Brilio.net - Memilih hidup sebagai seorang ilmuwan adalah pilihan berat yang mengharuskan seseorang mengabdikan hampir seluruh kehidupannya untuk ilmu pengetahuan. Selain itu, seorang ilmuwan mesti menghadapi berbagai stereotipe masyarakat yang kadang menghambat perkembangannya.

Oleh karena itu, selain dibekali dengan kecerdasan di atas rata-rata, seorang ilmuwan mesti didukung oleh lingkungan sekitarnya. Seperti yang terjadi pada Marie Curie, peneliti asal Polandia, saat melakukan penelitian.

Ia terpaksa berhenti sejenak meneliti karena gagal mengajukan dana pada pemerintahan saat itu karena dia seorang perempuan. Setelah bertemu dengan Pierre Curie dan kemudian menjadi suaminya, penemuannya semakin berkembang.

Di Indonesia sendiri salah satu contoh ilmuwan terbaik dan melegenda adalah BJ Habibie. Selama kuliah di Jerman, ia berhasil menelaah banyak hal dan kelak salah satu penemuannya tentang sebuah teori berguna untuk industri pembuatan pesawat terbang.

Semua ilmuwan yang sudah disebutkan tersebut, sudah dikisahkan dalam bentuk film. Kehadiran bentuk film tersebut tentu lebih mudah untuk memahami perjalanan hidup para ilmuwan saat mempelajari dan menemukan teori yang berguna bagi kemanusiaan. Penasaran film apa saja?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (22/7), berikut rekomendasi film-film biografi terbaik tentang ilmuwan. Film-film ini bisa bikin imajinasimu melayang-layang. "Gimana ya, rasanya jadi orang yang ulet dan punya kecerdasan di atas rata-rata?".

1. Radioactive (2019).

9 Film tentang biografi ilmuwan berbagai sumber

foto: IMDb

Radioactive merupakan film biopik yang diadaptasi dari novel biografi yang berjudul Radioactive: Marie & Pierre Curie: A Tale of Love and Fallout. Novel yang ditulis oleh Lauren Redniss tersebut merupakan kisah pasangan ilmuwan yang pernah menemukan makna tentang radioaktif.

Dalam film ini, dikisahkan bagaimana Marie Curie dan Pierre Curie bertemu dalam sebuah penelitian hingga sampai menikah. Mereka berhasil menemukan polonium dan radium serta teori tentang radioaktivitas.

2. The Current War (2019).

9 Film tentang biografi ilmuwan berbagai sumber

foto: IMDb

Berlatar abad ke-19, film The Current War menampilkan persaingan dua ilmuwan besar dalam penemuan tentang energi listrik. Dua ilmuwan tersebut adalah Thomas Alva Edison dan Nikola Tesla. Edison kemudian dikenal sebagai penemu lampu pijar, sementara Nikola Tesla penemu teknologi pemanfaatan energi listrik.

3. Rudy Habibie (2016).

9 Film tentang biografi ilmuwan berbagai sumber

foto: IMDb

Rudy Habibie atau bisa disebut juga sebagai Habibie dan Ainun 2 adalah film prekuel yang mengisahkan BJ Habibie muda saat kuliah di Jerman. Semasa di Jerman, Habibie merupakan ilmuwan moncer yang publikasinya sering tampil di jurnal ilmiah internasional.

Selain itu, ia juga dikenal sebagai penemu teori (crack propagation theory) atau teori perambatan keretakan. Teori ini kelak berguna untuk memprediksi perambatan retak di struktur pesawat.

Dibumbui dengan cinta segitiga dengan Ilona Ianovska, gadis asal Polandia yang sempat ia cintai, dan Ainun yang kemudian dipilih oleh Habibie menjadi istrinya.

-4. The Man Who Knew Infinity (2015).

9 Film tentang biografi ilmuwan berbagai sumber

foto: IMDb

The Man Who Knew Infinity merupakan film biopik tentang Srinivasa Ramanujan, seorang ilmuwan India yang hidup pada masa India masih dijajah oleh Pemerintahan Inggris. Meskipun Srinivasa Ramanujan tidak mengenyam pendidikan formal dalam matematika murni, ia dikenal sebagai seorang matematikawan yang memberikan kontribusi penting dalam dunia matematika.

Dalam film ini, saat Perang Dunia I berlangsung atau pada 1913, Srinivasa mulai melakukan korespondensi dengan ahli matematika Inggris GH Hardy di Universitas Cambridge, Inggris. Atas kesempatan tersebut, Srinivasa pun pergi ke Inggris untuk mendalami matematikanya dan membuktikan teori yang telah ia temukan.

5. The Theory of Everything (2014).

9 Film tentang biografi ilmuwan berbagai sumber

foto: IMDb

Walaupun hidup dengan kelumpuhan, Stephen Hawking berhasil menjadi ilmuwan terkemuka yang disebut sebagai penerus Einstein. Film The Theory of Everything menampilkan perjalan Hawking bersama perempuan yang dicintai sejak menjadi mahasiswa di Cambridge University, Jane Wilde.

Film ini didasarkan pada buku berjudul Traveling to Infinity: My Life with Stephen karya Jane Wilde.

6. The Imitation Game (2014).

9 Film tentang biografi ilmuwan berbagai sumber

foto: IMDb

Berlatar Perang Dunia II, The Imitation Game mengisahkan perjalanan seorang peneliti matematika dan komputer digital modern pertama, Alan Turing. Film ini menampilkan saat Turing bekerja di Departemen Kriptoanalisis Inggris, Kode Pemerintahan dan Sekolah Cypher.

Dalam tugasnya tersebut, Turin berhasil menjabarkan pesan-pesan yang dienkripsi mesin enigma Jerman dan menyediakan data intelijen bagi sekutu.

7. Creation (2009).

9 Film tentang biografi ilmuwan berbagai sumber

foto: IMDb

Film Creation mengisahkan perjalanan Charles Darwin saat ia berhasil membuktikan teori evolusi makhluk hidup yang menjadi fokus penelitiannya. Film ini menyoroti kisah saat Darwin melahirkan karya agungnya, The Origin of Spacies.

Selain itu, penemuan dan karyanya tersebut tidak lepas dari dukungan Emma, istrinya dan ingatan Darwin terhadap anak sulungnya, Annie.

8. Einstein and Eddington (2008).

9 Film tentang biografi ilmuwan berbagai sumber

foto: IMDb

Einstein and Eddington mengisahkan dua orang ilmuwan yang punya kontribusi saling terkait. Albert Einstein, fisikawan asal Jerman yang berhasil menemukan teori relativitas yang ternyata juga melibatkan orang lain yang ternyata memengaruhi Einstein.

Dialah Sir Sir Arthur Stanley Eddington, fisikawan Inggris. Film ini menampilkan kedua sosok tersebut sebagai jalinan persahabatan sekaligus sebagai rival dalam ilmu pengetahuan.

9. A Beautiful Mind (2001).

9 Film tentang biografi ilmuwan berbagai sumber

foto: IMDb

Diadaptasi dari judul yang sama, film A Beautiful Mind berkisah tentang John Forbes Nash, Jr, seorang ilmuwan asal Amerika Serikat. Walaupun selama hidupnya ia berjuang melawan skizofrenia, Nash dianugerahi Nobel pada 1994 atas karyanya di bidang teori permainan dan geometri diferensial.

(brl/gib)

(brl/gib)