Brilio.net - Ketumbar memiliki ukuran butiran yang kecil-kecil menyerupai merica, serta memiliki aroma tajam yang khas. Jika dijadikan bumbu, ketumbar akan memberikan aroma yang lebih nyata dan memberikan rasa gurih. Namun rupanya selain untuk bumbu, ketumbar juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan.

Banyak yang belum tahu jika air rendaman ketumbar berkhasiat untuk tubuh. Diketahui ketumbar mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Seluruh kandungan tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Nah, untuk mengonsumsinya sebaiknya kamu harus mengetahui dosis dan efek sampingnya agar dapat mendapatkan manfaat dari rendaman air ketumbar ini.

Sebab, ada beberapa kondisi penderita seperti penyakit hati, gangguan pernapasan, kulit sensitif dan alergi terhadap ketumbar, tidak boleh mengonsumsi rendaman ketumbar. Untuk membuat rendaman ketumbar ini cukup mudah. Kamu dapat merendam ketumbar dengan air selama semalaman dalam wadah. Atau juga dapat menyangrai ketumbar lalu direbus hingga mendidih. Kamu dapat meminumnya saat air sudah tak terlalu panas atau hangat.

Ketumbar juga merupakan bumbu masak paling umum dijumpai di setiap dapur. Penggunaan ketumbar pada beberapa jenis masakan memang membuat hidangan menjadi lebih sedap. Banyak orang menggunakan ketumbar dalam hidangan seperti sup dan salsa, serta makanan India, Timur Tengah, dan Asia seperti kari dan masala. Daun ketumbar sering digunakan utuh, sedangkan bijinya dikeringkan atau digiling.

Dilansir dari healthline.com, di Amerika Serikat, biji Coriandrum sativum disebut ketumbar, sedangkan daunnya disebut cilantro. Di bagian lain dunia, mereka disebut biji ketumbar dan daun ketumbar. Tanaman ini juga dikenal sebagai peterseli Cina.

Nah ada apa saja manfaat dari air rendaman ketumbar? Simak penjelasan selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari healthline, ndtv food, dan berbagai sumber pada Jumat (23/7) berikut ini.

Manfaat ketumbar untuk kesehatan.

1. Mengatasi flu dan batuk.

Manfaat air ketumbar untuk kesehatan dan efek samping © pexels.com

foto: pexels.com

Penyakit flu dan batuk seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal, jika dibiarkan penyakit ini bisa mengganggu aktivitas dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Salah satu obat alami yang bisa kamu coba adalah dengan memanfaatkan ketumbar. Kandungan biji ketumbar dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat menyembuhkan flu.

Vitamin C pada ketumbar adalah antioksidan yang kuat dan sangat penting untuk tubuh. Sistem imun inilah yang membuat virus dan bakteri sulit menginfeksi tubuh manusia.

2. Mengatasi gangguan pencernaan.

Permasalahan pencernaan seperti diare, perut kembung, sembelit dan juga cacingan bisa dirawat dengan ketumbar. Perawatan rutin menggunakan air rebusan atau rendaman ketumbar dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar. Sebab, kandungan antioksidan yang ada pada ketumbar dipercaya dapat membantu pergerakan usus dan membantu memproduksi enzim pencernaan.

3. Mengatasi infeksi jamur dan bakteri.

Ketumbar banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit akibat jamur dan bakteri, termasuk konjungtivitis dan infeksi kulit akibat bakteri dan jamur. Konjungtivitis ini dapat menyebabkan mata menjadi merah, mata terasa gatal, mengeluarkan cairan kental yang membentuk kerak, hingga membuat pembesaran pada kelenjar getah bening. Nah dengan mengonsumsi air rendaman ketumbar ini dapat mencegah dan meredakan penyakit ini.

4. Mengatasi nyeri haid.

Manfaat air ketumbar untuk kesehatan dan efek samping © pexels.com

foto: pexels.com

Biji ketumbar merupakan sumber asam askorbat, asam palmitat, asam linoleat dan asam sterat. Mengonsumsi asam tersebut mampu mendukung sekresi hormon yang tepat. Dengan demikian, siklus menstruasi akan tepat dan mengurangi rasa sakit. Kandungan tersebut bekerja sebagai stimulan alami. Caranya, rendam biji ketumbar semalaman dalam air sebelum mengonsumsinya.

5. Sebagai sumber antioksidan yang baik.

Kehadiran quercetin (antioksidan), vitamin C dan zat besi memperkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah studi Neurobiologi Molekuler, diet tinggi ketumbar membantu menargetkan jalur inflamasi dan mencegah penyakit neurodegeneratif. Dengan demikian, dapat membantu untuk mencegah alzheimer dan kanker.

6. Antialergi.

Ketumbar mengandung senyawa anti bakteri di dalamnya yang disebut dodecenal, yang membunuh bakteri salmonella. Dodecenal juga membantu meningkatkan kesehatan mulut. Dengan demikian, dapat memberikan bantuan untuk infeksi yang disebabkan jamur atau bakteri.

7. Menjaga kesehatan otak.

Sifat antiinflamasi ketumbar dianggap dapat melindungi dari berbagai penyakit otak tersebut. Penelitian menemukan bahwa antioksidan dari ekstrak ketumbar melindungi terhadap kerusakan sel saraf karena efek kejang yang diinduksi oleh obat.

8. Menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat air ketumbar untuk kesehatan dan efek samping © pexels.com

foto: pexels.com

Manfaat air rendaman ketumbar yang terakhir yakni mampu mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol dalam dalam darah manusia. Kolesterol jahat dalam dalam darah dapat membentuk plak yang menghambat peredaran darah dan mengganggu fungsi jantung.

9. Mengatasi wasir.

Sifat analgesik pada ketumbar yang mampu membantu meredakan sakit akibat wasir. Selain itu jika kamu dapat mengatasi sembelit atau konstipasi, yang merupakan salah satu penyebab wasir.

10. Mengatasi diabetes.

Kandungan serat tinggi di dalam ketumbar dapat bekerja menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga dianggap baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Meskipun begitu, sebelum mengonsumsi ketumbar sebaiknya agar mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Kamu juga dapat memeriksa kadar gula darah untuk mengamati efektivitas penggunaan air ketumbar.

11. Menjaga kesehatan jantung.

Dengan mengonsumsi ketumbar bisa membantu menghancurkan penyumbatan pembuluh darah ke jantung. Rempah-rempah seperti ketumbar membantu mengurangi asupan natrium, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Caranya, konsumsi ketumbar dengan menyeduhnya dengan air panas. Tuang ketumbar sebanyak 1 atau 2 sendok teh. Tunggu selama 15-20 menit, kemudian saring air dan minum airnya.

12. Menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Manfaat air ketumbar untuk kesehatan dan efek samping © pexels.com

foto: pexels.com

Ketumbar memiliki sifat analgesik sehingga membantu meredakan sakit gigi. Selain itu, ketumbar juga memiliki sifat antibakteri, sehingga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena salah satu penyebab utama masalah gigi dan mulut adalah bakteri.

13. Mengatasi peradangan.

Kandungan antibakteri pada ketumbar dapat mengatasi peradangan seperti yang terjadi karena jerawat. Bahkan air rendaman ketumbar juga dapat membantu meremajakan kulit seperti mengatasi kulit berminyak, dan mencerahkan kulit wajah. Selain itu juga dapat membuat kulit terhindar dari iritasi dan infeksi.

14. Meningkatkan imun tubuh.

Peran senyawa antioksidan yang tinggi di dalam ketumbar dapat meningkatkan imun tubuh. Zat tersebut mampu membantu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Dalam suatu penelitian, menemukan bahwa dalam ekstrak biji ketumbar menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

15. Menjaga kesehatan mata.

Manfaat ketumbar untuk lainnya adalah menjaga organ penglihatan. Komponen dalam ketumbar, seperti fosfor, Vitamin A, Vitamin C, dan antioksidan membantu dalam pencegahan gangguan penglihatan dan juga mengurangi stres pada mata.

Manfaat ketumbar untuk kecantikan.

16. Mengecilkan pori-pori pada wajah.

Manfaat air ketumbar untuk kesehatan dan efek samping © pexels.com

foto: pexels.com

Kamu bisa menggunakan bubuk ketumbar untuk mengatasinya. Bubuk ketumbar bisa kamu jadikan masker wajah. Diamkan beberapa saat dan kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengecilkan pori-pori pada wajah.

17. Mengatasi jerawat.

Jerawat bisa timbul karena pengaruh hormonal, asupan makanan, ataupun karena faktor kebersihan. Jerawat bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan manfaatkan ketumbar. Kandungan sehat pada ketumbar ini bisa mengatasi masalah jerawat yang sedang meradang dan mencegah munculnya jerawat baru.

18. Mencerahkan wajah.

Selain mengatasi jerawat, kandungan ketumbar juga mampu mencerahkan wajah. Caranya, kamu bisa menggunakan masker ketumbar dengan menumbuk ketumbar dan dicampur sedikit air. Diamkan beberapa saat, kurang lebih 15 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

19. Mendetoks wajah.

Manfaat air ketumbar untuk kesehatan dan efek samping © pexels.com

foto: pexels.com

Gunakan bubuk ketumbar untuk mendetoks wajah. Siapkan dua hingga tiga sendok ketumbar bubuk kemudian campurkan dengan garam ke dalam air hangat hingga larut. Kemudian basuhkan air tersebut ke wajah. Diamkan selama 10 menit.

20. Menjaga kesehatan rambut.

Permasalahan rambut rontok, becabang dan lainnya bisa diatasi dengan perawatann ketumbar. Caranya, tumbuk ketumbar dan dicampur air secukupnya. Peras dan saring airnya untuk dijadikan shampo, kemudian bilas dengan air bersih.

21. Meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kandungan di dalam ketumbar mampu merangsang pertumbuhan rambut sehingga menjadi lebat. Untuk caranya, haluskan daun ketumbar hingga berbentuk seperti pasta kental. Kemudian saring pasta daun ketumbar tersebut hingga mendapatkan sari atau airnya. Oleskan air daun ketumbar tersebut ke kulit kepala serta rambut. Diamkan selama setengah jam dan bersihkan rambut dengan sampo.

Efek samping penggunaan ketumbar.

foto: pexels.com

Ketumbar dikenal sebagai obat herbal sampai dengan rempah penambah cita rasa makanan. Namun dalam menggunakannya, disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terutama untuk para pengidap penyakit tertentu.

Dilansir brilio.net dari webmd.com pada Jumat (23/7), ketika ketumbar dikonsumsi sebagai makanan, berkemungkinan aman selagi tidak dalam jumlah berlebih. Akan tetapi, untuk kamu yang memiliki alergi perlu memastikan ketahanan tubuhmu terhadap ketumbar.

Pasalnya, ketumbar dikatakan dapat menimbulkan reaksi alergi dengan gejala seperti asma, pembengkakan hidung, gatal-gatal, atau pembengkakan di dalam mulut. Begitu juga dengan penggunaan pada kulit. Cobalah untuk mengaplikasikan secara bertahap untuk melihat reaksi ketahanan kulit. Sebab, jika kulit tidak tahan terhadap reaksi ketumbar dapat menyebabkan iritasi kulit dan gatal-gatal.

(brl/guf)

(brl/guf)