Brilio.net - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), spionase adalah penyelidikan secara rahasia terhadap data kemiliteran dan data ekonomi negara lain. Spionase juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan seluk-beluk spion atau mata-mata. Sedangkan menurut Oxford English Dictionary Espionage, spionase adalah untuk memata-matai secara rahasia atau diam-diam.

Spionase biasanya dianggap sebagai bagian dari upaya institusional seperti pemerintahan atau badan intelijen. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aktivitas spionase, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (28/6).

Pengertian spionase

spionase dan penjabarannya © berbagai sumberfoto: Pexels/cottonbro

Spionase berasal dari bahasa Perancis yaitu "espionnage" yang memiliki arti "pengintaian" atau "memata-matai". Secara terminologi, spionase adalah suatu praktik untuk mengumpulkan informasi mengenai sebuah organisasi atau lembaga, yang dianggap rahasia tanpa mendapatkan izin dari pemilik sah atas informasi tersebut.

Secara teknis, spionase dapat dimaknai sebagai aktivitas mengumpulkan informasi rahasia dari pihak lawan yang akan digunakan untuk kepentingan pihak pengumpul.

Perbedaan antara spionase dengan bentuk informasi intelijen lainnya adalah spionase melibatkan akses fisik ke sebuah lokasi di mana informasi rahasia disimpan.

Istilah spionase pada awalnya dianggap sebagai suatu keadaan memata-matai musuh potensial atau aktual terutama untuk tujuan militer. Namun kini telah berkembang untuk memata-matai perusahaan yang dikenal sebagai spionase industrial.

Aturan mengenai spionase telah diatur dalam Hague Convention IV 1907 tentang Regulations Concerning The Laws and Customs of War on Land.

(brl/ola)