Brilio.net - Berbicara tentang rempah-rempah, dari dulu Indonesia dikenal sebagai negara kaya akan rempah-rempah. Rempah-rempah ini dipercaya berkhasiat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga dapat menangkal berbagai macam penyakit. Salah satunya ketumbar atau yang memiliki nama latin coriandrum sativum ini umumnya digunakan sebagai penambah cita rasa atau bumbu pada masakan.

Ketumbar memiliki ukuran butiran yang kecil-kecil menyerupai merica, serta memiliki aroma tajam yang khas. Jika dijadikan bumbu, ketumbar akan memberikan aroma yang lebih nyata dan memberikan rasa gurih. Namun rupanya selain untuk bumbu, ketumbar juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan.

Banyak yang belum tahu jika air rendaman ketumbar berkhasiat untuk tubuh. Diketahui ketumbar mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Seluruh kandungan tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Nah, untuk mengonsumsinya sebaiknya kamu harus mengetahui dosis dan efek sampingnya agar dapat mendapatkan manfaat dari rendaman air ketumbar ini.

Sebab, ada beberapa kondisi dimana penderita seperti penyakit hati, gangguan pernapasan, kulit sensitif dan alergi terhadap ketumbar, tidak boleh mengonsumsi rendaman ketumbar. Untuk membuat rendaman ketumbar ini cukup mudah. Kamu dapat merendam ketumbar dengan air selama semalaman dalam wadah. Atau juga dapat menyangrai ketumbar lalu direbus hingga mendidih. Kamu dapat meminumnya saat air sudah tak terlalu panas atau hangat.

Lalu apa saja manfaat rendaman ketumbar untuk kesehatan? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 11 manfaat air rendaman ketumbar untuk kesehatan, salah satunya untuk memperkuat imunitas tubuh, Selasa (15/9).

Loading...

1. Memperkuat imunitas tubuh.

Manfaat air rendaman ketumbar freepik.com

Manfaat yang pertama dari rendaman ketumbar yakni dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena peran senyawa antioksidan yang tinggi di dalam ketumbar. Zat tersebut mampu membantu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Dalam suatu penelitian, menemukan bahwa dalam ekstrak biji ketumbar menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

2. Peradangan.

Manfaat air rendaman ketumbar freepik.com

foto: freepik.com

Seperti diungkapkan di atas, rupanya manfaat rendaman air ketumbar, mampu mengobati peradangan. Peradangan yang dimaksud ini seperti yang terjadi karena jerawat. Hal ini disebabkan karena kandungan anti-bakteri dalam ketumbar.

Bahkan air rendaman ketumbar juga dapat membantu meremajakan kulit seperti mengatasi kulit berminyak, dan mencerahkan kulit wajah. Selain itu juga dapat membuat kulit terhindar dari iritasi dan infeksi.

3. Infeksi jamur dan bakteri.

Manfaat air rendaman ketumbar freepik.com

foto: freepik.com

Selain untuk mengatasi infeksi jamur yang ada dalam tubuh, kamu juga bisa memanfaatkan ketumbar untuk mengatasi infeksi bakteri. Manfaat ini membuat ketumbar banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit akibat jamur dan bakteri, termasuk konjungtivitis dan infeksi kulit akibat bakteri dan jamur.

Konjungtivitis ini dapat menyebabkan mata menjadi merah, mata terasa gatal, mengeluarkan cairan kental yang membentuk kerak, hingga membuat pembesaran pada kelenjar getah bening. Nah dengan mengonsumsi air rendaman ketumbar ini dapat meredakan penyakit ini dan mencegahnya juga.

4. Bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Manfaat air rendaman ketumbar freepik.com

foto: freepik.com

Rempah-rempah seperti ketumbar membantu mengurangi asupan natrium, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain juga dapat menyembuhkan jantung bengkak. Jantung bengkak biasanya bukan sebuah penyakit melainkan gejala dari kondisi masalah kesehatan lainnya. Jantung bengkak disebabkan karena jantung memompa lebih keras dari biasanya atau menyebabkan kerusakan otot jantung.

Dengan mengonsumsi ketumbar bisa membantu menghancurkan penyumbatan pembuluh darah ke jantung. Caranya, konsumsi ketumbar dengan menyeduhnya dengan air panas. Tuang ketumbar sebanyak 1 atau 2 sendok teh. Tunggu selama 15-20 menit, kemudian saring air dan minum airnya.

5. Menjaga kesehatan otak.

Manfaat air rendaman ketumbar freepik.com

foto: freepik.com

Banyak penyakit otak, termasuk parkinson, alzheimer, dan multiple sclerosis, dikaitkan dengan peradangan. Sifat ketumbar yang anti-inflamasi lah yang dianggap dapat melindungi dari berbagai penyakit otak tersebut. Penelitian menemukan bahwa antioksidan dari ekstrak ketumbar melindungi terhadap kerusakan sel saraf karena efek kejang yang diinduksi oleh obat.

6. Gangguan pencernaan.

Manfaat air rendaman ketumbar freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat rendaman ketumbar selanjutnya dapat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Perawatan rutin menggunakan air rebusan atau rendaman ketumbar dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar. Ketumbar juga bisa mengatasi masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, sembelit dan juga cacingan. Kandungan antioksidan yang ada pada ketumbar dipercaya dapat membantu pergerakan usus dan membantu memproduksi enzim pencernaan.

7. Diabetes.

Manfaat air rendaman ketumbar freepik.com

foto: freepik.com

Air rendaman ketumbar baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Ketumbar yang memiliki kandungan serat tinggi ini dapat bekerja menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dianggap baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Meskipun begitu, sebelum mengonsumsi ketumbar sebaiknya agar mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Kamu juga dapat memeriksa kadar gula darah untuk mengamati efektivitas penggunaan air ketumbar.

8. Menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Manfaat air rendaman ketumbar freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya yakni dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ketumbar memiliki sifat analgesik sehingga membantu meredakan sakit gigi. Selain itu, ketumbar juga memiliki sifat antibakteri sehingga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena salah satu penyebab utama masalah gigi dan mulut adalah bakteri.

9. Mengatasi flu dan batuk.

Manfaat air rendaman ketumbar freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat air rendaman atau rebusan ketumbar bisa mengobati dan mencegah flu dan batuk. Kandungan biji ketumbar dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat menyembuhkan flu. Vitamin C pada ketumbar adalah antioksidan yang kuat dan sangat penting untuk tubuh. Sistem imun inilah yang membuat virus dan bakteri sulit menginfeksi tubuh manusia.

10. Wasir.

Manfaat air rendaman ketumbar freepik.com

foto: freepik.com

Jika kamu mengalami masalah seperti wasir atau ambeien, air rendaman ketumbar dapat menjadi salah satu solusinya. Hal ini karena sifat analgesik yang mampu membantu meredakan sakit akibat wasir. Selain itu jika kamu dapat mengatasi sembelit atau konstipasi, yang merupakan salah satu penyebab wasir.

11. Menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat air rendaman ketumbar freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat air rendaman ketumbar yang terakhir yakni mampu mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol dalam dalam darah manusia. Kolesterol jahat dalam dalam darah dapat membentuk plak yang nantinya akan menghambat peredaran darah dan mengganggu fungsi jantung.