Brilio.net - Biasanya proses daur ulang dilakukan dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna. Lebih dari itu, dengan adanya daur ulang dapat mengurangi polusi, kerusakan lahan dan emisi gas rumah kaca. Namun terkadang proses yang menguntungkan tersebut dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu dengan tujuan yang berkebalikan. Dan tentu saja sangat disayangkan oleh para ahli dan pemerhati lingkungan.

Sama halnya dengan kisah pabrik daur ulang popok berikut ini. Sebuah pabrik bawah tanah yang terletak di daerah Tancheng, Shandong di China diketahui telah mendaur ulang popok lama untuk memproduksi popok yang baru.

Berdasarkan laporan yang brilio.net kutip dari Viral4Real, Senin (20/3), pabrik tersebut menggunakan kembali kapas dalam popok orang dewasa yang lama untuk memproduksi popok baru, kemudian membuat kemasan baru, menempelkan merek dan dijual dengan harga yang rendah.

Menurut pengakuan orang-orang yang tinggal di dekatnya, pabrik tersebut diselubungi bau yang sangat busuk. Hingga pada akhirnya mengganggu banyak warga sekitar.

Untung saja, kegiatan ilegal tersebut berhasil terungkap setelah seorang wartawan menyadari adanya kesenjangan harga yang jauh berbeda antara merek popok yang dijual di pasaran.

Berikut foto-foto kondisi popok yang didaur ulang di pabrik tersebut, seperti dikutip dari iqilu:

1. Sekilas, popok yang sudah dikemas sedemikian rapi ini tak begitu mencurigakan.

pabrik popok © 2017 brilio.net

 

2. Namun rupanya popok di dalamnya merupakan hasil daur ulang popok lama.

pabrik popok © 2017 brilio.net

 

3. Kapas dalam popok orang dewasa yang lama digunakan kembali untuk memproduksi popok baru.

pabrik popok © 2017 brilio.net

 

4. Tumpukan popok yang tinggi menggunung di atas lantai siap untuk didaur ulang.

pabrik popok © 2017 brilio.net



5. Proses daur ulang popok lama jadi baru.

pabrik popok © 2017 brilio.net

 

6. Kapas yang sudah didaur ulang dibentuk rapi menjadi popok baru.

pabrik popok © 2017 brilio.net

 

7. Kegiatan ilegal tersebut untung saja berhasil terungkap dan penggerebekan telah dilakukan oleh pemerintah terhadap pabrik tersebut.

pabrik popok © 2017 brilio.net