Brilio.net - Awal Desember mendatang para seniman boneka internasional akan unjuk gigi di Indonesia. Mereka akan menyajikan karya baik melalu pertunjukkan panggung, workshop, serta pameran di Yogyakarta. Event ini bernama Pesta Boneka #5. Ini adalah festival teater boneka internasional yang diselenggarakan dua tahunan. Telah hadir kelima kalinya di tahun 2016 ini sejak digelar tahun 2008. Nah, gelaran kali ini mengusung tema 'HOME'.

"Rumah adalah tempat di mana semuanya berawal. Tempat di mana setiap individu berinteraksi dengan keluarganya, dan Pesta Boneka tahun ini ingin menjadi ruang untuk orang-orang yang datang supaya bisa menikmati waktunya sambil dikelilingi oleh 'keluarga' yang hangat seperti layaknya di rumah," ungkap Maria Tri Sulistyani kurator Pesta Boneka #5 kepada brilio.net, Rabu (30/11).

pesta boneka  -

Rencananya acara ini akan digelar pada Jumat (2/12) hingga Minggu (4/12). Pada hari pertama dan kedua rangkaian acara berlokasi di PKKH UGM Yogyakarta, dengan penampilan beberapa pertunjukan memanfaatkan boneka sebagai media yang dihidupkan untuk mengolah pesan. Partisipan yang mengisi acara adalah kelompok teater boneka dari beberapa negara, antara lain Lemonys Puppet Theater (Australia), Babymine (Thailand), Frigg (Belanda), For What Theater (Thailand), Anino Shadowlpay Collective (Filipina), Papermoon Puppet theater (Indonesia), serta beberapa lainnya.

pesta boneka  -

Loading...

Ada pula seniman perorangan seperti Khadija von Zinnenburg Caroll (Inggris), Ahmad Nasir Formuli (Afganistan), Anne Sophie Lecourt & Aurelian Ottenwaelter (Prancis), Tamara Shougaolu (Amerika Serikat), Ruth Marbun (Indonesia). Ruth akan menyajikan instalasi interaktif di hari pertama. Ada pula pemutaran beberapa karya video, di antaranya hasil screening dari beberapa sutradara oleh JAFF-Netpac Asia Film Festival. Akan ada workdhop dan presentasi seputar teater boneka.

pesta boneka  -

Pada hari terakhir acara diselenggarakan di Dusun Kepek Timbulharjo, Sewon, Bantul. Selain workshop dan performance, akan ada masak bersama di antara para seniman boneka. Acara pesta boneka ini digagas oleh Papermoon Puppet Theater Indonesia.