Brilio.net - FFI 2018 telah selesai diselenggarakan di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (9/12). Di tahun 2018 sendiri FFI terdapat 22 kategori. Di tahun ini semua pemenang dari semua kategori mendapatkan piala yang berlapis emas. Berbeda dari tahun sebelumnya, piala yang berlapis emas hanya untuk piala utama saja.

Salah satu pemenang penghargaan adalah Film Si Juki. Si Juki the movie berhasil memenangkan piala citra kategori film animasi terbaik. Si Juki the movie berhasil mengalahkan film-film lainnya, yaitu film yang berjudul Keluarga Satu Setengah, Knight Kris, Terrorvision 3000, Thank You, dan The Awakening Lullaby.

Film animasi memang selalu menarik perhatian. Di Indonesia sendiri beberapa tahun ini banyak bermunculan berbagai animasi karya anak bangsa. Itu menunjukkan bahwa Indonesia mulai memperlihatkan kemajuan yang signifikan di bidang animasi.

Si Juki the movie sendiri adalah karya anak bangsa yang diadaptasi dari serial komik yang memiliki judul sama, Si Juki. Berbeda dari cerita komiknya yang mengangkat kehidupan sehari-hari Juki, di film ini Si Juki diceritakan sedang berada di atas ketenaran. Kehidupan Juki berubah semenjak meteor menyerang Indonesia.

Loading...

Dari film Si Juki ini, ada beberapa fakta menarik lainnya yang perlu kamu ketahui. Apa saja itu? Berikut sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/12)

1. Di sutradarai langsung oleh Faza.

fakta Si Juki the movie instagram

foto: Instagram/@fazameonk

Komik Si Juki merupakan karangan dari Faza Ibnud Ubaidillah, yang lebih dikenal dengan sapaan Faza Meonk. Film yang rilis Desember 2017 ini, di sutradarai langsung oleh Faza.

2. Petualangan ke luar angkasa.

fakta Si Juki the movie instagram

foto: Instagram/@putukitara

Si Juki biasanya digambarkan sebagai sosok bocah penggila jengkol. Bercerita mengenai kehidupan sehari-harinya, di film ini Juki tampak beda. Dia bertemu dengan Erin Pratama, dokter lulusan kampus Amerika Serikat yang juga menjabat sebagai staf Badan Antariksa seluruh Indonesia. Si Juki dan kawan-kawan diceritakan berusaha menyelamatkan seluru Indonesia dari serangan meteor.

3. Digarap selama kurang lebih 2 tahun.

fakta Si Juki the movie instagram

foto: Instagram/@jukihoki

Film 2D besutan Falcon Picture ini digarap selama kurang lebih dua tahun. Setahun untuk proses pembacaan dan membedah karakter-karakternya. Setahun berikutnya memasukkan unsur lain seperti pengisi suara.  

4. Banyak seleb papan atas Indonesia jadi pengisi suara.

fakta Si Juki the movie instagram

foto: Instagram/@falconpictures_

Banyak seleb Indonesia yang didapuk menjadi pengisi suara dari Si Juki the movie ini. Yaitu Indro Warkop DKI, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Butet Kartaredjasa, Pandji Pragiwaksono, Agus Kuncoro, Tarzan, Arie Kriting, Mongol, Mudy Taylor, Ki Joko Bodo, Babe Cabiita, Nikita Mirzani, Wizzy, Jaja Mihardja, dan Maya Wulan.

5. Sejak lama tela diharapkan menjadi sebuah film.

fakta Si Juki the movie instagram

foto: Instagram/@popconasia

Semenjak Faza Meonk mulai membuat komik Si Juki, ia sudah lama membayangkan untuk bisa membuatnya menjadi sebuah film. Faza mulai membuat karakter Juki mulai kuliah, dari situlah ia sudah membayangkan akan membuatnya menjadi versi film.

6. Alasan dibuat 2D.

fakta Si Juki the movie instagram

foto: Instagram/@sovianet

Banyak film animasi yang dibuat biasanya menggunakan teknik 3D. Faza ingin membuat film Si Juki tidak jauh dari bentuk komiknya, karena itu ia lebih memilih menggarap film ini menggunakan teknik 2D.

7. Melibatkan 40 animator.

fakta Si Juki the movie instagram

foto: YouTube/@SiJukiChannel

Meskipun Si Juki the movie menggunakan teknik 2D, tidak menampik bahwa pembuatannya film ini masih sulit. Faza sendiri mengalami kesulitan dimana ia membutuhkan 12 gambar animasi hanya untuk durasi tayang satu detik. Sebab Si Juki the movie melibatkan 40 animator.

8. kemungkinan akan dibuat 3D.

fakta Si Juki the movie instagram

foto: YouTube/@SiJukiChannel

Seperti halnya film Doraemon yang pernah dibuat secara 2D. Ada kemungkinan juga Si Juki the movie kedepannya akan dibuat 3D.

9. Melibatkan kru total hingga 100 orang.

fakta Si Juki the movie instagram

foto: Instagram/@fazameonk

Pembuatan film Si Juki ini selain menggaet 40 animator, ditambah dengan kru-kru seperti ilustrator, tim produksi, dan lainnya bisa mencapai total 100 orang.

10. Ditonton 493 ribu penonton dalam seminggu.

fakta Si Juki the movie instagram

foto: Instagram/@fazameonk

Dalam akun instagram pribadi sang kreator, faza pernah mengunggah hasil pencapaian penonton Si Juki the movie dalam sepekan penayangannya. Dalam seminggu film ini berhasil ditonton sebanyak 493 ribu penonton. Hasil yang lumayan bagus untuk sebuah film animasi.