Brilio.net - Bencana alam merupakan fenomena yang sulit untuk dihindari oleh siapapun. Datangnya tidak dapat diprediksi kapan dan di mana akan terjadi. Kejadian tersebut memberikan efek yang besar bagi kehidupan makhluk hidup. Dampaknya pun bisa merusak bidang ekonomi, sosial dan lingkungan. Yang paling parah tentunya bisa memakan korban jiwa.

Banyak macam bencana alam yang pernah terjadi di bumi ini mulai dari gempa bumi, tsunami, banjir hingga kekeringan. Hampir seluruh negara pasti pernah mengalami yang namanya kekeringan. Musim kering yang hampir ada di seluruh negara mengakibatkan curah hujan rendah pada waktu tertentu. Jika hujan tidak turun dalam jangka waktu yang lama maka kekeringan akan melanda.

Sama seperti bencana yang lain, fenomena alam kekeringan juga menyebabkan efek yang sangat besar. Di antaranya adalah kekurangan air bersih, kelaparan sampai penyebaran penyakit. Jika sudah parah, efek tersebut bisa berdampak pada hilangnya nyawa.

Banyak negara yang pernah mengalami kekeringan parah. Berikut 10 foto kekeringan dari berbagai negara, seperti dilansir brilio.net lansir dari list25, Senin (18/12):


1. Texas, Amerika Serikat.

kekeringan dunia berbagai sumber

foto: wikipedia.com


Pada tahun 2010-2011 negara bagian Texas dilanda kekeringan. Selain membuat sungai-sungai kering, cuaca yang panas juga menyebabkan beberapa lahan terbakar.


2. Australia.

kekeringan dunia berbagai sumber

foto: wikipedia.com


Negeri Kanguru ini pernah beberapa kali dilanda kekeringan. Pada bulan Juli-Oktober 2007, kawasan Australia Tenggara sangat jarang turun hujan dan kala itu dianggap sebagai peristiwa terburuk selama 11 tahun terakhir.


3. Vietnam.

kekeringan dunia berbagai sumber

foto: asianews.it


Tahun 2016 Vietnam hampir mengalami krisis air dan pangan seperti yang pernah mereka alami pada tahun 1940-an. Pada saat itu merupakan krisis terbesar Vietnam dalam hal kelangkaan air bersih dan pangan.


4. Cina.

kekeringan dunia berbagai sumber

foto: time.com


Republik Rakyat Cina mengalami kekeringan terparah selama 60 tahun terakhir tepatnya pada tahun 2010-2011. Karena bencana ini jutaan hektar ladang gandum gagal panen dan ribuan rumah penduduk harus direlokasi.


5. Brasil.

kekeringan dunia berbagai sumber

foto: reuters.com


Kota-kota metropolitan seperti Sao Paulo dan Rio de Janeiro juga terkena dampak dari kekeringan pada tahun 2015.


6. Afrika Timur.

kekeringan dunia berbagai sumber

foto: wikipedia.com


Antara Juli 2011 hingga pertengahan tahun 2012 kekeringan melanda Afrika Timur. Negara yang kena dampaknya yaitu Somalia, Djibouti, Ethiopia dan Kenya.


7. Indonesia.

kekeringan dunia berbagai sumber

foto: merdeka.com


Menurut Guru Besar Institut Pertanian Bogor bidang pangan, Dwi Andreas, kemarau tahun 2015 merupakan kemarau paling parah. Hal itu mengakibatkan 20 persen lahan sawah di Pulau Jawa akan mengalami kekeringan mulai Juli sampai Desember 2015.