Brilio.net - Beberapa waktu lalu beredar luas di media sosial video kecelakaan eskalator yang terjadi di sebuah mal di Tiongkok. Sebuah eskalator di Langham Place Mall, Hongkong tiba-tiba berbalik arah dengan kecepatan tinggi. Akibatnya, kecelakaan pun tak terhindarkan dan para pemakai tangga berjalan itu berjatuhan ke lantai dan mengalami cedera serius.

Selain insiden tersebut, rupanya pernah terjadi insiden kecelakaan yang cukup tragis. Berikut empat kecelakaan tragis dari berbagai negara yang berhasil dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (29/3).

1. Leher bocah terjepit eskalator di ITC Kuningan Jakarta.

Seorang bocah perempuan yang belum diketahui identitasnya terjepit eskalator di ITC Kuningan Jalan Prof Dr Satrio, Setiabudi, Jakarta Selatan. Akibat kejadian ini korban mengalami luka di leher dan pingsan seketika.

Peristiwa nahas ini terjadi pada hari Kamis (15/11/2014) sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu, korban naik eskalator dari lantai baseman ITC Kuningan. Saat naik eskalator tersebut, korban selalu menengok ke arah bawah dan melewati handle atau pegangan tangan. Korban tak menyadari bahwa ada tiang beton yang hanya berjarak beberapa centimeter dari handle.

Loading...

Karena terus melihat ke arah bawah, leher bocah tersebut terjepit di antara handle dan tiang beton. Sementara itu, eskalator terus melaju sehingga membuat leher korban semakin terjepit di antara handle dan tiang beton.

Melihat kejadian itu, petugas langsung memberhentikan laju eskalator. Korban sendiri dalam keadaan pingsan dan dibawa ke Posko Kesehatan di lantai basement oleh petugas. Petugas pun langsung membersihkan eskalator tersebut.

2. Eskalator di China telan seorang ibu hingga tewas.

Rekaman gambar kamera pengawas (CCTV) di sebuah mal di Jingzhou, China, memperlihatkan insiden yang cukup mengenaskan. Seorang ibu bersama anak lelakinya yang masih berusia dua tahun dikagetkan dengan rubuhnya pijakan eskalator saat tangga berjalan itu bergerak naik.

Dua petugas mal yang melihat kejadian itu sudah berusaha semaksimal mungkin meraih tangan sang ibu, namun mesin tersebut lebih kuat menarik seluruh badan ibu yang diketahui bernama Xiang Liujan (31).

Untungnya, sang ibu berhasil menyerahkan sang anak ke petugas mal yang berdiri di dekat eskalator itu sehingga dia selamat, seperti dilansir stasiun televisi CNN, Selasa (28/7/2015).

3. Eskalator di Langham Place Mall, Hongkong berbalik arah dengan kecepatan tinggi.

Saat itu, para pengunjung mal yang menaiki eskalator sepanjang 45 meter ini jatuh karena eskalator tiba-tiba berbalik arah. Akibatnya lebih dari 10 orang menumpuk dekat pangkal eskalator dan 18 orang dikabarkan mengalami luka-luka.

The South China Morning Post melaporkan bahwa dua orang teknisi ditahan oleh polisi karena dicurigai bertanggung jawab atas insiden eskalator yang tiba-tiba berbalik arah, Sabtu (25/3).

Kerusakan eskalator tersebut diyakini karena rantai kemudi yang rusak. Eskalator ini menghubungkan lantai keempat dan kedelapan dari pusat perbelanjaan Mong Kok di Argyle Street dan merupakan satu di antara eskalator ruangan terpanjang di Hongkong.

4. Pasangan hampir 'ditelan' eskalator yang anjlok.

Selain kecelakaan eskalator di Hongkong, baru-baru ini muncul insiden lain yang hampir 'memakan' sepasang kekasih di sebuah stasiun kereta api di Suzhou, China.

Berdasarkan video yang beredar luas di media sosial, pasangan tersebut terlihat hampir saja 'ditelan' oleh eskalator saat memijakkan kaki di atasnya.