Brilio.net - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), domisili adalah tempat kediaman yang sah dari seseorang atau tempat tinggal resmi. Domisili merupakan hal yang penting dalam kehidupan masyarakat karena merupakan suatu bentuk identitas yang melambangkan tempat tinggal seseorang. Selain itu, domisili juga digunakan untuk mengetahui atau menunjukkan pengadilan mana yang dapat mengadili seseorang jika sewaktu-waktu terjadi perkara.

Domisili juga berperan sebagai salah satu unsur yang penting di Indonesia karena dengan keterangan domisili, seseorang bisa mendapatkan pengakuan secara hukum atas keberadaan seseorang di wilayah tersebut.

Penerbitan surat domisili merupakan wewenang pemerintah desa karena surat domisili merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban di bidang kependudukan. Untuk mengetahui lebih rinci mengenai domisili, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (29/6).

Pengertian domisili

pengertian dan jenis domisili © berbagai sumber

foto: Unsplash/Anne Nygard

Dilansir dari laman Badan Pusat Statistik (BPS), domisili adalah alamat tinggal sekarang atau dalam arti lain domisili berarti alamat di mana seseorang biasa bertempat tinggal.

Alamat domisili adalah alamat yang sesuai dengan tempat tinggal saat ini meski alamat domisili bisa berbeda dengan alamat yang tercantum di dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP). Domisili berasal dari kata "domicile" atau "woonplaats" yang berarti alamat tempat tinggal.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 yang telah diperbarui menjadi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, setiap penduduk wajib melapor kepada Disdukcapil di daerah asal untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah antar kabupaten atau provinsi.

Dengan adanya surat domisili akan memudahkan seseorang untuk menjalankan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Domisili dan KTP sebaiknya sesuai sehingga dapat digunakan untuk beberapa keperluan seperti pemilihan presiden, DPR atau DPRD, mengurus pernikahan, pembayaran pajak, dan lainnya.

Peranan dan pentingnya domisili

pengertian dan jenis domisili © berbagai sumber

foto: Unsplash/Jonathan Kemper

Selain mempermudah seseorang untuk menjalankan hak dan kewajibannya, domisili juga penting untuk seseorang dalam beberapa hal berikut:

1. Domisili penting untuk menentukan atau menunjukkan suatu tempat di mana berbagai perbuatan hukum harus dilakukan. Misalnya, mengajukan gugatan dan menentukan pengadilan mana yang berwenang untuk mengadili.
2. Untuk mengetahui dengan siapa seseorang tersebut melakukan hubungan hukum serta yang menjadi hak dan kewajibannya.
3. Domisili juga berperan untuk membatasi kewenangan berhak seseorang.
4. Domisili digunakan untuk menentukan di mana seseorang harus melakukan perkawinan. Hal ini berhubungan dengan suatu peraturan bahwa perkawinan harus dilaksanakan di tempat salah satu pihak.