Brilio.net - Sutradara Oliver Stone adalah peraih Best Director dari filmnya Born on the Fourth of July dan Platoon. Dia juga meraih Best Adapted Screenplay dari film Midnight Express. Film terbarunya adalah Snowden yang mengisahkan sosok mantan CIA yang mengungkap banyak rahasia AS, Edward Snowden.

Mantan tentara yang terlibat dalam Perang Vietnam ini adalah sosok sutradara yang dikenal kerap membuat film biografi. Penggambaran tokoh dalam film kerap kali mengundang ketidakcocokan dari audiens. Namun beberapa filmnya berhasil meraih penghargaan, seperti yang disebutkan di atas.

Biopik lainnya yang tak kalah apik adalah sebagai berikut, dirilis brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (22/9). Foto-foto dirilis dari imdb.com.

1. Midnight Express (1978)

stone film  © 2016 brilio.net



Stone bukan sebagai sutradara dalam film ini, melainkan penulis naskahnya. Film ini mengadaptasi dari pengalaman Bill Hayes ketika berada di penjara Turki. Film ini dianggap kontroversial dan dibenci banyak orang Turki karena mengungkap fakta-fakta di penjara.

2. Salvador (1986)

stone film  © 2016 brilio.net



Film ini didasarkan pada kehidupan seorang jurnalis foto Richard Boyle  ketika meliput Perang Saudara El Salvador antara Front Pembebasan Nasional Farabundo Martí (FMLN) yang didukung Amerika Serikat dengan pemerintah militer sayap kanan El Salvador. Film ini mengungkap banyak sejarah yang mengambil perhatian negara-negara Amerika Selatan.

3. Born on the Fourth of July  (1989)

stone film  © 2016 brilio.net



Film ini adalah tentang tentara AS yang ikut dalam Perang Vietnam, Ron Kovic. Film ini dibuat di Filipina karena kala itu hubungan AS dengan Vietnam belum normal. Tom Cruise memerankan Ron Kovic dengan sempurna. Ini membawanya pertama kali dinominasikan dalam Academy Award.

4. The Doors (1991)

stone film  © 2016 brilio.net



The Doors adalah nama sebuah band rock Amerika Serikat yang tenar pada tahun 60-70an. Film ini diambil dari sudut pandang Jim Morrison selaku vokalis. Film ini dinilai agak membosankan. Pihak terdekat Morrison seperti keluarga, rekan band, teman dekat tidak menerima dengan baik film ini karena penggambaran sosok Morrison yang dianggap kurang tepat.

5. JFK (1991)

stone film  © 2016 brilio.net



Seperti diketahui, film ini bukan tentang biografi JF melainkan sosok Jim Garrison. Dia adalah pengacara New Orleans yang berusaha mengungkap pembunuh presiden ke-35 AS itu. Penonton disuguhkan berbagai informasi sepanjang lebih dari tiga jam durasi film.

6. Heaven & Earth (1993)

stone film  © 2016 brilio.net



Film ini adaptasi dari buku karangan Le Ly Hayslip yang menggambarkan pengalaman hidupnya selama dan sesudah Perang Vietnam. Ini merupakan film terakhir dari film trilogi Perang Vietnam, didahului oleh Platoon (1986) dan Born on the Fourth of July (1989). Stone berusaha sebisa mungkin menggambarkan Perang Vietnam dari sisi yang lain untuk membuat film yang seberimbang mungkin.

7. Nixon (1995)

stone film  © 2016 brilio.net



Ini adalah film biografi presiden AS kedua Stone. Hadir empat tahun setelah JFK (1991) yang mengangkat pembunuhan John F. Kennedy dan diikuti oleh tiga belas tahun kemudian dengan kisah hidup George W. Bush dalam W. (2006). Film Nixon menggambarkan secara bijak kehidupan presiden AS ke-37 itu. Kejelekan dan kebaikan digambarkan seobjektif mungkin di sini.

8. Alexander (2004)

stone film  © 2016 brilio.net



Film ini berdasarkan kehidupan dari Raja Makedonia Iskandar Agung (Alexander the Great) yang berhasil menaklukkan Asia kecil, Mesir, Iran, dan sebagian India. Bagian film ini juga menjadi kontroversi, yaitu penggambaran kehidupan homoseksual Alexander.

9. World Trade Center (2006)

stone film  © 2016 brilio.net



Sisi yang diangkat Stone dari kejadian 11 September ini adalah kehidupan dua orang petugas kepolisian yang selamat dari tragedi. Stone tidak mengangkat perihal George Bush sebagai dalang kejadian ini seperti yang diduga masyarakat di berbagai belahan dunia. Namun film ini mengandung kontroversi karena melukiskan sosok Yesus yang tengah memegang sebuah botol air.

10.  W. (2008)

stone film  © 2016 brilio.net



Biopik George W. Bush ini dibuat ketika yang bersangkutan masih menjabat presiden. Film ini mampu membuat kita berempati pada Bush tentang perjuangannya.