Brilio.net - Ajal bisa datang kapan saja dan di mana saja. Tak pilih-pilih orang kaya atau miskin, tua atau muda, mempunyai jabatan tinggi ataupun rendah. Semua akan dipanggil jika memang waktunya telah tiba.

Sering terjadi orang meninggal secara tiba-tiba termasuk saat sedang menjalankan ibadah salat berjamaah. Kejadian seperti ini pun menjadi mengagetkan banyak orang karena kematian yang datang secara tiba-tiba tersebut. Beberapa dari orang ini ada yang meninggalnya dalam posisi sedang bersujud.

Berikut ini 5 kisah haru orang meninggal ketika salat yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/1).

1. Meninggal dalam keadaan sujud di Masjid Al-Ittihad, Jakarta Selatan.

Loading...

Seorang pria meninggal dalam posisi sujud saat menunaikan ibadah salat Isya pada Juni 2017 lalu. Kamera CCTV Masjid Raya Al-Ittihad merekam kejadian tersebut. Pada sujud rakaat terakhir, pria bernama Izhar ini tak kunjung beranjak dan tetap pada posisi sujudnya. Setelah selesai salat jamaah yang berada di kanan-kirinya mencoba membangunkan beliau namun tak kunjung bangun.

Hingga akhirnya beliau dilarikan ke salah satu rumah sakit yang ada di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Namun pihak rumah sakit mengumumkan bahwa Izhar telah meninggal dunia.

2. Pimpinan pondok pesantren meninggal di Madinah.

meninggal ketika salat © berbagai sumber

foto: dream.co.id

Pimpinan Pondok Pesantren Tarbiyyatul Falah meninggal dunia saat sedang berada di Madinah untuk menjalankan ibadah umroh. Pada tanggal 31 Desember 2017 pagi, beliau Ece Syaripudin Didi sedang ibadah salat duha. Ketika posisi rukuk, beliau langsung jatuh tersungkur.

Sempat dibawa ke rumah sakit Ad-Zaira, Madinah, untuk mendapatkan pertolongan, namun nyawanya tidak terselamatkan. Diduga beliau meninggal karena serangan jantung.

3. Imam masjid meninggal pada sujud rakaat pertama.

meninggal ketika salat © berbagai sumber

foto: Facebook/Mastajuddin Noor

Kejadian ini terjadi di Samarinda, Kalimantan Timur. Seorang imam Masjid Baitut-Thaharah meninggal saat sedang memimpin salat Jumat pada rakaat pertama. Kabar ini pertama kali di posting oleh akun Facebook Mastajuddin Noor dengan caption, "Semoga imam ini tenang bersama Mu ya Allah," tulisnya pada 6 Januari 2017 lalu.

4. Meninggal saat salat Idul Adha.

meninggal ketika salat © berbagai sumber

ilustrasi sujud/foto: mim.or.id

Pria bernama Sulaiman, 70 tahun, meninggal saat sedang melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Abu Beureueh, Aceh. Saat hendak berdiri beliau terjatuh hingga seperti posisi sujud pada rakaat pertama. Ketika salat telah usai, jamaah lain mengecek kondisi seorang penjual jamu ini dan dinyatakan meninggal saat itu juga.

5. Kakek asal Malang meninggal dalam posisi sujud saat salat isya berjamaah.

meninggal ketika salat © berbagai sumber

foto: Facebook/Andycha Antholyn

Pada Selasa, 3 Januari 2017, jamaah Masjid Babussalam, Malang dikejutkan dengan meninggalnya seorang kakek dengan posisi sujud. Kakek yang diketahui bernama Miftah ini sedang salat isya berjamaah di masjid tersebut. Setelah salatnya selesai, beliau melaksanakan salat Sunnah.

Namun hingga masjid hendak ditutup, kakek ini belum juga bangun dari sujudnya. Setelah diperiksa oleh pengurus masjid barulah diketahui bahwa beliau telah meninggal dunia. Kakek Miftah dikenal orang yang santun oleh warga sekitar.