Brilio.net - Film dengan genre survival menceritakan seseorang atau kelompok berjuang menghadapi keadaan ekstrem agar tetap hidup. Beberapa di antaranya berdasarkan pada kisah nyata, sementara beberapa adalah imajinasi. Namun, terlepas dari itu, dari film bertema ini kita mampu menggali pelajaran penting, tidak hanya menikmati cerita yang memukau.

Berikut ini adalah 16 film melambangkan semangat manusia yang punya keinginan untuk tetap hidup. Bayangkan kamu dalam keadaan seperti itu. Simak foto-fotonya dihimpun dari imdb.com, Senin (17/7).

1. 127 Hours (2010)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Film nominasi Oscar garapan Danny Boyle ini didasarkan pada buku berjudul 'Between a Rock and a Hard Place' karya Aron Ralston, yang bertutur pengalaman pribadinya selama terjebak oleh sebuah batu besar di tempat antah berantah Grand Canyon.

2. Cast Away (2000)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Robert Zemeckis mengisahkan seorang staf FedEx bernama Chuck Noland (Tom Hanks), yang terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni setelah pesawat kargo ynag ditumpanginya menabrak laut. Dia menggunakan segala benda yang ditemukan untuk segala bertahan di pulau itu sendirian dan melakukan berbagai upaya untuk melarikan diri. Dia berhasil menemukan kapal untuk jalan pulang setelah nekat mengarungi lautan dengan rakit buatannya sendiri.

3. The Grey (2011)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Berkisah tentang enam pekerja minyak yang bertahan hidup di Alaska setelah kecelakaan pesawat. Sembari bertahan dalam cuaca yang ekstrem dan makanan terbatas, sekawanan serigala buas menghantui mereka.

4. All Is Lost (2013)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Robert Redford memainkan peran seorang pria terdampar di sebuah kapal di tengah Samudera Hindia pasca bertabrakan dengan kontainer laut. Dia menambal banyak lubang di kapalnya sembari mencoba menavigasi kapal ke arah yang benar. Film ini hampir tidak memiliki dialog apapun, hanya bergantung pada tindakan sang aktor tunggal.

5. Gravity (2013)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Dua astronot bekerja sama untuk bertahan hidup setelah kecelakaan yang membuat mereka terdampar di luar angkasa. Konsultan astronot, Ryan Stone (Sandra Bullock) dihadapkan dengan kematian saat puing-puing luar angkasa bertabrakan dengan stasiun antariksa, dan dia dengan putus asa berusaha menemukan jalan pulang.

6. The Revenant (2015)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Hugh Glass (Leonardo diCaprio), pengembara berjuang untuk bertahan hidup setelah dianiaya oleh seekor beruang dan dibiarkan mati oleh anggota tim perburuannya sendiri. Sutradara Alejandro Gonzalez Innaritu membuat setting era pra-kolonial di Alaska. Glass bertempur dengan cuaca yang ekstrem dan angin yang membeku untuk melacak orang-orang yang meninggalkannya.

7. I Am Legend (2007)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Robert Neville (Will Smith) adalah orang terakhir di bumi setelah virus membunuh umat manusia. Neville adalah harapan terakhir untuk menyembuhkan mereka semua.

8. Buried (2010)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Paul Conroy (Ryan Reynolds) terbangun dan mendapati dirinya dikubur di peti mati. Dengan sumber daya yang terbatas, dia perlu mencari jalan keluar dari jebakan maut ini. Dia menggunakan sumber daya yang terbatas termasuk pensil, obor, blackberry dan korek api untuk bisa keluar.

9. Life Of Pi (2012)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Sutradara Ang Lee mengangkat kisah berdasarkan buku terlaris Yann Martel. Berkisah seorang anak laki-laki yang terdampar bersama seekor zebra, orangutan, hyena dan harimau Royal Bengal di sebuah sekoci pasca kapal yang ditumpanginya karam.

10. The Way Back (2010)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Film ini berangkat dari kisah kehidupan nyata sekelompok orang saat Perang Dunia II yang haru berjalan sejauh 4000 mil demi keselamatan diri. Kisah ini didasarkan pada memoar The Long Walk oleh tahanan Polandia Slawomir Rawicz, yang lolos dari Gulag dan berjalan sampai ke British India.

11. Touching The Void (2003)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Sutradara Kevin MacDonald membuat kisah perjalanan berbahaya dari dua pendaki gunung asal Inggris, Joe dan Simon, saat mereka mencoba mendaki Andes, Peru. Simon Dihadapkan pada pilihan untuk memotong tali atau tetap menahan teman memanjatnya.

12. Alive (1993)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Disutradarai oleh Frank Marshall, film ini mengangkat kisah Tim Rugby Uruguay yang pesawatnya jatuh di pegunungan Andes. Mereka mencoba bertahan dalam cuaca ekstrem dengan keterbatasan sarana.

13. Apollo 13 (1995)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Film ini berkisah tiga astronot yang terdampar di luar angkasa setelah stasiun luar angkasa mengalami kerusakan parah.

14. Into The Wild (2007)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Chris McCandless (Emile Hirsch) meninggalkan harta benda untuk menjalani kehidupan di padang gurun Alaska. Kisah ini didasarkan pada kehidupan nyata Chris McCandless, yang menolak peradaban dan melakukan pencarian jiwa di padang gurun Alaska.

15. Martian (2015)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Berdasarkan novel Martian karya Andy Weir, sutradara Ridley Scott memilih Matt Damon sebagai tokoh utama bernama Mark Watney. Dia terdampar di Mars setelah timnya menganggapnya mati, dan harus bergantung pada kecerdikannya untuk menemukan cara untuk memberi isyarat ke Bumi bahwa dia masih hidup.

16. Lone Survivor (2013)

Film Tema Survival © 2017 imdb.com

Sutradara Peter Berg mengangkat tentang Sebuah tim AL AS yang berjuang untuk hidup setelah sebuah misi menangkap pemimpin Taliban.