Brilio.net - Di kalangan mahasiswa, volunteer menjadi salah satu kegiatan yang dapat menjadi sarana untuk mendapatkan pengalaman baru dan mengembangkan keterampilan di luar perkuliahan. Biasanya, kegiatan volunteer diadakan di akhir pekan atau ketika masa libur akhir semester perkuliahan.

Volunteer dapat didefinisikan sebagai kegiatan yang melibatkan individu pada aktivitas yang bersifat sukarela untuk tujuan tertentu seperti kemanusiaan, lingkungan, pendidikan, atau sosial.

Kegiatan volunteer disebut sebagai volunteering. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa karena dapat menunjang perkembangan karier kedepannya. Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai volunteer, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber Kamis (30/6).

Pengertian volunteer

penjabaran volunteer © berbagai sumber foto: Unsplash/ray sangga kusuma

Volunteer adalah individu yang secara sukarela meluangkan waktu, tenaga, hingga dana pribadinya untuk membantu sesama demi kesejahteraan sosial. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, volunteer disebut dengan volunter yang berarti sukarelawan.

Sukarelawan adalah seseorang atau sekelompok orang yang menolong, melibatkan komitmen untuk membantu individu, keluarga, atau masyarakat dalam memecahkan permasalahan sosial tanpa mengharapkan keuntungan.

Kegiatan volunteer dapat berupa kegiatan yang sifatnya melayani, berkontribusi, dan bermanfaat untuk orang lain. Ketika seorang individu melakukan kegiatan volunteer maka individu tersebut akan merasa bahwa hidupnya memiliki makna.

Aktivitas volunteering dapat diartikan sebagai kegiatan di mana seseorang memberikan waktunya secara sukarela untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Voluntarisme merupakan kegiatan yang menuntut peran aktif individu dalam memilih secara sukarela, mengikuti pelatihan volunteer yang menggambarkan proses memilih berlandaskan kegiatan yang ingin ditekuni, pembuatan keputusan, dan mengembangkan nilai personal serta motivasi.

Perilaku volunteer secara awam dikenal sebagai perilaku menolong seseorang yang sudah menjadi nilai-nilai yang diterapkan dalam hidup berbangsa dan beragama di Indonesia, disebut dengan budaya gotong royong. Perilaku volunteer ini juga memiliki pengaruh terhadap diri seseorang.

(brl/ola)