Brilio.net - Ilmu pengetahuan khususnya tentang kesehatan sangat berkembang dalam beberapa dekade terakhir. Para peneliti sudah menemukan berbagai perawatan untuk penyakit-penyakit berbahaya, juga beragam vaksin untuk beberapa penyakit. Boleh dikatakan, riset kesehatan sudah sangat maju.

Tapi di balik itu semua, ada sebuah fakta bahwa masih ada beberapa penyakit di dunia ini yang tetap nggak bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan. Wah, apa saja itu?

Berikut 10 penyakit aneh tersebut, seperti dilansir brilio.net dari Ranker, Rabu (28/9).

1. Sindroma aksen bahasa asing.

Penyakit aneh © 2016 brilio.net

Loading...

Penyakit ini memang sangat jarang, tapi ilmuwan belum bisa menemukan sebabnya. Tanpa sebab yang jelas, penderita penyakit ini akan bicara dengan aksen yang berbeda dengan aksen bahasanya, dan sulit untuk mengontrolnya. Beberapa penderita bahkan nggak sadar apa yang sedang dia lakukan.

2. Sindroma mulut seperti terbakar.

Penyakit aneh © 2016 brilio.net

Beberapa orang akan menderita penyakit ini saat makan makanan pedas, tapi ada beberapa orang yang merasakan sensasi mulut terbakar tanpa sebab apa pun. Sebabnya apa? Belum diketahui secara pasti. Masih menjadi misteri.

3. Mati tertawa.

Penyakit aneh © 2016 brilio.net

Penyakit ini juga dinamakan Kuru oleh orang-orang New Guinea pada 1950an. Penyakit tragis ini sulit dijelaskan dengan ilmu pengetahuan. Saat itu terjadi, otak manusia mengalami penurunan fungsi dan tubuh kehilangan kemampuan untuk bicara, berjalan dan mengontrol otot-ototnya.

4. Schizophrenia.

Penyakit aneh © 2016 brilio.net

Bukan masalah sulit untuk memahami orang denga kepribadian ganda. Schizophrenia punya beberapa gejala yang tidak sama antara satu dengan lainnya seperti mendengar suara gaib, paranoid, tidak bisa mengontrol pikiran dan ucapan, dan susah membedakan mana yang nyata dengan yang tidak.

Penelitian sudah dilakukan bertahun-tahun tapi belum sepenuhnya mengerti akar penyebab Schizophrenia ini.

5. Alergi air.

Penyakit aneh © 2016 brilio.net

Secara klinis disebut aquagenic urticaria, di mana penderitanya akan merasa sakit dan gatal ketika terpapar air. Waduh, gimana kalau ingin berenang, mandi atau bahkan minum ya? Yang jelas ini adalah sebuah kelainan genetik, tapi yang menyebabkan kelainan pada gen tersebut belum diketahui.

6. Penyakit meteor Peru.

Penyakit aneh © 2016 brilio.net

Pada tahun 2007 lalu, sebuah meteor jatuh di wilayah Peru, Amerika Selatan. Penduduk sekitar di tempat meteor jatuh tersebut banyak menderita sakit dengan gejala mual, muntah dan beberapa gejala lain. Secara teori, penyakit itu nggak dapat dijelaskan penyebabnya.

7. Sindroma Alice in Wonderland.

Penyakit aneh © 2016 brilio.net

Namanya sih keren, tapi penderita ini akan punya perbedaan persepsi tentang ukurannya sendiri dan ukuran benda-benda di sekitarnya. Belum ada perawatan dan obat yang efektif untuk penyakit ini, tapi kasusnya sedang diteliti.

8. Wabah menari.

Penyakit aneh © 2016 brilio.net

Pada tahun 1518, 400 orang dilaporkan terkena wabah aneh ini. Terdengar menyenangkan ketika ada orang yang menari, tapi penderita penyakit ini akan menari tanpa sebab sampai kecapekan. Banyak yang meninggal karena terlalu capek. Belum ada penelitian yang menjelaskan secara gamblang sebabnya, hanya disebut sebagai histeria massal.

9. SIDS.

Penyakit aneh © 2016 brilio.net

Itu adalah kepanjangan dari Sudden Infant Death Syndrome. Penyakit itu sangat ditakuti para orangtua baru. Penyakit itu bisa menjangkit bayi tanpa peringatan dan sebab. Bahkan para peneliti pun belum menemukan sebab pastinya.

10. Cegukan.

Penyakit aneh © 2016 brilio.net

Kita semua mungkin pernah merasakan cegukan. Itu terjadi akibat adanya kontraksi pada diafraga yang pada saat yang sama juga ada kontraksi pada pita suara dekat tenggorokan yang menghalangi masuknya udara. Nggak ada yang tahu sebab pasti kenapa bisa mengalami cegukan.