Brilio.net - Tahukah kamu, jika buah mengkudu atau yang biasa dikenal dengan pace memiliki segudang khasiat untuk tubuh? Meski rasanya pahit dan aromanya tak sedap, namun mengkudu telah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional.

Tak hanya buah mengkudu saja banyak manfaat kesehatan, tapi juga daunnya. Dalam sebuah penelitian diketahui daun mengkudu atau Morinda citrifolia mengandung senyawa kimia. Di antaranya antrakuinon, alkaloid, saponin, flavanoid, dan terpenoid yang berperan sebagai antibakteri.

Karenanya, tak heran kan kalau daun mengkudu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya, melancarkan aliran darah.

Lalu apa saja manfaat yang lainnya? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 10 manfaat daun mengkudu untuk kesehatan, melancarkan aliran darah, Senin (14/9).

1. Melancarkan aliran darah.

Manfaat daun mengkudu freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Mengonsumsi rebusan daun mengkudu akan membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sebab, daun mengkudu memiliki kandungan fitonutrien yang berperan efektif dalam pelebaran pembuluh darah. Dengan kandungan tersebut, maka daun mengkudu bisa menjaga kesehatan jantung dan otak.

2. Melawan kanker.

Manfaat daun mengkudu freepik.com

foto: freepik.com

Daun mengkudu terbukti menyimpan kandungan senyawa antioksidan yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan membunuh sel-sel kanker. Kandungan ini juga bisa mencegah tubuh terpapar penyakit tumor dan mioma.

3. Antiinflamasi.

Manfaat daun mengkudu freepik.com

foto: freepik.com

Daun mengkudu memiliki sifat antiinflamasi yang bekerja melawan kanker dan digunakan untuk membasmi virus dan bakteri penyebab peradangan. Kandungan senyawa antiinflamasi sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit inflamasi jauh lebih cepat.

4. Mencegah hipertensi.

Manfaat daun mengkudu freepik.com

foto: freepik.com

Daun mengkudu juga ampuh menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini karena mengkudu memiliki bahan aktif scopeletin yang memiliki fungsi untuk menormalkan tekanan darah.

Cara mendapatkan manfaat daun mengkudu pun terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu minum rebusan daun mengkudu secara teratur sampai gejalanya mereda.

5. Mengatasi peradangan.

Manfaat daun mengkudu freepik.com

foto: freepik.com

Jika kamu tengah mengalami peradangan, maka daun mengkudu ini bisa kamu gunakan sebagai solusinya. Sebab, antiinflamasi yang terdapat pada daun mengkudu bisa membasmi bakteri dan virus penyebab peradangan.

Kandungan senyawa antiinflamasi juga efektif digunakan untuk menyembuhkan penyakit inflamasi dan berbagai bentuk peradangan seperti bisul, jerawat atau lainnya.

6. Mencegah stroke.

Manfaat daun mengkudu freepik.com

foto: freepik.com

Daun mengkudu memiliki kandungan zat antioksidan dan zat antiinflamasi yang dapat menjaga organ-organ tubuh, salah satunya mencegah stroke. Ketika kamu mengonsumsi rebusan daun mengkudu, pembengkakan pembuluh darah dapat dihindari, dan sirkulasi darah menjadi merata, mengurangi risiko stroke.

7. Mencegah penyakit degeneratif.

Manfaat daun mengkudu freepik.com

foto: freepik.com

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang muncul seiring bertambahnya usia karena menurunnya fungsi-fungsi tubuh. Meskipun sulit dihindari, namun penyakit ini dapat dicegah dan diminimalisasi. Menurut penelitian, daun mengkudu mengandung senyawa tertentu yang dapat mencegah terjadinya penyakit degeneratif.

Caranya mendapatkan manfaatnya, yakni dengan meminum rebusan daun mengkudu secara teratur, setidaknya seminggu sekali.

8. Menjaga kesehatan kulit.

Manfaat daun mengkudu freepik.com

foto: freepik.com

Rupanya daun mengkudu juga memiliki khasiat untuk kecantikan yakni menyehatkan kulit. Daun mengkudu dapat menahan kulit agar tetap elastis dan selalu sehat karena kandungan antioksidan dan selenium.

Antioksidan tersebut berperan penting dalam memerangi radikal bebas yang bisa merusak kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit dan mengurangi penuaan dini kamu bisa mengonsumsi teh daun mengkudu.

9. Mengurangi berat badan.

Manfaat daun mengkudu freepik.com

foto: freepik.com

Daun mengkudu dipercaya dapat mengurangi penumpukan trigliserida yang tersimpan dalam sel-sel lemak tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya 1 kali dalam seminggu untuk membantu program dietmu.

10. Melancarkan siklus menstruasi.

Manfaat daun mengkudu freepik.com

foto: freepik.com

Haid atau menstruasi adalah siklus pendarahan yang dialami para wanita secara periodik. Menstruasi biasanya datang setiap bulan. Namun, kenyataannya sebagian wanita sering mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar atau telat. Nah, apabila siklus menstruasi kamu terganggu dan tidak teratur, segeralah atasi dengan bahan alami. Salah satunya dengan mengonsumsi rebusan daun mengkudu. Daun ini dipercaya dapat memperlancar siklus haid.