×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Kota dengan tingkat kekerasan seksual tertinggi, wajib waspada

View Image

0

BRILIO » Duh

10 Kota dengan tingkat kekerasan seksual tertinggi, wajib waspada

Dari 10 kota ini ternyata ada salah satu kota yang ada di Indonesia.

02 / 02 / 2018

Brilio.net - Dari banyaknya kasus yang ada saat ini yang paling memprihatinkan yaitu kasus kekerasan seksual. Ada beberapa macam bentuk kekerasan seksual. Di antaranya yang paling banyak ditemui adalah pemerkosaan, paksaan memegang bagian intim dan eksploitasi seksual. Selain itu bentuk verbal seperti menggoda dan mengancam juga termasuk dalam kekerasan seksual.

Data yang brilio.net himpun dari Reuters menunjukkan setidaknya ada 10 kota dari 10 negara yang tingkat kekerasan seksualnya sangat tinggi. Data ini diambil dari survei kejadian yang pernah terjadi di negara yang berpenduduk lebih dari 10 juta jiwa. Dari 10 kota ini ternyata ada salah satu kota yang ada di Indonesia.

Untuk kamu yang ingin merencanakan liburan ke negara yang ada pada daftar di bawah ini, wajib waspada. Kota-kota ini tetap masih layak dikunjungi, namun dari catatan kasus-kasus kekerasan seksual yang pernah terjadi mengharuskan kamu untuk tidak boleh lengah sedikitpun.

Kota dari negara mana saja yang tingkat kekerasan seksualnya paling tinggi? Berikut daftarnya yang telah brilio.net lansir dari laman Reuters pada Jumat (2/2).

1. New Delhi, India.

Loading...

kota kekerasan seksual tertinggi © berbagai sumber

foto: timesindia

Kasus kekerasan seksual di ibu kota negara India ini sebenarnya sudah menjadi rahasia umum. Banyak berita yang mengabarkan tingginya tingkat pelecehan seksual di negara ini. Data kepolisian yang dirilis pada tahun 2016 menunjukkan telah terjadi 2.155 kasus pemerkosaan di New Delhi. Itu hanya kasus pemerkosaan saja, belum kasus lain seperti mengintip, memegang bagian intim secara paksa dan penguntitan.

2. Sao Paulo, Brasil.

kota kekerasan seksual tertinggi © berbagai sumber

foto: theguardian.com

Tak hanya di jalanan, di negara ini juga kerap ditemukan kasus kekerasan seksual yang dilakukan di angkutan umum seperti bus. Artis kondang Brasil, Mariana Ruy pernah menjadi korban. Saat sedang diwawancarai, seorang paparazi mencuri foto bagian intimnya lalu diposting ke dunia maya.

3. Kairo, Mesir.

kota kekerasan seksual tertinggi © berbagai sumber

foto: thenational.ae

Kairo menjadi kota ketiga yang tingkat kekerasan seksualnya paling tinggi. Walaupun para perempuan di sini banyak mengenakan baju panjang yang menutupi bagian pribadinya, namun ternyata masih banyak ditemui kasus seksual seperti ini. Kepada Pusat Hak-hak Kaum Wanita Mesir, 83% koresponden mengaku pernah menjadi korban kekerasan seksual.

4. Meksiko, Meksiko.

kota kekerasan seksual tertinggi © berbagai sumber

foto: blush.me

Perusahaan polling Inggris pernah membuat polling tentang pelecehan di angkutan umum. Hasilnya Ibu kota negara Meksiko ini mendapat nilai paling buruk soal kekerasan verbal dan juga fisik. Besarnya angka pelecehan membuat pemerintah turun tangan memberantas kasus ini.

5. Dhaka, Bangladesh.

kota kekerasan seksual tertinggi © berbagai sumber

foto: bdnews24.com

Bangladesh menempati peringkat ke lima. Di kota Dhaka kerap terjadi aksi perkosaan disertai pembunuhan sadis. Pada tahun 2017, seorang mahasiswi diperkosa dan dibunuh oleh lima orang pemuda saat sedang pulang kuliah. Kejadian tersebut terjadi di sebuah bus umum. Mayat mahasiswi ini dibuang melalui jendela di jalanan yang sepi.

6. Istanbul, Turki.

kota kekerasan seksual tertinggi © berbagai sumber

foto: dream.co.id

Pada tahun 2017, Turki khususnya kota Istanbul menjadi destinasi favorit wisatawan Indonesia. Angkanya mencapai 85.000, tertinggi di ASEAN. Padahal kota ini menjadi salah satu yang rawan terjadinya kekerasan seksual. Sejak tahun 2002, tingkat pelecehan seksual di Istanbul meningkat 14 kali lipat. Wisatawan Indonesia pun pernah menjadi korban yang dilakukan oleh anggota ISIS pada tahun 2017 lalu.

7. Jakarta, Indonesia.

kota kekerasan seksual tertinggi © berbagai sumber

foto: merdeka.com

Sebagai orang yang tinggal di Indonesia kamu pasti tahu di Jakarta banyak juga terjadi kasus seperti ini. Belum lama ini Direktur Rehabilitasi Anak Kementerian Sosial, Nahar, membeberkan bahwa kasus kekerasan seksual terhadap anak meningkat dari tahun 2016. Selama 2017, mereka sudah menangani sebanyak 2.117 kasus.

8. Kinshasa, Kongo.

kota kekerasan seksual tertinggi © berbagai sumber

foto: usaafricaonline.com

Akibat konflik yang terjadi di negara ini, setidaknya ada 3.000 lebih orang yang menjadi korban kekerasan seksual, 73% di antaranya berjenis kelamin wanita.

9. Karachi, Pakistan.

kota kekerasan seksual tertinggi © berbagai sumber

foto: techtimes.pk

Walau bukan ibu kota, Karachi memiliki populasi penduduk terpadat di Pakistan. Berdasarkan data dari Pusat Sumber Daya Perkotaan pada tahun 2016, 55% wanita pengguna bus mengungkapkan ketidaknyamanan dan tidak aman. Mereka juga kerap jadi korban kekerasan seksual di dalam angkutan umum tersebut. Untuk menekan angka kekerasan seksual, pemerintah meluncurkan taksi pink yang dikhususkan untuk wanita.

10. Lima, Peru.

kota kekerasan seksual tertinggi © berbagai sumber

foto: theconversation.com

Warga Peru sempat bergejolak dan melakukan aksi turun ke jalan karena seringnya terjadi kasus pelecehan seksual. Hasil survei Thomson Reuters Foundation pada tahun 2016, 58% wanita pernah menjadi korban kekerasan seksual di angkutan umum.

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    6%

  • Ngakak!

    3%

  • Wow!

    13%

  • Sedih

    27%

  • Marah

    52%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more