. Roket di pangkalan militer Iran

manipulasi foto berbagai sumber

foto: bbc.com

Tidak melulu tentang kontes foto namun ternyata pihak militer Iran pernah melakukan editing foto yang hasilnya membuat gempar dunia. Yaitu ketika peluncuran roket menuju Israel. Saat itu rencananya mereka akan meluncurkan empat buah roket, namun hanya tiga yang berhasil meluncur. Pihak Iran pun mengedit foto tersebut dan membuat roket yang gagal menjadi berhasil meluncur.