Brilio.net - Steven Allan Spielberg, sutradara, produser, penulis naskah, sekaligus editor asal Amerika Serikat telah diakui sebagai salah satu pelopor pendiri era New Hollywood. Pria kelahiran 18 Desember 1946 ini telah dipandang sebagai salah satu direktur dan produsen yang paling populer dalam sejarah perfilman Hollywood.

Selama empat dekade bergelut di dunia film, Spielberg telah menelurkan banyak genre seperti fiksi ilmiah, petualangan, dan lain-lain. Dia juga merupakan salah satu pendiri DreamWorks Studios.

Spielberg pernah memenangkan Academy Award untuk kategori Best Director. Selain itu merebut Best Picture Piala Oscar. Pernah pula dihadiahi  Presidential Medal of Freedom dari President Barack Obama.

Dari sekian film yang telah dibuatnya, banyak yang sangat laris. Sebutlah Catch Me if You Can, Munich, Bridge of Spies. Sebelum masuk era abad 20, film-filmnya memang terkenal laris dan mengundang perhatian.

Nah, inilah film-film lawas besutan Steven Spielberg yang layak kamu tonton ulang. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (10/8):


1. Duel (1971).

foto: rotten tomatoes

Film ini mengisahkan duel maut antara dua sopir di sebuah jalan yang sepi. FIlm ini mendapat rating 7,7 dari IMDB dan 87% dari Rotten Tomatoes.


2. Jaws (1975).

foto: imdb

Film ini mengangkat perjuangan polisi, ahli kelautan dan nelayan untuk menghentikannya keganasan hiu putih raksasa yang mulai mengancam masyarakat pulau kecil bernama Amity. Film ini mendapat rating 8,0 dari IMDB dan 97% dari Rotten Tomatoes.

 
3. Close Encounters of the Third Kind (1977).

foto: imdb

Film yang mendapat rating 7,7 dari IMDB dan 96% dari Rotten Tomatoes ini berkisah tentang seorang pekerja yang merasa ditarik ke daerah terpencil di padang gurun setelah bertemu UFO. Sesuatu yang spektakuler terjadi di situ.

 
4. Raiders of the Lost Ark (1981).

foto: imdb

Berkisah tentang arkeolog dan petualang bernama Indiana Jones yang disewa oleh pemerintah Amerika Serikat untuk mencari Tabut Perjanjian sebelum masa Nazi. Film ini mendapat rating 8,5 dari IMDB dan 94% dari Rotten Tomatoes.

 
5. E.T. Extra-Terrestrial (1982).

foto: imdb

Kisah yang diangkat film ini adalah seorang anak 'bermasalah' yang diminta membantu alien keluar dari bumi dan kembali ke rumah asalnya. Film ini mendapat rating 7,9 dari IMDB dan 98% dari Rotten Tomatoes.

 
6. Indiana Jones and the Temple of Doom (1984).

foto: imdb

Sebuah pertempuran di Shanghai menempatkan arkeolog Indiana Jones, rekannya Short Round, dan penyanyi Willie Scott menyusuri jalan sebuah desa di India dalam rangka merebut kembali sebuah batu yang telah dicuri oleh sebuah sekte rahasia dari sebuah istana kuno. Film ini mendapat rating 7,6 dari IMDB dan 85% dari Rotten Tomatoes.




Tuh, guys.. Yuk, buruan cari dan beli VCD atau DVD originalnya kalau kamu penasaran pengen nonton lagi.. Cek film selanjutnya deh.. Nomor 11 pasti kamu pernah nonton dan suka banget sama film itu.. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




7. The Color Purple (1985).

foto: imdb

Film ini mengangkat seorang wanita Southern kulit hitam yang berjuang untuk menemukan jati dirinya setelah menderita beberapa tahun pelecehan dari ayahnya. Film ini mendapat rating 7,8 dari IMDB dan 88% dari Rotten Tomatoes.


8. Empire of the Sun (1987).

foto: imdb

Film ini mengisahkan seorang anak muda Inggris yang berjuang untuk bertahan hidup di bawah pendudukan Jepang selama Perang Dunia II. Film ini mendapat rating 7,8 dari IMDB dan 83% dari Rotten Tomatoes.


9. Indiana Jones and the Last Crusade (1989).

foto: imdb

Film ini mengangkat petualangan Indiana Jones yang harus mengikuti jejak ayahnya dan menghentikan Nazi. Film ini mendapat rating 8,3 dari IMDB dan 88% dari Rotten Tomatoes.


10. Schindler's List (1993).

foto: imdb

Film ini bercerita seorang Oskar Schindler di Polandia selama Perang Dunia II yang secara mengalami kekhawatiran kehilangan tenaga kerja Yahudi setelah menyaksikan penganiayaan oleh Nazi. Film ini mendapat rating 8,9 dari IMDB dan 96% dari Rotten Tomatoes.

 
11. Jurassic Park (1993).

foto: imdb

Film yang mendapat rating 8,1 dari IMDB dan 93% dari Rotten Tomatoes ini berkisah tentang sebuah taman yang mengalami gangguan listrik yang menyebabkan pameran kloning dinosaurus mengamuk.

 
12. Saving Private Ryan (1998).

foto: imdb

Film yang mendapat rating 8,6 dari IMDB dan 92% dari Rotten Tomatoes ini berkisah tentang sekelompok tentara AS yang mencoba menyelamatkan seorang prajurit bernama Ryan untuk dibebastugaskan setelah saudara lainnya telah gugur di medan perang.